Penyebab Infeksi Saluran Kencing yang Harus Diwaspadai, Kenali Gejalanya

Kamis, 2 April 2020 17:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Penyebab Infeksi Saluran Kencing yang Harus Diwaspadai, Kenali Gejalanya Ilustrasi infeksi saluran kencing. Shutterstock/JPC-PROD

Merdeka.com - Infeksi saluran kencing merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat dialami siapa saja. Penyebab infeksi saluran kencing sering dikaitkan dengan kebersihan area organ intim. Infeksi saluran kencing atau yang juga biasa disebut dengan Infeksi saluran kemih lebih banyak diderita oleh wanita.

Infeksi saluran kencing sering dialami oleh wanita karena wanita memiliki uretra (saluran terakhir yang membuang urin ke luar tubuh) lebih pendek daripada pria. Kondisi inilah yang kemudian membuat bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih wanita. Selain itu, uretra wanita juga lebih dekat ke anus.

Oleh karena itu, wanita disarankan untuk membilas dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau buang ari besar. Hal ini dilakukan tak lain untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke uretra. Bakteri dari usus besar, seperti bakteri E. coli, bisa saja berpindah ke uretra ketika kamu membilas dari belakang ke depan. Bakteri ini kemudian bisa masuk ke kandung kemih dan dapat menyebabkan infeksi. Jika infeksi ini tidak segera diobati dikhawatirkan akan bisa menyebar ke daerah ginjal.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Umumnya, ISK terjadi pada kandung kemih dan uretra. Berdasarkan bagian yang terinfeksi, ISK terbagi menjadi ISK atas dan ISK bawah. ISK atas merupakan infeksi yang terjadi di bagian atas kandung kemih, yaitu di ginjal dan ureter. Sedangkan ISK bawah adalah infeksi pada kandung kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra.

Infeksi terbatas pada kandung kemih kamu bisa menyakitkan dan menjengkelkan. Namun, konsekuensi serius dapat terjadi jika ISK menyebar ke ginjal kamu. Dokter biasanya mengobati infeksi saluran kemih dengan antibiotik.

Untuk menghindari peluang mengalami infeksi saluran kencing ada hal paling dasar yang harus kamu ketahui salah satunya adalah penyebab infeksi saluran kencing agar kamu bisa menghindarinya. Berikut ini ada beberapa penyebab infeksi saluran kencing yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (2/4).

1 dari 3 halaman

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Penyebab infeksi saluran kencing biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih. Meskipun sistem kemih dirancang untuk mencegah terjangkitnya bakteri mikroskopis seperti itu, Namun tak jarang pertahanan ini pun gagal. Ketika itu terjadi, bakteri dapat menguat dan tumbuh menjadi infeksi besar di saluran kemih.
ISK yang paling umum terjadi terutama pada wanita dan memengaruhi kandung kemih dan uretra.
Infeksi kandung kemih (sistitis)
Jenis ISK ini biasanya disebabkan oleh Escherichia coli (E. coli), sejenis bakteri yang biasa ditemukan dalam saluran gastrointestinal (GI). Namun, terkadang bakteri lain yang bertanggung jawab.
Hubungan seksual
Hubungan seksual dapat menyebabkan sistitis, tetapi kamu tidak harus aktif secara seksual untuk mengembangkannya. Semua wanita berisiko sistitis karena anatomi mereka khususnya meliputi jarak pendek dari uretra ke anus dan pembukaan uretra ke kandung kemih.
Infeksi uretra (uretritis)
Jenis ISK ini dapat terjadi ketika bakteri GI menyebar dari anus ke uretra. Juga, karena uretra wanita dekat dengan vagina, infeksi menular seksual, seperti herpes, gonore, klamidia dan mikoplasma, dapat menyebabkan uretritis.

2 dari 3 halaman

Gejala Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kemih tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala, tetapi ketika terjadi, mereka mungkin akan menimbulkan gejala khusus seperti:
- Keinginan kuat dan gigih untuk buang air kecil
- Sensasi terbakar saat buang air kecil
- Sering buang air kecil
- Air seni yang tampak keruh
- Urin yang tampak merah, merah muda cerah atau berwarna cola yang merupakan tanda darah dalam urin
- Urin berbau tajam
- Nyeri panggul, pada wanita terutama di pusat panggul dan di sekitar area tulang kemaluan

3 dari 3 halaman

Jenis infeksi saluran kencing

Setiap jenis ISK dapat menyebabkan tanda dan gejala yang lebih spesifik, tergantung pada bagian mana dari saluran kemih kamu yang terinfeksi. Berikut gejala di tiap jenisnya:
Ginjal (pielonefritis akut)
- Nyeri punggung bagian atas dan samping disertai dengan demam tinggi
- Gemetar dan kedinginan
- Mual
- Muntah

Kandung kemih (sistitis)
- Tekanan panggul
- Ketidaknyamanan perut bagian bawah
- Sering buang air kecil yang menyakitkan
- Darah dalam urin

Uretra (uretritis)
- Buang air kecil dengan sensasi panas atau terbakar

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini