Anies Baswedan: Yang Bikin Macet Itu Mobil dan Motor Bukan Trotoar

Senin, 11 November 2019 17:41 Reporter : Tri Yuniwati Lestari
Anies Baswedan: Yang Bikin Macet Itu Mobil dan Motor Bukan Trotoar revitalisasi trotoar tebet. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta tengah gencar membangun dan memperbaiki trotoar tahun 2019. Setidaknya, ada 31 ruas jalan yang masuk rute angkutan publik. Program berbiaya Rp1,2 triliun itu dicanangkan selesai akhir tahun 2020.

Revitalisasi jalur pedestrian tersebut diklaim untuk mendorong warga Jakarta beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.

"Yang bikin macet itu mobil dan motor bukan trotoar, sepanjang jalan di Jakarta tidak berubah, tetapi jumlah kendaraan bermotor yang meningkat banyak, dan itu yang harus ditangani dengan lebih banyak mau menggunakan kendaraan umum," ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota, Jakarta, Senin (11/11).

1 dari 1 halaman

Jak Lingko Bantu Urai Macet

Anies juga menyebutkan bahwa dengan adanya Program Jak Lingko, kesadaran masyarakat Jakarta untuk beralih naik kendaraan umum meningkat drastis.

"Semenjak Jak Lingko dibangun jumlah pengguna kendaraan umum di tahun 2017 itu sekitar 340 ribu sekarang sudah meningkat diatas 700 ribu, artinya lebih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum," tambah Anies.

Revitalisasi jalur pedestrian ini juga diharapkan warga Jakarta menjadi nyaman berjalan kaki di sekitar Jakarta. Ia menyebutkan salah satu survei yang mengatakan bahwa Jakarya merupakan Kota dengan pejalan kaki terendah di dunia.

"Dengan adanya trotoar kita berharap juga warga yang berjalan kaki lebih banyak, penggunaan sepeda juga lebih banyak kita berharap agar penambahan trotoar ini meningkatkan minat warga untuk berjalan kaki," tutup Anies. [rnd]

Baca juga:
Pertumbuhan Kendaraan di Jadetabek jadi Penyebab Utama Kemacetan
Proyek Trotoar Memperparah Kemacetan Lalu Lintas Ibu Kota
Bikin Macet, Ini Aksi Pejalan Kaki di Lenteng Agung yang Abaikan JPO
Upaya Urai Kemacetan, Lalin Jalan Kemang Raya Direkayasa
Dishub Jaksel Buat Rekayasa Lalu Lintas 2-1 Jalur di Kemang Raya
Kemacetan Parah Saat Ada Upacara Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini