Mengenal Penyebab Uban di Usia Muda, Berikut Cara Mengatasinya

Selasa, 7 September 2021 19:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Penyebab Uban di Usia Muda, Berikut Cara Mengatasinya Ilustrasi uban. ©Shutterstock

Merdeka.com - Uban merupakan kejadian alamiah yang terjadi pada seorang manusia. Uban selalu diidentikkan bahwa manusia tersebut sudah masuk pada usia tua.

Uban yang tumbuh sebelum waktunya tentu akan menjadikan persoalan tersendiri bagi mereka yang ingin tampil sempurna di depan khalayak umum. Uban yang tumbuh di usia muda kerap menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Tak heran bila kemudian banyak sekali orang yang berusaha melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain mencari tahu cara mengatasinya banyak orang yang penasaran terkait penyebab uban muncul di usia muda.

Belakangan gaya hidup dituding jadi bagian dari salah satu sebab mengapa orang beruban lebih cepat sebelum waktunya. Berikut penyebab uban di usia muda yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Selasa, (07/09/2021).

2 dari 7 halaman

Kelenjar Tiroid

Penyebab uban di usia muda yang pertama adalah kelenjar tiroid terlalu berlebihan atau kekurangan. Kondisi ini dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut serta menjadi penyebab uban usia muda.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, disebutkan bahwa gangguan fungsi tiroid bisa menjadi penyebab uban usia muda. Selain itu, kondisi vitiligo juga dapat membuat rambut menjadi putih karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

3 dari 7 halaman

Stres

Penyebab uban di usia muda berikutnya adalah stres. Di masyarakat berkembang mitos bahwa orang yang beruban di usia dini berarti banyak masalah atau stres. Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh New York University di Amerika Serikat dan dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, ditemukan bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika kamu sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain menyebutkan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor penyebab uban usia muda, namun persentasenya kecil dan lebih sering disebabkan oleh faktor lainnya.

4 dari 7 halaman

Kurangnya Asupan Vitamin B12

Penyebab uban di usia muda juga bisa dikarenakan asupan vitamin B12 yang kurang. Vitamin B12 sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kinerja metabolisme. Selain itu vitamin B12 juga berperan penting untuk membantu tubuh dalam membentuk energi, mebentuk sel darah merah, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Sehingga, apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin B12, akan mengganggu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh organ dalam tubuh.

Jika proses tersebut terganggu, maka akan berdampak pada rambut yang bisa menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan juga menjadi penyebab turunnya produksi melanin. Padahal melanin berguna untuk menghasilkan pigmen hitam pada rambut. Hal ini menjadi risiko penyebab uban usia muda.

5 dari 7 halaman

Faktor Genetik

Jika di usia remaja kamu mengalami rambut dengan uban yang cukup banyak, maka bisa saja hal tersebut memang dari genetikmu. Faktor genetik merupakan penyebab uban usia muda dan biasanya diwariskan turun temurun, jadi bisa saja hal tersebut karena keturunan dari orang tua atau mungkin kakek nenek. Rambut beruban karena faktor genetik ini sebenarnya hal ini cukup umum dan terjadi pada banyak orang.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013, disebutkan bahwa uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

Studi yang sama dilakukan pada ras Kaukasian, dan ditemukan bahwa uban dapat dimulai di usia 20 tahun. Sedangkan, pada ras Asia dapat dimulai di usia 25 tahun dan ras Afrika-America di usia 30 tahun.

6 dari 7 halaman

Hormon

Selain faktor genetik, uban di usia mudah juga bisa disebabkan karena perbuahan hormon. Rambut bisa berkurang teksturnya, kerapatannya, dan warnanya seiring waktu berjalan karena adanya perubahan hormon. Proses ini umumnya mulai terjadi saat mencapai usia 30 tahun. Mulai pada usia tersebut, akan terlihat perbedaan yang cukup kentara pada warna rambut.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Uban di Usia Muda

1. Memanfaatkan Kembang Sepatu
Caranya:

  • Hancurkan bunga dan daunnya hingga hancur.
  • Campurkan 3 sendok makan bunga yang sudah dihancurkan dengan 3 sendok bubuk buah malaka, gunakan blender jika diperlukan. Beri tambahan air secukupnya untuk membentuk pasta halus dengan kekentalan yang pas.
  • Oleskan campuran ke seluruh kulit kepala sambil dipijat dan gosokkan hingga ke ujung rambut.
  • Biarkan masker selama 30-45 menit, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.
  • Lakukan 2 kali seminggu.

2. Mengambil Manfaat dari Kopi
Caranya:

  • Siapkan 5 sendok makan henna bubuk, 1 sendok makan kopi, dan 1 gelas air.
  • Seduh kopi dengan segelas air, lalu tambahkan 5 sendok henna, aduk hingga tercampur merata.
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut hingga merata.
  • Diamkan selama 3-4 jam, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.
  • Lakukan setiap 3 minggu sekali.

3. Menggunakan Minyak Almond
Caranya:

  • Campur minyak almond, jus lemon, dan jus buah malaka dengan perbandingan 1:1:1.
  • Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala hingga merata sambil dipijat.
  • Diamkan beberapa menit sebelum dibilas bersih.
  • Dapat dilakukan setiap hari.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini