Cara Melembabkan Ruangan dengan Mudah, Atasi Udara Kering secara Alami

Kamis, 18 Agustus 2022 16:01 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Melembabkan Ruangan dengan Mudah, Atasi Udara Kering secara Alami Ilustrasi tanaman hias. ©Pexels/Daria Shevtsova

Merdeka.com - Memiliki udara kering di rumah bisa membuat suasana menjadi tidak nyaman, terutama jika Anda menderita asma, alergi, kondisi kulit seperti psoriasis, atau pilek. Oleh karena itu, beberapa orang berusaha untuk melembabkan ruangan mereka untuk mengatasi udara kering ini.

Meningkatkan kelembapan, atau uap air di udara, biasanya dilakukan dengan menggunakan humidifier. Namun, humidifier sendiri bisa menjadi barang yang mahal dan biasanya hanya efektif untuk satu ruangan saja.

Tapi untungnya, ada beberapa cara melembabkan ruangan secara alami yang dapat meningkatkan kelembapan di rumah Anda. Dilansir dari healthline.com, berikut adalah cara melembabkan ruangan dengan alat-alat yang sederhana di rumah.

2 dari 4 halaman

Merebus Air

Cara melembabkan ruangan yang pertama adalah dengan merebus air. Langkah-langkah sederhana seperti memasak lebih banyak makanan di atas kompor dapat membantu menjaga keadaan tetap lembap. Dan jika Anda seorang peminum teh, Anda dapat memanaskan air dalam panci atau ketel di atas kompor, karena ini dapat melepaskan banyak uap ke udara. Ketika air mencapai titik didihnya, ia mulai melepaskan uap dan menguap kembali ke udara.

Hias dengan Vas Bunga

Cara melembabkan ruangan yang kedua yaitu dengan meletakkan vas bunga beserta bunga dan air di dalamnya. Vas bunga adalah "pelembab" rumah yang bagus karena secara alami, kita menempatkan bunga di tempat yang paling cerah di rumah. Paparan sinar matahari ini membantu mempercepat penguapan air di dalam vas.

Menghias ruangan dengan vas penuh bunga dan air adalah cara yang bagus untuk menambah kelembapan di rumah Anda, meski dengan bunga palsu. Bunga palsu dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki alergi pada bunga atau mencari pilihan yang lebih terjangkau dan tahan lama.

Letakkan vas bunga di jendela atau meja yang terkena paparan sinar matahari untuk meningkatkan kelembapan rumah Anda. Jangan lupa juga untuk mengganti air secara teratur.

3 dari 4 halaman

Tanam banyak Tanaman di Rumah

ilustrasi tanaman di dalam ruangan

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Cara melembabkan ruangan yang ketiga yakni dengan menanam tanaman di sekitar rumah. Untuk bertahan hidup, tanaman harus mengambil air melalui akar. Namun, tidak semua air yang diserap oleh tanaman digunakan. Sebaliknya, sebagian besar air itu akan diuapkan kembali melalui daun dalam proses yang disebut transpirasi.

Semakin banyak tanaman hias yang Anda tanam di rumah atau dalam ruangan, semakin tinggi kelembapan udara secara keseluruhan. Plus, Anda juga akan mendapat manfaat tambahan dengan adanya udara yang bersih.

Mangkuk Air

Cara melembabkan ruangan yang keempat adalah dengan memanfaatkan mangkuk berisi air. Ambil mangkuk kecil dan isi sampai hamper penuh dengan air. Letakkan mangkuk air tersebut di atas meja atau rak, dan secara perlahan akan menguap seiring waktu.

Akan lebih baik jika Anda meletakkan mangkuk kristal berisi air di bawah sinar matahari. Dengan begitu, Anda juga dapat menikmati pertunjukan cahaya di tengah hari, berkat pembiasan cahaya.

4 dari 4 halaman

Hindari Penggunaan Pengering Pakaian

Cara melembabkan ruangan yang kelima dengan menghindari pengering pakaian. Meskipun mudah untuk meletakkan cucian ke dalam pengering, namun Anda dapat menggunakan pakaian lembap ini untuk meningkatkan kelembapan. Setelah pakaian dicuci, cukup gantung di rak pengering atau jemuran hingga kering. Saat mengering, mereka akan melepaskan air kembali ke atmosfer dan membantu meningkatkan kelembapan.

Akuarium

ilustrasi akuarium
©2012 Merdeka.com

Cara melembabkan ruangan yang terakhir bisa dengan akuarium di dalam ruangan. Penguapan air adalah bagian alami dari siklus hidup akuarium atau tangki ikan, yang dapat membantu meningkatkan kelembapan udara di sekitarnya secara pasif. Sebagai bonus, tangki ikan dan akuarium dapat kita dekorasi untuk meningkatkan estetika di dalam ruangan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini