Gerindra Usulkan Pembentukan Pansus Pembangunan JIS

Selasa, 2 Agustus 2022 17:17 Reporter : Yunita Amalia
Gerindra Usulkan Pembentukan Pansus Pembangunan JIS Pagar tribun penonton JIS roboh. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, Ichwanul Muslimin mengusulkan pembentukan panitia khusus (Pansus) pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Usulan ini buntut dari robohnya pagar pembatas tribun utara JIS pada saat grand launching, Minggu (24/7).

"Kita perlu pansus khusus JIS," katanya dalam rapat dengar pendapat Komisi B dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Selasa (2/8).

Dia mengatakan, pembentukan Pansus pembangunan JIS merupakan instrumen penting mengingat kualitas JIS sebagai bangunan baru sudah ambrol. Terlebih lagi saat menjadi tuan rumah pertandingan besar, kualitas bangunan menjadi pertanyaan besar.

2 dari 3 halaman

Ichwan menuturkan, saat soft launching pun dapat terlihat secara kasat mata bahwa kualitas beberapa bangunan, dinilai tidak mencerminkan bangunan berstandar internasional.

Untuk itu, jika tidak ada Pansus terkait pembangunan JIS, Ichwan khawatir jika kejadian serupa akan terulang.

"Dengan bangunan kayak begini saya lihat akan ada kejadian berulang dengan alasan renovasi setiap tahun melakukan pengajuan anggaran lagi. Apabila kita perlu pansus khusus JIS," ungkapnya.

Usulan ini juga didukung oleh anggota Komisi B dari Fraksi PKB yang diwakili Hasbiallah Ilyas.

3 dari 3 halaman

Sebagaimana diketahui, pagar pembatasan penonton tribun utara ambruk. Kejadian ini terjadi pada Minggu (24/7) sekitar pukul 17.40 WIB, saat grand launching JIS. Momentum itu dibuka dengan pertandingan persahabatan antara Persija dengan klub sepak bola asal Thailand Chonburi.

Pantauan merdeka.com kondisi pagar pembatas mulai mengalami tanda-tanda akan ambruk lantaran bentuk pagar sudah terlihat menjorok ke arah selatan.

Sebelum pagar ambruk, sejumlah penonton terlihat duduk di pagar tersebut untuk memasang spanduk curva nord Persija. Dari kejadian tersebut satu orang ditandu oleh petugas medis. [fik]

Baca juga:
Anggota DPRD DKI Soal Evaluasi Pembangunan JIS: Mahakarya yang Banyak Kekurangan
Inspektorat DKI Pastikan Tidak Ada Mitigasi Risiko Dalam Pembangunan JIS
DPRD DKI Bakal Gelar Evaluasi Pembangunan JIS Hari Ini
Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk, Ini Penjelasan Jakpro
PSI Desak Evaluasi Jakpro dan Kontraktor Pembangun JIS Buntut Pembatas Tribun Roboh
Anies Baswedan Ungkap Penyebab Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini