Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Rambut, Atasi Jerawat hingga Kerontokan

Rabu, 5 Oktober 2022 15:15 Reporter : Andre Kurniawan
Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Rambut, Atasi Jerawat hingga Kerontokan Ilustrasi daun jambu biji. ©2015 Merdeka.com/flickr/Subash BGK

Merdeka.com - Jambu biji adalah buah tropis yang dapat dengan mudah kita temui. Buahnya berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning dengan biji yang dapat dimakan.

Buah jambu biji ini memiliki kandungan yang sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini menjadikan buah jambu biji memiliki nilai manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan.

Namun, manfaat dari tanaman jambu biji tak hanya sebatas pada buahnya saja. Daun jambu biji juga dianggap memiliki manfaat yang baik bagi manusia. Apalagi daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak daunnya bisa dijadikan sebagai suplemen.

Daun jambu biji penuh dengan sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Daun ini kaya akan polifenol, tanin, flavonoid, karotenoid, dan senyawa tanaman terapeutik lainnya, sehingga dinilai efektif dalam menghilangkan rasa sakit dan gejala dari beberapa masalah kesehatan.

Tak hanya itu, daun jambu biji juga memiliki nilai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan wajah dan rambut Anda. Anda bisa menjadikan daun jambu biji ini sebagai bahan perawatan alami untuk keduanya.

Berikut ini, kami akan sampaikan apa saja manfaat daun jambu biji untuk wajah dan rambut yang dikutip dari beberapa sumber.

2 dari 4 halaman

Pengobatan Jerawat dan Flek Hitam

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang pertama adalah untuk mengobati jerawat dan flek hitam. Jerawat dan flek hitam memang cukup mengganggu karena akan berdampak buruk pada penampilan kulit Anda.

ilustrasi jerawat

© pexels.com/Anna Nekrashevich

Dikutip dari stylecraze.com, manfaat daun jambu biji untuk wajah dinilai efektif untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam pada kulit. Daun ini mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menumbuk beberapa daun jambu biji dan oleskan pada jerawat dan bintik hitam. Kemudian bilas dengan air setelah beberapa waktu. Cara ini harus dilakukan setiap hari sampai kulit bersih.

Menghilangkan Komedo

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang kedua yaitu untuk membantu menghilangkan komedo. Sebagai pengobatan komedo, Anda bisa mencampurkan daun jambu biji dengan sedikit air. Campuran ini dapat Anda gunakan sebagai scrub pada hidung untuk menghilangkan komedo.

Manfaat Anti Penuaan

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang ketiga yakni sebagai anti penuaan. Daun jambu biji dapat dijadikan sebagai agen anti penuaan karena kandungan antioksidannya yang dapat menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit.

Mereka melindungi kulit dari penuaan dan memperbaiki warna serta tekstur kulit. Untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji ini, Anda bisa menggunakan rebusan daun jambu biji matang yang kemudian dioleskan pada kulit untuk mengencangkannya.

3 dari 4 halaman

Meredakan Gatal

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang keempat adalah untuk membantu meredakan gatal. Gatal yang terasa pada kulit dapat menyebabkan masalah serius jika tidak segera diobati. Daun jambu biji merupakan pengobatan instan dan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan rasa gatal karena mengandung senyawa penghambat alergi.

Membantu Mengatasi Keriput di Wajah

ilustrasi keriput

Shutterstock/Piotr Marcinski

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang kelima adalah untuk mengatasi keriput di wajah. Daun jambu biji memiliki sifat anti-penuaan yang membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Daun ini akan membantu menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit Anda.

Rebusan daun jambu biji matang dapat digunakan pada kulit untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, daun ini juga membantu memperbaiki tekstur kulit Anda. Daun jambu biji juga dapat membantu mengobati garis-garis senyum di wajah.

Membantu dalam Memberi Warna Kulit yang Merata

Menggunakan daun jambu biji dapat membantu kulit Anda. Daun jambu biji ini dapat digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi pada kulit sehingga meningkatkan warna kulit. Antioksidan yang ada pada daun jambu biji akan membantu mengecilkan pori-pori pada kulit dan membuat kulit bersih dan bercahaya.

4 dari 4 halaman

Mendukung Pertumbuhan Rambut

Mengutip dari thewellnesscorner.com, daun jambu biji juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena kaya akan berbagai nutrisi dan antioksidan. Dengan kandungan vitamin C yang melimpah, daun ini akan melindungi rambut Anda dari kerusakan, mengontrol ketombe sekaligus meningkatkan kolagen rambut.

Obat Alami untuk Rambut Rontok

Untuk mencegah rambut rontok, Anda bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk mengatasinya. Rebus segenggam daun jambu biji dalam satu liter air selama kurang lebih 20 menit.

Kemudian dinginkan, dan oleskan pada kulit kepala dan pijat. Daun jambu biji akan membantu Anda memperbaiki folikel rambut, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kerusakan rambut dan ujung yang bercabang.

Menyembuhkan Infeksi pada Kulit Kepala

Karena sifat antibakteri hadir dalam daun jambu biji, daun ini akan membantu mengobati infeksi kulit kepala. Rebus beberapa lembar daun jambu biji dan gunakan airnya sebagai bilasan terakhir pada rambut. Menggunakan daun jambu biji dapat membantu membantu kerontokan rambut pada seseorang.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini