Erotomania adalah Gangguan Delusi Seseorang tentang Cinta, Begini Gejalanya

Sabtu, 21 November 2020 12:01 Reporter : Andre Kurniawan
Erotomania adalah Gangguan Delusi Seseorang tentang Cinta, Begini Gejalanya Erotomania. medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Apakah saat ini Anda sedang merasa bahwa ada seseorang yang diam-diam menyukai Anda? Tentu hal tersebut adalah perasaan normal yang pernah dirasakan oleh banyak orang. Namun, ternyata ada kondisi serupa di mana seseorang merasa bahwa ada orang lain yang sedang jatuh cinta kepadanya.

Ya, kondisi mental seperti ini memang ada dan disebut sebagai erotomania. Dilansir dari Healthline, erotomania adalah kondisi kesehatan mental yang terjadi ketika seseorang meyakini bahwa ada orang lain yang sangat mencintai dirinya.

Kelompok yang sering dijadikan objek oleh penderita erotomania adalah selebriti, pejabat, atau seseorang dengan status sosial yang tinggi. Sebutan lain dari kondisi erotomania adalah sindrom De Clérambault.

Keyakinan bahwa dirinya dicintai oleh orang lain ini dianggap delusi karena tidak didasarkan pada kenyataan. Dalam kebanyakan kasus, orang tersebut bahkan belum pernah bertemu dengan orang yang membuat mereka tertarik. Terkadang, beberapa orang yang mengidap sindrom ini percaya bahwa orang asing yang baru saja mereka temui sedang mencintai mereka.

Seseorang yang mengidap erotomania terkadang memiliki keyakinan bahwa orang lain mencoba mengirim mereka pesan rahasia. Mereka dapat mempercayai hal-hal ini melalui berita atau pemikiran (disebut juga telepati).

Baca Selanjutnya: Gejala Erotomania...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini