Mengenal Gunung Padang di Cianjur, Situs Megalitik Tertua di Dunia

Selasa, 30 Juni 2020 19:37 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Mengenal Gunung Padang di Cianjur, Situs Megalitik Tertua di Dunia gunung padang. disparbudjabar.go.id

Merdeka.com - Pernah dengar Situs Gunung Padang? Sebuah lokasi bersejarah yang cukup tersohor di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan berbagai pesona uniknya.

Diketahui jika Gunung Padang konon merupakan warisan megalitik terbesar di Asia dengan luas sebesar 900 meter persegi dan mengalahkan piramida di Mesir.

Gunung Padang menawarkan berbagai bentuk susunan batu unik dengan segala keindahan pemandangan alam yang luar biasa.

1 dari 5 halaman

Bisa Mengeluarkan Bunyi Jika Dipukul dengan Benda Keras

gunung padang di cianjur

©2020 merdeka.com/arie basuki

Salah satu keunikan dari situs tersebut adalah beberapa bagian batunya bisa mengeluarkan bunyi-bunyian seperti alat musik, dengan ciri khas nada tertentu.

Dilansir dari indonesiakaya.com, sebagian besar bebatuan dari wilayah Gunung Padang merupakan batu dari jenis andesit basaltis dan sebagian besar berwarna abu-abu gelap.

2 dari 5 halaman

Lebih Tua dari Piramida Giza di Mesir

gunung padang1

©2020 Merdeka.com/arie basuki

Selain terbesar, situs yang berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, ini juga merupakan mahakarya megalitik tertua di dunia yang diperkirakan berusia 8.000 hingga 28.000 tahun, lebih tua dari piramid Giza, Mesir.

Belakangan situs itu diidentifikasi sebagai kuil kuno dengan lima teras yang menyusunnya. Di mana pada teras atau puncak yang tertinggi dipercaya oleh warga setempat sebagai tempat untuk bersemedi atau mendalami ilmu pada masa lampau.

3 dari 5 halaman

Tertangkap Radar

gunung padang cianjur

native indonesia ©2020 Merdeka.com

Di tahun 2012 pernah dilakukan sebuah penelitian mandiri oleh tim dari Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama 2 tahun hingga tahun 2014.

Dari penelitian yang kini dihentikan itu, diketahui jika radar satelit menangkap sesuatu yang dianggap penghantar listrik dari bebatuan di situs Gunung Padang.

Selain itu timnya juga menemukan chamber atau bilik, cawan raksasa, sungai dan mata air, kubah, menara dan aquifer serta transmitter di lokasi tersebut. Penemuan tersebut sebagai penanda bahwa di lokasi itu pernah ditemukan peradaban yang canggih di masa batu besar.

4 dari 5 halaman

Penuh Misteri

gunung padang1

©2020 Merdeka.com/arie basuki

Tak hanya menawarkan eksotisme pemandangan serta susunan bebatuan yang luar biasa, Gunung Padang pun disebutkan jika dibalik pesonanya terdapat berbagai kisah yang menyelimutinya.

Menurut sang juru kunci, situs tersebut merupakan tempat berbagai ilmu. Mulai dari ilmu sejarah, arkeologi, antropologi, sosiologi hingga geologi.

Di dekat pintu masuk pun terdapat sebuah sumur bernama Sumur Kahuripan. Kisah yang masih dipercaya oleh masyarakat hingga saat ini adalah keberadaan airnya yang tidak pernah surut walau dalam kondisi musim kemarau

Selain itu, disinyalir jika Gunung Padang jika digali lebih dalam lagi masih akan membentuk struktur yang mirip piramid.

5 dari 5 halaman

Lokasi Gunung Padang

Untuk menuju situs Gunung Padang dapat menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam atau sekitar 45 km dari pusat kota Cianjur. Jika wisatawan dari arah Jakarta perjalanan dapat dilalui dengan jarak 165 km dan dari Bandung sekitar 110 km.

Perjalanan menuju ke Situs Gunung Padang dianggap curam mengingat menuju lokasi akan ditemui jalur yang naik turun, termasuk pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga menuju puncak dari gunung yang dipenuhi oleh susunan batu itu.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini