Niat Sholat Tarawih Imam, Makmum, dan Saat Sendiri di Rumah

Selasa, 20 April 2021 18:00 Reporter : Andre Kurniawan
Niat Sholat Tarawih Imam, Makmum, dan Saat Sendiri di Rumah Ilustrasi Salat Berjamaah. Pinterest ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bulan yang penuh berkah kembali mendatangi umat Islam. Meski wabah virus corona masih menjadi perhatian, hal ini tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk beribadah. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, banyak masyarakat berbondong-bondong datang ke masjid untuk menjalankan sholat tarawih.

Selain puasa dan sahur, sholat tarawih berjemaah di masjid memang menjadi ciri khas dari bulan Ramadan. Kaum muslimin tentunya juga tak ingin melewatkan kesempatan ini dan berusaha meningkatkan aktivitas ibadah mereka di masjid.

Meski sholat tarawih adalah sunnah, namun ibadah ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena memiliki keutamaan yang baik. Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadisnya:

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim). Yang dimaksud 'qiyam Ramadhan' dalam hadis tersebut adalah shalat tarawih, sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi.

Sama seperti ketika kita melaksanakan ibadah sholat lainnya, kita perlu membaca niat terlebih dulu sebelum melaksanakan sholat tarawih. Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan bacaan niat sholat tarawih imam, makmum, atau ketika mengerjakannya sendiri di rumah beserta dengan tata caranya.

Baca Selanjutnya: Niat Sholat Tarawih Imam Makmum...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini