5 Wisata Malam Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Populer

Sabtu, 13 Agustus 2022 14:23 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Wisata Malam Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Populer wisata cirebon. Pixabay.com

Merdeka.com - Wisata malam Cirebon selalu punya daya tarik tersendiri di mata para penikmatnya. Tak hanya pemandangan kota yang penuh gemerlap, berbagai macam kuliner enak yang hadir juga turut memeriahkan wisata malam Cirebon. Berkunjung ke Kota Wali ini tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi berbagai tempat wisata malamnya yang seru.

Wisata malam Cirebon bisa jadi salah satu tempat untuk ngumpul bareng teman-teman lama atau keluarga yang jarang bertemu. Ngobrol seru sambil menikmati semilir angin dan gemerlapnya malam bisa jadi momen yang tak akan terlupakan, juga bisa menambah keakraban bareng orang-orang tersayang.

Jika hendak mampir ke Cirebon, jangan ragu untuk mencari tahu lebih dulu tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi dari pagi hingga petang. Informasi yang kamu dapat nanti bisa jadi bekal petunjuk saat kamu ingin berwisata di Cirebon.

Berikut wisata malam Cirebon yang wajib dikunjungi yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Sabtu, (13/08/2022).

2 dari 3 halaman

Kampung Batik Trusmi

wisata cirebon
Pixabay.com

Wisata malam Cirebon yang wajib dikunjungi pertama adalah Kampung Batik Trusmi. Saat berkunjung ke tempat wisata ini, kamu dapat membeli beragam jenis batik dengan beragam motif yang cantik. Kampung Batik Trusmi ini berada di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru Cirebon. Harga kain-kain batik di tempat ini juga cukup terjangkau.

Tak hanya dapat berbelanja batik, di tempat ini kamu juga dapat sekaligus belajar membatik, karena tempat ini menyediakan fasilitas workshop membatik bagi para pengunjung. Kemampuan membatik masyarakat di kampung ini juga sangat bagus. Konon katanya salah satu murid Sunan Gunung Jati yang bernama Ki Gede Trusmi sering mengajari para warganya untuk membatik.

Alun-Alun Kejaksan

wisata cirebon
Pixabay.com

Wisata malam Cirebon yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Alun-Alun Kejaksan. Suasana malam di alun-alun terkenal apik dan instagramable. Tempat yang satu ini dihadirkan dengan berbagai fasilitas umum yang bisa kamu nikmati selama liburan di tempat ini. Kamu bahkan tidak perlu khawatir karena tempat ini didukung oleh taman bermain, shelter PKL, taman bermain, jogging track, pedestrian dan microlibrary.

Alun-Alun Kejaksan dibangun dengan mempertahankan 30% ruang terbuka hijau (RTH) sehingga memberikan pesona yang apik dan nyaman. Tentunya, tempat wisata yang satu ini sangat nikmat untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Saat malam hari bahkan bisa menikmati berbagai kuliner yang dihadirkan oleh para penjual di tempat ini.

Gedung BAT

wisata cirebon
Pixabay.com

Tak hanya Alun-alun Kejaksan, Gedung BAT atau bisa disebut Gedung British American Tobacco juga merupakan salah satu wisata malam Cirebon yang sayang untuk dilewatkan. Bangun yang sudah berdiri sejak tahun 1924 ini didesain dengan gaya art Deco. Dahulu gedung ini merupakan pusat industri pabrik rokok, sebagai petanda awal mula kejayaan tembakau di Kota Cirebon.

Bagunan bersejarah ini, ternyata membawa daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Pasalnya, gedung dengan gaya arsitektur Belanda sangat artistik saat dijadikan sebagai latar belakang foto.

3 dari 3 halaman

Kampung Sabin

wisata cirebon
Pixabay.com

Wisata malam Cirebon lainnya yang bisa dibilang paling terbaru adalah Kampung Sabin. Banyak yang mengira Kampung Sabin ini terletak di Bali, padahal kampung tersebut terletak di Duku Puntang Kabupaten Cirebon. Pada siang hari tempat ini kerap digunakan untuk swafoto ala Ubud, Bali. Sementara saat malam harinya ada Candle Light Dinner.

General Manager PT Tulus Asih Group Cirebon Gugun Gumilar melansir Antara, mengungkap setiap harinya, Kampung Sabin menyiapkan 50 slot bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana dinner pada malam hari.

Biaya yang diperlukan untuk masuk ke tempat wisata Cirebon rasa Bali, pengunjung bisa menukar voucher makan, dengan harga Rp20 ribu pada hari biasa dan Rp30 ribu pada akhir pekan.

Pantai Kejawanan

wisata cirebon
Pixabay.com

Pantai Kejawaan ini terletak di Pegambiran, Lemah wungkuk, kota Cirebon, Jawa Barat. Kamu bisa menghabiskan waktu dan bersantai di pantai ini dengan keluarga maupun teman-teman. Kamu juga bisa menikmati semilir angin yang sejuk dan hamparan air laut yang menenangkan sambil menikmati makanan dan minuman.

Banyak tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan sebagai objek foto kamu, juga bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi area pantai keJawanan ini. Harga sewanya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Tak hanya pagi hari, pantai ini juga sangat cocok dikunjungi saat sore hari menjelang malam karena sunsetnya sangat cantik.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini