Fakta Sungai Aare Tempat Anak Ridwan Kamil Hanyut, Sungai Terpanjang di Swiss

Jumat, 27 Mei 2022 11:30 Reporter : Denny Marhendri
Fakta Sungai Aare Tempat Anak Ridwan Kamil Hanyut, Sungai Terpanjang di Swiss Fakta Sungai Aare Tempat Anak Ridwan Kamil Hanyut, Sungai Terpanjang di Swiss. Instagram - Emmeril Kahn

Merdeka.com - Kabar buruk datang dari keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Anak pertama Ridwan Kamil yang bernama Emmeril Kahn Mumtadz dikabarkan hanyut terseret arus sungai.

Emmeril atau Eril terseret arus ketika sedang berenang di Sungai Aarae di Bern, Swiss pada Kamis siang (26/5). Diketahui, keluarga Ridwan Kamil sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2.

Saat kejadian, Gubernur Jawa Barat yang kerap disapa Emil itu sedang berada di Inggris karena ada agenda kegiatan pemerintahan bersama delegasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Perwakilan keluarga Emil, yang bernama Elpi Nazmuzaman mengungkapkan pencarian Eril terpaksa dihentikan sementara.

"Kronologinya, Eril berenang di Sungai Aare, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," tambahnya.

Melihat kejadian ini, banyak orang penasaran dengan Sunai Aare yang memang sudah tidak asing lagi untuk para warga lokal dan wisatawan tersebut. Berikut deretan fakta mengenai Sungai Aare, yang dilansir dari website situ Kota Bern.

2 dari 3 halaman
fakta sungai aare tempat anak ridwan kamil hanyut sungai terpanjang di swiss
Instagram - FABRICE COFFRINI/AFP

Sungai Terpanjang
Sungai terpanjang di Swiss ini mempunyai jarak 288 kilometer dari hulu ke muara. Sepanjang hilirnya, sungai ini akan melewati berbagai desa juga kota, serta berbelok melalui pemandangan alam yang asri.

Keamanan
Pihak keamanan setepat mengatakan bahwa warga sekitar akan sangat ramah kepada para wisatawan dan perenanga. Tetapi mereka merekomendasikan para perenang berpengalaman yang boleh berenang di Sungai Aare ini.

Tradisi UNESCO
Pada tahun 2017, Sungai Aare telah terdaftar dalam tradisi UNESCO yang termasuk warisan budaya yang benda. Momen ini menjadi bentuk berkembangnya keberagaman budaya Swiss sejak tahun 2012.

3 dari 3 halaman

fakta sungai aare tempat anak ridwan kamil hanyut sungai terpanjang di swiss

FABRICE COFFRINI/AFP

Tempat Berlangsungnya Tradisi Zibeleschwümme
Zibeleschwümme adalah tradisi di mana orang-orang berenang menggunakan pakaian warna warni di minggu keempat bulan November. Orang-orang yang kedinginan kareka suhu Sungai Aare mencapai titik beku, akan menghangatkan diri di festival musik Guggen dengan berbagai kulinernya.

Sumber Tenaga Kereta Gantung
Sungai Aare ini juga digunakan untuk menggerakkan kereta gantung. Kereta gantung yang bernama Marzilibhan itu menghubungkan distrik Marzili dengan Gedung Parlemen kemudian Kota Bern.

Kualitas Air
Para wisatawan yang tidak sengaja atau terpaksa meminum air dari Sungai Aare tidak perlu takut. Ternyata kualitas air dari sungai ini pernah mendapatkan kategori kualitas sangat baik di Uni Eropa pada tahun 2016. [dem]

Baca juga:
Ridwan Kamil Tiba di Swiss, Tim SAR Gabungan Perluas Area Pencarian
Update Terkini Pencarian Putra Sulung Ridwan Kamil di Swiss
Potret Sungai Aare di Swiss Tempat Hilangnya Anak Ridwan Kamil, Bersih & Indah Banget
Bantu Cari Anak Ridwan Kamil, Hubinter Mabes Polri Terbitkan Yellow Notice
KBRI: Pencarian Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Swiss Dilanjutkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini