Belum Ditemukan, Ini Fakta Terbaru Hilangnya Anak Ridwan Kamil di Sungai Swiss

Sabtu, 28 Mei 2022 09:52 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Belum Ditemukan, Ini Fakta Terbaru Hilangnya Anak Ridwan Kamil di Sungai Swiss Anak Ridwan Kamil Hilang di Sungai Swiss, Ini Faktanya. ©2022 Merdeka.com/Instagram Ridwan Kamil

Merdeka.com - Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (23), hilang setelah terseret arus di Sungai Aare Swiss, Kamis (26/5) siang waktu Swiss.

Keberadaan Eril di Swiss adalah untuk mencari sekolah yang akan melanjutkan ke jenjang S2. Saat kejadian, sang ayah yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tengah berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Sudah hampir 40 jam, belum ada kabar baik dari putra sulung Ridwan Kamil. Tim SAR sudah memperluas area pencarian. KBRI Bern dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan memberikan perkembangan pencarian anak Ridwan Kamil.

Berikut fakta terbaru hilangnya anak Ridwan Kamil.

2 dari 4 halaman

Tim SAR Gabungan Perluas Area Pencarian

Kabar terbaru dari Bern diungkap Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Adpim Jabar Akhmad Taufiqurrachman, pada Jumat malam. KBRI Bern dan Polisi Swiss memperluas lokasi pencarian Emmeril Kahn Mumtadz.

KBRI Bern terus berkoordinasi dengan Kepolisian Swiss, Emergency Line wiss, serta rumah sakit-rumah sakit terdekat di Kota Bern dalam proses pencarian putra sulung Ridwan Kamil ini.

Selain itu, Polisi Bern mengerahkan tim SAR yang terdiri dari unsur Polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran di Bern untuk menyisir area sepanjang Sungai Aare.

Adik dan Teman Anak Ridwan Kamil Sempat Terseret Arus

emmeril khan anak ridwan kamil
©2022 Merdeka.com

Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengatakan anak Ridwan Kamil, Eril berada di lokasi bersama adiknya serta ibundanya, Atalia.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari keluarga di lokasi, yang berenang Eril dan adiknya, bu Atalia (Istri Ridwan Kamil) tidak ikut, ditemani family kami yang ada di sana. Saat akan naik ke atas, ada kesulitan, kami tidak paham kondisinya. Singkatnya yang lain bisa naik ke darat, Eril terbawa arus," kata Elpi dalam keterangannya, Jumat (27/5).

Senada dengan Epil, Kepolisian wilayah Bern menyatakan telah menerima laporan tentang tiga orang yang berenang di Aare yang berada dalam masalah. Menurut juru bicara Kapo, dua wanita muda diselamatkan dari air oleh penduduk setempat, tetapi tidak ada jejak orang ketiga sejak itu.

3 dari 4 halaman

Kendala

Tim SAR yang terdiri atas polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran, dikerahkan untuk menyisir sepanjang Sungai Aare. Arus yang sedang deras dan kondisi air keruh dilaporkan menjadi kendala proses pencarian. 

Yellow Notice

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Presetyo mengatakan NCB Div Hubinter Polri telah mengambil langkah-langkah setelah menerima informasi musibah tersebut, di antaranya meminta diterbitkannya Yellow Notice untuk pencarian orang hilang.

"Langkah pertama meminta identitasnya via Polda Jawa Barat untuk dimintakan Yellow Notice (pencarian orang) ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," kata Dedi, dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (27/5).

Selain itu, Polri juga memantau perkembangan pencarian hilangnya anak Ridwan Kamil secara informal lewat kerja sama police to police (P to P) dengan kepolisian di Swiss.


KBRI Sampaikan Perkembangan Pencarian Anak Ridwan Kamil Siang Ini

KBRI Bern dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan memberikan perkembangan terbaru terkait pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz.

Diketahui, pria karib disapa Eril dilaporkan hilang saat berenang Sungai Aare di Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu setempat.

“Jumpa Pers dilakukan secara daring pada waktu 12.30 WIB,” tulis keterangan diterima awak media, Sabtu (28/5/2022).

Info terkait nantinya akan disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad dan Perwakilan Keluarga Gubernur Jawa Barat, Elpi Nazmuzzaman.

4 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Mohon Doa untuk Anak Sulungnya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya berharap agar putranya, Emmeril Kahn Mumtadz, segera ditemukan dalam keadaan selamat. Eril, sapaan Emmeril, mengalami musibah di Bern, Swiss pada Kamis 26 Mei 2022.

"Mohon doanya agar putra kami, Emmeril Kahn Mumtadz dapat segera ditemukan dalam keadaan baik dan selamat. Sampai saat ini Tim SAR Swiss masih melakukan pencarian. Terima kasih atas perhatian dan dukungan doa dari bapak/ibu sekalian," kata Ridwan Kamil dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Sabtu (28/5/2022).

Ridwan Kamil juga menyebut, untuk informasi terkait perkembangan pencarian putranya dapat menghubungi perwakilan keluarga dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat.

[Tys]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini