8 Penyebab Uban di Usia Muda yang Harus Diwaspadai, Cegah Sedini Mungkin

Jumat, 18 September 2020 08:15 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
8 Penyebab Uban di Usia Muda yang Harus Diwaspadai, Cegah Sedini Mungkin Ilustrasi rambut beruban. ©istimewa

Merdeka.com - Perlu diketahui bahwa uban bisa terbentuk karena adanya folikel yang menjadi tempat tumbuhnya rambut memiliki sekumpulan sel yang disebut dengan melanosit. Sel melanosit sendiri yang memiliki fungsi untuk memproduksi melanin atau pigmen yang dapat memberikan warna gelap pada rambut.

Saat usia semakin menua, melanosit ini akan mulai mati yang dapat menyebabkan produksi melaninnya berkurang. Dan, pada akhirnya warna rambut pun akan berangsur menjadi kelabu, keperakan, sampai memutih karena melanin yang benar-benar berhenti berproduksi. Inilah yang nantinya akan menyebabkan uban di rambut.

Uban di rambut memang bisa saja dapat mempengaruhi penampilan dan percaya diri. Apalagi, bagi Anda yang berusia dengan tergolong masih muda. Penyebab uban di usia muda memang harus diwaspadai.

Bagi Anda yang ingin lebih mengerti mengenai penyebab uban ini, berikut ini kami rangkum untuk Anda 8 penyebab dari munculnya uban di usia muda, yang dilansir dari theAsianparent.com:

2 dari 5 halaman

Faktor Keturunan dan Stres

1. Keturunan
Penyebab uban di usia muda dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Menurut seorang Profesor klinis dermatologi di Pusat Medis Langone University New York, Doris Day, penyebab uban dapat tumbuh lebih cepat berasal dari genetik.

Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan di Nature Communicarions. Hasil studi mengatakan jika adanya varian gen yang terkait denga uban. Hal ini terungkap setelah para peneliti melakukan analisa rambut 6.000 orang Amerika Latin.

Gen ini diturunkan langsung oleh orang tua, sama dengan dengan kebotakan yang bisa dikarenakan faktor genetik.

2. Stres
Penyebab uban di usia muda yang berikutnya adalah stres. Meskipun hubungan antara stres dan rambut beruban masih diperdebatkan secara medis, namun stres juga diketahui akan mempercepat genetik.

019 yoga tri priyanto
© boldsky.com

Artinya, jika memiliki gen beruban, stres dapat memicu rambut menjadi lebih cepat beruban. Kecuali dengan adanya upaya untuk menghindari dan mengelola stres dengan baik.

3 dari 5 halaman

Adanya Penyakit Autoimun dan Kekurangan Vitamin B12

3. Penyakit Autoimun
Penyebab uban di usia muda yang ketiga adalah adanya penyakit autoimun. Penyakit autoimun sendiri juga dapat memicu adanya pertumbuhan uban.

Dijelaskan pada National Alopecia Areata Foundation (NAAF), orang dengan kondisi ini akan mengembangkan bercak-bercak kecil halus di area kulit kepala. Bahkan dapat sepenuhnya kehilangan rambut di kepala atau tubuh.

Hal ini dapat terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, sehingga membuat rambut rontok. Dan, ketika rambut mulai tumbuh, rambut tersebut berwarna putih.

4. Kekurangan Vitamin B12
Penyebab uban di usia muda yang keempat adalah kekurangan vitamin B12. Peran vitamin ini sangat penting untuk sel darah merah. Alasannya, karena sel darah merah ini bekerja membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk pada melanosit di folikel rambut.

Bila seseorang kekurangan vitamin B12, tentu saja akan memengaruhi pasokan oksigen yang akan menuju ke sel darah merah. Sehingga akan dapat mengakibatkan melanin berkurang dan tumbuhnya uban di usia dini.

4 dari 5 halaman

Perubahan Hormon dan Kebiasaan Merokok

5. Alami Perubahan Hormon
Penyebab uban di usia muda yang berikutnya adalah adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Hormon akan dapat memengaruhi kesehatan rambut dari waktu ke waktu, misalnya perubahan tekstur, kepadatan, hingga warnanya. Biasanya, proses ini dimulai paling lambat ketika memasuki usia 30 tahun.

6. Merokok
Perlu Anda ketahui bahwa merokok juga dapat menjadi penyebab uban di usia muda akan sangat rentan menyerang Anda yang masih tergolong berusia muda. Kebiasaan merokok dalam jangka panjang juga menjadi penyebab uban di usia muda sudah muncul.

014 febrianti diah kusumaningrum
boldsky.com

Menurut penelitian pada tahun 2013, perokok 2,5 kali lebih berisiko memiliki uban sebelum usianya menginjak 30 tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

5 dari 5 halaman

Penggunaan Produk Kimia dan Pola Hidup yang Salah

7. Penggunaan Produk Kimia
Penyebab uban di usia muda yang selanjutnya adalah kebiasaan menggunakan produk kimia. Produk kimia juga dapat menyebabkan uban muncul sejak usia muda. Bahkan produk kimia seperti sampo juga dapat mengurangi kadar melanin.

Perlu diingat pula bahwa kandungan hidrogen peroksida yang kerap ditemukan pada produk perawatan rambut kimia adalah bahan yang berbahaya.

8. Pola Hidup yang Salah
Biasanya, beberapa orang memang belum sepenuhnya menjalankan pola hidup sehat, seperti berolahraga, menghindari kebiasaan merokok dan sebagainya. Padahal, pola hidup juga memiliki pengaruh yang kuat dengan penyebab uban di usia muda.

Seringnya menerapkan gaya hidup yang salah bisa menjadi penyebab tumbuh uban di usia muda, seperti minimnya olahraga, pola makan tidak teratur, waktur tidur terbatas, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Pola hidup seperti inilah yang bisa memicu uban lebih cepat muncul.

Oleh sebab itu, ada baiknya mulai dari sekarang saatnya kita dapat bijak menjalankan pola hidup sehat. Tak hanya mencegah adanya uban, pola hidup sehat juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

[raf]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Jatim
  4. Yogyakarta
  5. Rambut Beruban
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini