BMKG Prediksi Jakarta akan Diguyur Hujan Disertai Kilat

Sabtu, 11 Januari 2020 06:33 Reporter : Fikri Faqih
BMKG Prediksi Jakarta akan Diguyur Hujan Disertai Kilat hujan. AFP PHOTO/ ARIS MESSINIS

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang yang diprediksi terjadi di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada Sabtu (11/1).

Berdasarkan laman resmi BMKG, kondisi yang patut diwaspadai tersebut akan terjadi pada Sabtu (11/1) petang.

Seluruh wilayah ibu kota mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, hingga Kepulauan Seribu diperkirakan akan diguyur hujan ringan sejak pagi hari dengan suhu berkisar 23 hingga 31 derajat celcius dan kelembapan udara 80 hingga 100 persen.

Kondisi tersebut sudah diinformasikan sebelumnya oleh BMKG dimana berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, aktivitas monsun Asia masih signifikan dan gelombang atmosfer (MJO) di wilayah Indonesia masih aktif.

Seperti dilansir dari Antara, hasil analisis dinamika atmosfer itu juga menunjukkan pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Provinsi Banten bagian utara hingga Provinsi Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia.

Kondisi itu berpotensi secara signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BMKG
  3. Cuaca Ekstrem
  4. Musim Hujan
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini