Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pertanyaan tentang Pemilu dan Jawabannya, Tambah Wawasan sebelum Memilih

Pemilu 2024 semakin dekat. Apakah Anda sudah siap untuk menggunakan hak pilih Anda dengan bijak dan bertanggung jawab?

Sebagai warga negara Indonesia yang demokratis, Anda tentu ingin mengetahui lebih banyak tentang pemilu, apalagi jika Anda adalah pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak pilih.

Berbagai pertanyaan tentang pemilu pasti muncul untuk memahami tentang pesta demokrasi ini.

Tidak selalu tentang pemilu yang akan datang, pengetahuan terkait demokrasi dan informasi terkait pemilu juga penting untuk diketahui, mengingat kita sebagai rakyat juga terlibat di dalamnya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan tentang pemilu yang biasa ditanyakan dan membuat penasaran, beserta jawabannya.

merdeka.com

Pertanyaan tentang Pemilu

  • Apa landasan pemilu untuk rakyat? Jawaban: UUD 1945 yang telah menjamin perlindungan hak pilih warga negara Indonesia dalam pemilu.

  • Siapa yang wajib memilih dalam pemilihan umum? Jawaban: Seluruh warga Indonesia yang saat hari pemilihan umum berusia 17 tahun atau lebih, dan tidak sedang dicabut hak pilihnya oleh undang-undang.

  • Apa saja lembaga yang akan menjadi objek pemilihan 2024? Jawaban: Lembaga yang akan menjadi objek pemilihan 2024 adalah Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

  • Apa itu lembaga eksekutif dan legislatif? Jawaban: Lembaga eksekutif adalah lembaga yang menjalankan kekuasaan pemerintahan, seperti Presiden dan Wakil Presiden, serta kabinet menteri. Lembaga legislatif adalah lembaga yang membuat dan mengesahkan undang-undang, serta mengawasi kinerja pemerintah, seperti DPR, DPD, dan DPRD.

  • Apa itu partai politik? Jawaban: Partai politik adalah organisasi yang beranggotakan warga negara Indonesia yang memiliki tujuan, visi, misi, program, dan strategi politik untuk memperjuangkan kepentingan rakyat melalui pemilu.

  • Apa itu demokrasi? Jawaban: Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang berdasarkan pada kedaulatan rakyat, yang diwujudkan melalui pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

  • Apa itu prinsip pemilu? Jawaban: Prinsip pemilu adalah nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi dalam penyelenggaraan pemilu, seperti konstitusional, nasional, representatif, mandiri, profesional, akuntabel, transparan, partisipatif, edukatif, proporsional, dan adil.

  • Apa itu asas pemilu? Jawaban: Asas pemilu adalah kriteria yang harus dipenuhi dalam pemilu, seperti langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

  • Kapan pemilu pertama digelar di Indonesia? Jawaban: Pemilu pertama digelar di Indonesia pada tahun 1955, setelah kemerdekaan dari Belanda dan Jepang.

  • Siapa presiden pertama Indonesia? Jawaban: Presiden pertama Indonesia adalah Ir. Soekarno, yang dipilih oleh Konstituante pada tahun 1959.

  • Siapa yang berhak menentukan tanggal pemilu? Jawaban: Pembentukan peraturan KPU mengenai tahapan, program dan jadwal pemilihan umum adalah kewenangan delegatif KPU yang diberikan oleh undang-undang pemilu.

  • Apa pengertian dari integritas dalam pemilu? Jawaban: Integritas dalam pemilu adalah penyelenggara pemilu yang berintegritas dalam artian jujur, transparan, akurat dan cermat saat melakukan tugas dan kewenangannya.

  • Apa tujuan pemilu? Jawaban: Tujuan pemilu adalah untuk memilih wakil rakyat yang akan duduk di lembaga permusyawaratan atau perwakilan rakyat dan membentuk pemerintahan serta melanjutkan perjuangan mengisisi kemerdekaan.

  • Siapa saja peserta pemilu tahun 2024 mendatang? Jawaban: Calon Presiden dan Wakil Presiden, calon DPR, Calon DPD, dan calon DPRD Provinsi serta calon DPRD kabupaten kota.

merdeka.com

  • Bagaimana cara menggunakan hak pilih? Jawaban: Memastikan Anda memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilih, daftar sebagai pemilih, pilih calon yang Anda yakini akan mewakili aspirasi dan kepentingan Anda dengan baik, pergi ke tempat pemungutan suara pada hari pemilihan, setelah memberikan suara, pastikan untuk menerima tanda bukti atau surat suara yang telah Anda berikan, dan ikuti perkembangan hasil pemilihan.

  • Kapan pemilu 2024 dilaksanakan? Jawaban: Pemilu 2024 adalah pemilihan umum yang akan diselenggarakan secara serentak di Indonesia pada tahun 2024. Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022, pemungutan suara Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Pemungutan suara akan diikuti oleh penghitungan suara pada tanggal 15 Februari 2024.

Apa Peran KPU dalam Pemilu?

KPU memiliki peran dan fungsi yang penting dalam mewujudkan pemilu yang demokratis, adil, dan berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa peranan KPU dalam pemilu:

  • Merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan pemilu, termasuk menetapkan jadwal, program, anggaran, dan tata kerja.
  • Menyusun peraturan pemilu yang mengatur aturan dan prosedur yang harus diikuti oleh semua peserta pemilu, seperti tata cara pencalonan, penggunaan surat suara, kampanye, pengawasan, dan penghitungan suara.
  • Menetapkan peserta pemilu, yaitu partai politik, calon anggota DPR, calon anggota DPD, dan pasangan calon presiden dan wakil presiden, berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh undang-undang.

  • Menyusun dan memutakhirkan daftar pemilih, yaitu data warga negara Indonesia yang berhak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu, dengan memperhatikan data kependudukan yang diserahkan oleh pemerintah.
  • Mengoordinasikan, menyelenggarakan, mengendalikan, dan memantau semua tahapan pemilu, mulai dari registrasi pemilih, pendaftaran calon, kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara, baik di tingkat pusat maupun daerah.

  • Mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional dan menetapkan calon terpilih, serta membuat berita acara dan sertifikat hasil penghitungan suara.
  • Menindaklanjuti dengan segera putusan Bawaslu atas temuan dan laporan adanya dugaan pelanggaran atau sengketa pemilu, serta melakukan perbaikan atau perubahan jika diperlukan.

  • Menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pemilu, seperti pentingnya partisipasi, hak dan kewajiban pemilih, serta proses pemilu secara transparan dan mudah dipahami.
  • Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan pemilu, serta memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan pemilu di masa depan.

Mengenal Sistem Pemilu di Indonesia, Lengkap Beserta Asas dan Tujuannya
Mengenal Sistem Pemilu di Indonesia, Lengkap Beserta Asas dan Tujuannya

Pemilihan Umum (Pemilu) adalah proses demokratis yang dilakukan secara periodik di suatu negara untuk memilih wakil rakyat atau pemimpin tertentu.

Baca Selengkapnya
Prinsip dan Asas Pemilu di Indonesia, Berikut Penjelasannya
Prinsip dan Asas Pemilu di Indonesia, Berikut Penjelasannya

Pemilihan Umum adalah proses demokratis yang dilakukan secara berkala untuk memilih wakil rakyat atau pejabat publik dalam suatu negara.

Baca Selengkapnya
Tujuan Pemilu di Indonesia, Lengkap Beserta Prinsip dan Fungsinya
Tujuan Pemilu di Indonesia, Lengkap Beserta Prinsip dan Fungsinya

Pemilu merupakan singkatan dari Pemilihan Umum, yang merupakan proses demokratis untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat dalam suatu negara.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Makna Demokrasi, Tujuan, dan Prinsipnya, Perlu Diketahui
Makna Demokrasi, Tujuan, dan Prinsipnya, Perlu Diketahui

Dalam sistem demokrasi, rakyat memegang kekuasaan tertinggi.

Baca Selengkapnya
Menggunakan Hak Pilih dalam Pemilu Sila Ke 4, Ini Penjelasannya
Menggunakan Hak Pilih dalam Pemilu Sila Ke 4, Ini Penjelasannya

Pemilu merupakan penerapan nyata dari kehendak rakyat untuk menjalankan negara secara demokratis.

Baca Selengkapnya
15 Pertanyaan Tentang Pemilu dan Jawabannya, Edukasi Penting untuk Calon Pemilih Pintar
15 Pertanyaan Tentang Pemilu dan Jawabannya, Edukasi Penting untuk Calon Pemilih Pintar

Berikut kumpulan pertanyaan tentang pemilu dan jawabannya.

Baca Selengkapnya
Strategi Pengawasan Pemilu Bawaslu, Wujudkan Demokrasi Jujur dan Adil
Strategi Pengawasan Pemilu Bawaslu, Wujudkan Demokrasi Jujur dan Adil

Beberapa strategi pengawasan pemilu beserta tujuan dan langkah-langkahnya.

Baca Selengkapnya
Ini 6 Syarat Pemilih dalam Pemilu 2024 Sesuai Undang-Undang, Ketahui Batas Waktu Memilih di TPS
Ini 6 Syarat Pemilih dalam Pemilu 2024 Sesuai Undang-Undang, Ketahui Batas Waktu Memilih di TPS

Berikut enam syarat pemilih dalam Pemilu 2024 sesuai dengan Undang-Undang berlaku.

Baca Selengkapnya
4 Partai Pemenang Pemilu 1955, Berikut Sejarah dan Hasil Suaranya
4 Partai Pemenang Pemilu 1955, Berikut Sejarah dan Hasil Suaranya

Pemilu 1955 memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia karena hasil pemilu tersebut menjadi dasar pembentukan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Selengkapnya