Marak tawuran di Jakarta, Anies sebut tanggung jawab Ahok

Selasa, 7 Maret 2017 18:04 Reporter : Anisyah Al Faqir
Marak tawuran di Jakarta, Anies sebut tanggung jawab Ahok Ilustrasi Tawuran Pelajar. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Aksi tawuran di Jakarta kembali pecah pekan lalu. Tawuran yang melibatkan warga Tambak dan Manggarai tersebut mengakibatkan 2 orang tewas. Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan melihat, tawuran antar warga menjadi tanggung jawab Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sebab peristiwa itu terjadi saat Jakarta dipimpin Ahok.

"Mungkin tanya kepada Pak Gubernur yang sekarang sedang memimpin Jakarta," kata Anies sambil tersenyum di Jakarta, Selasa (7/3).

Anies awalnya enggan berkomentar terkait peristiwa itu. Namun awak media pun mendesaknya untuk menghadirkan solusi mengatasi itu. Anies akhirnya menjawab. Dia mengatakan, tawuran terjadi karena warga tak memiliki kesibukan alias pengangguran.

"Ketika kita memiliki kesibukan maka kita akan konsentrasi pada kesibukan itu. Karenanya pengangguran itu menjadi latar belakang yang membuat berbagai masalah muncul. Jadi bukan hanya tawuran," kata Anies.

Anies mengatakan, pihaknya fokus untuk penyediaan lapangan kerja. Dengan adanya lapangan kerja, otomatis ada aktivitas warga. Potensi masalah seperti ini bisa berkurang.

"Kalau teman-teman tidak bekerja juga urusannya berbeda. Begitu ada pekerjaan begitu ada kesibukan. Insya Allah problem-problem seperti itu akan turun," ujar Anies.

Selanjutnya yang tak kalah penting, kata Anies, pencegahan dengan pendekatan pendidikan. "Terbiasa untuk menyelesaikan perbedaan masalah dengan cara cara yang non kekerasan. Itu lewat cara apa? pendidikan," tutup Anies. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini