PKS Sebut Pilihan Anggota DPRD ke Nurmansjah Lubis Terhalang Sikap DPP Parpol

Senin, 6 April 2020 17:02 Reporter : Yunita Amalia
PKS Sebut Pilihan Anggota DPRD ke Nurmansjah Lubis Terhalang Sikap DPP Parpol Nurmansjah Lubis. ©2020 Merdeka.com/Twitter @nurmansjahlubis

Merdeka.com - Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta sudah memprediksi Ahmad Riza Patria akan mengalahkan Nurmansjah Lubis dalam pemilihan Wakil Gubernur. Ketua Fraksi PKS Dani Anwar menilai satu faktor besar Riza Patria mulus menjadi orang nomor 2 di DKI lantaran sikap DPP partai politik.

Dani menuturkan pemilihan kepala daerah selalu bersifat fluktuatif. Dia mencontohkan hasil survei Nurmansjah, Cawagub yang diusung PKS lebih unggul ketimbang Riza. Dari segi kualitas komunikasi, menurut Dani, Nurmansjah juga lebih unggul.

Namun, kata Dani, keunggulan itu tidak cukup mampu menopang kandidat terpilih sebagai kepala pemerintahan jika restu DPP partai politik tidak ada.

"Ternyata bukan hanya hal tersebut yang menjadi ukuran orang dipilih ternyata ada dinamika lain seperti garis politik atau intruksi politik dari DPP masing-masing. 'Maaf ya Bang sebetulnya aku mau pilih Bang Anca tapi intruksi partai harus milih yang lain nih' misalnya," ujar Dani kepada merdeka.com, Senin (6/4).

Selain mandat dan keputusan partai politik, Dani juga menyebut ada faktor lain yang kemudian menjadi pertimbangan keputusan fraksi di DPRD dalam memilih Wakil Gubernur.

Meski begitu, dia menilai pemilihan Wagub kali ini justru membuktikan soliditas PKS dalam langkah politik. Berdasarkan perolehan kursi, partai besutan Sohibul Iman itu memiliki 16 kursi. Sementara Nurmansjah dalam pemilihan Wagub meraih 17 suara.

Dia menambahkan, hasil pemilihan Wagub DKI menjadi modal berarti bagi PKS untuk langkah politik ke depan.

"Kami bangga akan satu hal, PKS kembali menunjukkan diri sebagai partai yang solid. Tidak mudah dipengaruhi dengan faktor apapun dalam pemilihan Wagub saat ini dengan perolehan suara 16 bahkan plus satu jadi 17 orang. Soliditas ini menjadi modal bagi perjuangan ke depanya," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga 2022. Cawagub yang diusung Fraksi Gerindra itu meraih suara 81 saat pemilihan Wagub oleh DPRD. Dia menang telak dari pemungutan suara di DPRD DKI.

Sementara penantangnya yakni Cawagub yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah.

Jumlah tersebut sesuai dengan tata tertib DPRD atas pemilihan Wakil Gubernur yang menyatakan pemenang kontestasi ini meraih suara 50 ditambah 1. [ray]

Baca juga:
Kalah dari Gerindra di Pemilihan Wagub DKI, PKS Bilang 'Cuma Kami yang Oposisi'
PDIP Dukung Riza Patria Jadi Wagub DKI Karena Kesamaan Ideologi
PKS Soal Riza Patria Jadi Wagub DKI: Semoga Amanah dan Langsung Kerja
Anies Ucapkan Selamat kepada Wagub DKI Terpilih Ahmad Riza Patria
Karir Politik Riza Patria: Dari Aktivis Pergerakan Hingga Wagub DKI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini