Polisi Dalami Video Viral Balap Starling di Jalan Thamrin

Minggu, 7 Maret 2021 01:30 Reporter : Merdeka
Polisi Dalami Video Viral Balap Starling di Jalan Thamrin Penjual kopi keliling atau starling. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Video balapan pedagang kopi keliling atau yang dikenal dengan starling (starbucks keliling) viral di media sosial. Polisi masih menyelidiki kebenaran kejadian itu dan mendalami ada tidaknya pelanggaran.

Rekaman berdurasi 22 detik yang beredar memperlihatkan dua pria mengendarai sepeda sambil membawa renteng saset dagangannya. Mereka berpacu di jalur lurus, yang diduga Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Suasananya malam hari dan jalanan sedang lengang.

Di pinggir jalan tampak beberapa pemotor menyemangati kedua pedagang starling yang sedang balapan. Dalam keterangan dijelaskan bahwa video diambil di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Kapolsek Menteng AKBP Iver Son Manossoh mengatakan, pihaknya akan mendalami rekaman video. "Ya kita pertama akan menganalisis video itu. Jika benar itu di wilayah Menteng, maka ada beberapa pendekatan penanganan," katanya saat dihubungi, Sabtu (6/3).

Iver menyebut, Polsek Menteng berkoordinasi dengan Satlantas wilayah Polres Metro Jakarta Pusat dalam menangani balapan pedagang kopi keliling. "Penanganan pertama bidang lalu lintas karena dia menggunakan sarana jalan umum sebagai tempat dia balapan, dia menggunakan jalan umum. Dianalisa oleh lalu lintas, dapat tidaknya pelanggaran-pelanggaran seperti ini menurut ketentuan undang-undang lalu lintas," papar dia.

Jika ada kesalahan. kata Iver, akan ada tindakan, termasuk jika ada pelanggaran protokol kesehatan. "Kita tindak sesuai ketentuan PPKM maupun sanksi-saksi yang terkait dengan protokol kesehatan. Jadi ada dua pendekatan yang bisa kita lakukan. Undang-Undang Lalu Lintas, satu lagi tentang ada tidak pelanggaran protokol kesehatan," jelas dia.

Selain orang yang terekam dalam video, kata Iver, pihaknya juga mencari orang yang pertama kali mengunggah video di media sosial. "Kita cari video ini siapa yang mengedarkan, di-posting, kemudian kejadian ini kapan. Apakah kejadian ini setelah masa PSBB, PPKM, atau kejadian-kejadian tahun lalu," ucap dia.

Reporter: Ady Nugrahadi (Liputan6.com). [yan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Balap Liar
  3. Balap Sepeda
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini