9 Manfaat Skipping bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Menyehatkan Jantung

Senin, 30 Maret 2020 11:30 Reporter : Andre Kurniawan
9 Manfaat Skipping bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Menyehatkan Jantung Ilustrasi lompat tali. © techinsider.io

Merdeka.com - Bagi sebagian besar orang, lompat tali (skipping) dianggap menjadi olahraga yang dapat meninggikan badan. Selain itu, orang yang sedang berdiet atau yang ingin menurunkan berat badan juga menjadikan latihan ini untuk membakar kalori.

Selain bermanfaat, latihan lompat tali juga mudah dilakukan. Siapa pun dapat melakukannya. Di mana pun anda bisa melakukannya. Apalagi dengan wabah pandemi yang saat ini sedang menyebar di Indonesia. Olahraga ringan ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Apakah lompat tali hanya bermanfaat untuk meninggikan badan dan untuk orang yang berdiet? Dilansir dari jumpropedudes.com, berikut beberapa manfaat lompat tali yang bisa Anda dapatkan, Senin (30/3/2020).

1 dari 9 halaman

Menurunkan Berat Badan

gendut dan kurus

everydayfeminism.com

Manfaat skipping yang bisa Anda dapatkan adalah penurunan berat badan. Bagi setiap orang, menurunkan berat badan mungkin adalah hal yang sulit. Namun, pada prinsipnya sama.

Jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dan membakar lebih sedikit kalori, Anda akan menambah berat badan. Jika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak kalori, berat badan anda akan menurun.

Untuk membakar lebih banyak kalori, olahraga adalah aktivitas yang paling tepat untuk dilakukan. Dan salah satu manfaat lompat tali yang banyak diketahui adalah pengeluaran kalorinya, terutama bila anda menggunakan tali yang berat. Kalori yang dapat dikeluarkan ketika melakukan lompat tali selama 15 menit bisa mencapai 500 kalori.

2 dari 9 halaman

Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Manfaat skipping berikutnya dapat meningkatkan koordinasi dalam tubuh Anda. Gerakan lompat tali ke atas dan ke bawah dengan cepat memang terlihat sederhana. Namun, gerakan inilah yang dapat meningkatkan koordinasi seluruh tubuh Anda agar dapat melakukannya.
Gerakan memutar tali yang berulang-ulang sambil melompat tepat pada saat tali akan melewati kaki anda mengharuskan seluruh tubuh untuk bekerja sinkron.

3 dari 9 halaman

Mengurangi Cedera Kaki

Manfaat skipping selanjutnya dapat mengurangi cedera pada kaki. Saat Anda melakukan gerakan lompat tali, Anda sedang memperkuat otot, ligamen, dan tendon yang berada di sekitar kaki anda. Sehingga, Anda tidak akan rentan terhadap cedera.

Memang saat pertama kali Anda melakukan lompat tali, ada kemungkinan Anda akan merasakan sakit di kaki. Namun, itu adalah hal yang wajar karena Anda sedang menggunakan otot yang selama ini jarang atau bahkan belum pernah anda gunakan secara teratur. Jika Anda sudah melakukannya secara teratur, rasa sakit tersebut akan hilang.

4 dari 9 halaman

Memperbaiki Postur

tubuh

2017 cdn.gogirlmagz.com

Manfaat skipping berikutnya dapat memperbaiki postur tubuh Anda. Jika Anda adalah seseorang yang banyak menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di depan komputer, tubuh Anda akan cenderung memiliki postur yang bungkuk.

Tentu ini tidak baik bagi punggung bagian bawah. Dengan gerakan lompat tali yang tepat, Anda akan menarik tulang belikat anda ke belakang dan mensejajarkan tulang belakang Anda. Dengan mengubah postur, maka Anda juga akan terlihat lebih tinggi.

5 dari 9 halaman

Meningkatkan Kepadatan Tulang

tulang

www.indusladies.com

Manfaat skipping yang bisa dapatkan selanjutnya adalah dapat meningkatkan kepadatan tulang kita. Seorang peneliti dari University of Colorado di Denver, yang mempelajari tulang-tulang para lansia dan para atlet, mengatakan bahwa gerakan melompat dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Kepadatan tulang sendiri merupakan penanda kesehatan pada tulang. Tulang yang memiliki kepadatan yang baik akan menjadi tulang yang kuat, yang tidak mudah patah.


6 dari 9 halaman

Membantu Memulihkan Cedera

Manfaat skipping berikutnya bisa membantumu memulihkan cedera. Ketika seseorang terluka dan memiliki trauma fisik, lompat tali bisa menjadi latihan dasar yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan cedera.

Alasannya adalah karena latihan melompat pada lompat tali akan melibatkan seluruh tubuh Anda jika dilakukan dengan benar. Ditambah, olahraga lompat tali juga memiliki risiko kecil bagi Anda untuk cedera.

7 dari 9 halaman

Meningkatkan Kinerja Otak

otak manusia

2012 Merdeka.com

Manfaat skipping selanjutnya dapat meningkatkan kinerja otak Anda. Gerakan pada lompat tali akan meningkatkan keseimbangan tubuh, koordinasi tubuh, refleks, kepadatan tulang, dan daya tahan otot. Sedangkan bagi otak, koordinasi seluruh tubuh dan gerakan melompat yang terus menerus membuat otak harus bekerja lebih keras untuk mengatur ritme gerakan tubuh.


8 dari 9 halaman

Menjadi Latihan Otot

tali

2016 Merdeka.com

Lompat tali bisa menjadi latihan yang berguna bagi kaki, dan juga bagi otot Anda. Bagaimana caranya bisa melatih otot dengan melakukan gerakan melompat? Jika Anda ingin mendapatkan manfaat bonus dari latihan lompat tali tersebut, Anda harus menggunakan tali yang berat.

Dengan menggunakan tali yang berat, Anda tidak hanya berlatih untuk kaki-kaki, tetapi juga dapat mendapatkan latihan untuk otot tubuh. Namun, jika tubuh Anda masih belum bisa melakukan latihan ini, jangan memaksakannya.

9 dari 9 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

jantung

news.vanderbilt.edu

Manfaat skipping yang terakhir dapat meningkatkan kesehatan jantung. Jenis latihan kardio seperti berlari dan jogging dapat memberikan dampak positif bagi jantung Anda. Namun, latihan lompat tali menawarkan hal positif lainnya. Selain dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, latihan lompat tali juga memiliki risiko cedera yang rendah dan dapat dilakukan di rumah sendiri.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini