Cara Melamar Kerja Lewat Email, Perlu Diperhatikan

Rabu, 29 April 2020 16:14 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Melamar Kerja Lewat Email, Perlu Diperhatikan Ilustrasi Layanan Email. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini untuk melamar kerja, kita sudah tidak perlu jauh-jauh datang ke perusahaan untuk memberikan berkas lamaran. Dengan kemajuan teknologi, pelamar kerja cukup berada di rumah dan mempersiapkan semua berkas melalui perangkat gadget yang kita miliki.

Sudah banyak aplikasi dan website yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan, sehingga para pencari kerja cukup mengakses aplikasi dan website tersebut. Untuk melamar pekerjaan, umumnya perusahaan meminta kepada pelamar kerja untuk mengirim semua berkas-berkas yang diperlukan melalui email.

Mengirim berkas lamaran melalui email memang memudahkan pelamar dan juga manajer HR. Pelamar kerja tidak perlu jauh-jauh pergi untuk menyerahkan ke lokasi perusahaan, dan meja manajer HR juga tidak akan dipenuhi berkas-berkas para pelamar kerja.

Namun, yang sering menjadi masalah adalah sebagian pelamar kerja masih belum mengetahui bagaimana cara melamar kerja melalui email yang benar. Karena jika hanya asal-asalan dalam mengirim berkas lewat email, bisa jadi berkas yang di kirim tidak akan direspon, atau bahkan tidak dibuka sama sekali oleh manajer HR.

1 dari 5 halaman

Tata Cara Melamar Kerja Lewat Email

ilustrasi lamaran kerja online

©Shutterstock

Meskipun hanya melalui email, Anda tetap harus teliti dan menunjukkan etika yang baik dalam mengirim berkas lamaran Anda. Karena masih banyak pelamar kerja yang tidak memperhatikan etika dalam mengirim lamaran melalui email ini.

Menulis asal-asalan dengan tidak memperhatikan etika hanya akan membuat diri Anda kehilangan poin di mata manajer HR. Anda juga perlu memperhatikan CV yang Anda buat. Buatlah CV yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar, karena hal ini akan membuat CV Anda dilirik oleh manajer HR dan menjadi pertimbangan bagi manajer HR.

Perhatikan juga ukuran file yang akan Anda kirim. Jangan mengirim file dengan ukuran besar karena akan memengaruhi waktu dalam membuka filenya. Perlu diingat bahwa ukuran file yang besar juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengunduhnya.

Untuk lebih lanjutnya, berikut cara melamar kerja lewat email yang perlu anda perhatikan sebelum hendak mengirim berkas Anda.

2 dari 5 halaman

Ubah format file menjadi file PDF

pdf

©2020 Merdeka.com

Langkah pertama cara melamar kerja lewat email adalah kita perlu mengirimkan semua berkas lamaran dalam bentuk PDF. Jika berkas lamaran kita masih dalam bentuk file Word atau PowerPoint, sebaiknya kita ubah terlebih dahulu menjadi bentuk file PDF.

Pastikan di dalam berkas yang akan dikirim sudah lengkap sesuai ketentuan yang diminta. Berkas yang biasanya akan diminta antara lain adalah CV, surat lamaran kerja, ijazah pendidikan terakhir, transkrip nilai, kartu identitas, foto diri, dan sertifikat pendukung lainnya.

Scan semua berkas tersebut menjadi bentuk file PDF dengan ukuran file tidak lebih dari 2 MB.

3 dari 5 halaman

Subject dan body email

satu tangan

© dailymail.co.uk

Langkah kedua cara melamar kerja lewat email yaitu jangan melewatkan subject dan body email. Kedua bagian ini biasanya akan dilewati atau tidak diisi oleh para pelamar kerja.
Padahal, dengan menuliskan subject email, akan memudahkan manajer HR untuk menemukan email yang kita kirim. Biasanya pihak perusahaan memberikan format khusus untuk mengisi bagian subject email ini. Namun, jika tidak ada ketentuan dari pihak perusahaan, kita bisa menuliskannya sendiri. Anda cukup menuliskan posisi yang anda lamar dan nama lengkap.

(Posisi yang dilamar) – (Nama Lengkap)
Body email juga kerap dilewatkan begitu saja oleh para pelamar kerja. Kebanyakan body email hanya akan diisi lampiran berkas-berkas yang akan dikirim. Namun selain itu, kita juga perlu menuliskan sesuatu di dalam body email agar lebih terlihat sopan dan professional.

Anda bisa menuliskan identitas diri atau menuliskan surat lamaran kerja anda. Jadi Anda tidak perlu melampirkannya kembali bersama berkas lainnya. Gunakan bahasa yang formal dan tidak terlalu panjang agar manajer HR tidak banyak menghabiskan waktu untuk membacanya.

4 dari 5 halaman

Lampirkan berkas sesuai dengan ketentuan

Langkah selanjutnya dalam cara melamar kerja lewat email adalah melampirkan berkas sesuai dengan ketentuan perusahaan. Pihak perusahaan biasanya akan meminta kepada pelamar kerja untuk melampirkan berkas mereka dalam bentuk PDF. Sedangkan untuk foto, bisa kita lampirkan dalam bentuk jpg atau png.

Selain CV, surat lamaran, dan ijazah pendidikan terakhir, Anda bisa menambahkan lampiran sertifikat pendukung lainnya yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Tambahan tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi Anda dan juga pertimbangan manajer HR untuk memanggil anda ke proses selanjutnya.

Untuk pengiriman berkas, ada pihak perusahaan yang menginginkan semua berkas dijadikan ke dalam satu folder dan ada yang tidak. Jika diminta untuk dijadikan ke dalam satu folder, Anda bisa menyatukannya dalam bentuk fotmat zip, rar atau lainnya. Jika tidak ada ketentuan seperti itu, Anda bisa melampirkan berkas seperti biasa satu per satu.

5 dari 5 halaman

Periksa ulang semua berkas

Langkah terakhir cara melamar kerja lewat email yaitu periksa ulang semua berkas yang hendak anda kirim. Periksa Kembali isi berkas anda, ukuran file, kesalahan penulisan, posisi yang dilamar, dan juga pengisian subject dan body email.
Jangan menulis dengan asal-asalan karena manajer HR belum bertemu secara langsung dengan anda, tulisan yang anda kirim akan menunjukkan bagaimana diri anda. Pastikan anda menggunakan alamat email anda sendiri yang aktif dan menggunakan nama email yang jelas.
Kemudian, bersihkan akun sosial media anda, karena biasanya ada manajer HR yang mengecek bagaimana keseharian anda melalui postingan yang ada di akun sosial media anda.

 

[ank]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jabar
  3. Ragam
  4. Pekerjaan
  5. Email
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini