9 Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh, Tingkatkan Imunitas Hingga Cegah Kanker

Senin, 9 Maret 2020 11:02 Reporter : Fatimah Rahmawati
9 Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh, Tingkatkan Imunitas Hingga Cegah Kanker 10 fungsi vitamin c bagi tubuh. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat dan termasuk jenis vitamin yang larut dalam air serta tidak diproduksi oleh tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan dan sayuran segar atau jika perlu dari suplemen vitamin C.

Fungsi dari vitamin C yang paling banyak diketahui orang adalah dalam menjaga daya tahan tubuh. Padahal, fungsi vitamin C bagi tubuh tidak hanya dalam menjaga imunitas. Vitamin C memiliki peran dalam menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit, mulai dari diabetes, hipertensi hingga kanker.

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, Anda harus memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin setiap harinya. Untuk itu, simak beberapa fungsi vitamin C bagi tubuh agar Anda semakin rajin untuk mengonsumsinya:

1 dari 9 halaman

1. Meningkatkan Imunitas

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber: pixabay.com 2020 Merdeka.com

Beberapa kondisi tubuh yang melemah seperti batuk, pilek, dan mudah lelah ternyata bisa dicegah dengan banyak mengonsumsi vitamin C. Hal ini karena vitamin C berfungsi sebagai antioksidan sehingga vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan menangkal radikal bebas.

Selain itu, vitamin ini juga dapat memproduksi interferon, yaitu protein yang melindungi sel dari serangan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta membantu proses penyembuhan luka.

2 dari 9 halaman

2. Mencegah Kanker

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber:pixabay.com 2020 Merdeka.com

Fungsi Vitamin C di antaranya, dapat mengurangi kerusakan sel DNA, yang merupakan langkah awal invasi sel kanker ke dalam tubuh. Vitamin C juga dapat mengurangi perubahan inflamasi yang memungkinkan sel-sel ganas berkembang menjadi tumor berbahaya.

Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mengurangi kerusakan organ tubuh akibat efek samping pengobatan kanker dengan kemoterapi.

3 dari 9 halaman

3. Membentuk Kolagen

14 manfaat pisang bagi tubuh

2020 Merdeka.com

Vitamin C berperan dalam sintesa kolagen, yaitu protein yang banyak terdapat pada kulit, tulang, dan tulang rawan. Dengan demikian, vitamin C dapat membuat kulit lebih elastis, mencegah penuaan dini, dan membuat tulang lebih kuat.

Selain itu, vitamin C mampu menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit. Oleh karena itulah vitamin C banyak digunakan sebagai salah satu kandungan dari berbagai produk perawatan kulit bagi wanita.

4 dari 9 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

14 manfaat pisang bagi tubuh

2020 Merdeka.com

Kesehatan jantung ini ada kaitannya dengan fungsi vitamin C dalam memproduksi kolagen. Karena vitamin C berfungsi dalam menghasikan kolagen, maka vitamin ini dapat menjaga kesehatan jantung dengan memperkuat struktur pembuluh darah dan otot jantung.

Di samping itu, vitamin C juga dapat mencegah perubahan sel-sel yang melapisi pembuluh darah, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung.

5 dari 9 halaman

5. Mengendalikan Diabetes

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber:diabetes.co.uk 2020 Merdeka.com

Vitamin C turut membantu menurunkan kadar glukosa darah dan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kerusakan organ yang terjadi pada penderita diabetes.

Suplemen vitamin C bermanfaat sebagai obat untuk diabetes, karena mereka membantu dalam pengolahan insulin dan glukosa.

Menurut hasil penelitian, asupan 1000 mg dalam sehari dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Sehingga, dengan terpantaunya kadar glukosa di dalam darah, maka penyakit diabetes dapat dikendalikan.

6 dari 9 halaman

6. Mengatasi Peradangan Kulit

10 fungsi vitamin a bagi tubuh selain untuk mata

Sumber: pixabay.com2020 Merdeka.com

Selain fungsinya untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini, ternyata vitamin C memiliki fungsi yang lain yaitu untuk perawatan penyakit kulit. Peradangan pada kulit didasari oleh sejumlah kondisi, seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat, dengan gejala termasuk rasa sakit, kekeringan, dan gatal.

Oleh karena itu, perawatan untuk peradangan kulit ditargetkan pada kondisi yang mendasarinya dan pemeliharaan struktur epidermis kulit. Nah, nutrisi seperti vitamin C memainkan peranan yang sangat penting dalam kedua aspek tersebut.

Vitamin C sering digunakan dalam formulasi anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang jauh melampaui kapasitasnya sebagai antioksidan inflamasi dalam lingkungan patologis.

7 dari 9 halaman

7. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber:liputan6.com 2020 Merdeka.com

Fungsi vitamin C juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa sehat dan orang dewasa dengan tekanan darah tinggi.

Analisis dari 29 penelitian yang dilakukan pada manusia menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen vitamin C bisa mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 3,84 mmHg pada orang dewasa sehat. Sedangkan tekanan darah diastolik menurun sebesar 1,48 mmHg pada orang dewasa sehat.

8 dari 9 halaman

8. Mengurangi Risiko Demensia

10 gejala penyakit alzheimer yang patut diwaspadai

Sumber: pixabay.com2020 Merdeka.com

Fungsi vitamin C lainnya adalah mengurangi risiko demensia dan menjaga fungsi otak. Dementia sendiri adalah istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan gejala kesulitan berpikir dan mengingat.

Beberapa studi menemukan bahwa penderita demensia memiliki level vitamin C yang lebih rendah di darah. Sedangkan asupan vitamin C yang tinggi dari makanan atau suplemen bisa melindungi kemampuan berpikir dan mengingat seiring bertambahnya usia.

9 dari 9 halaman

9. Sebagai Antioksidan

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber: klikdokter.com 2020 Merdeka.com

Fungsi vitamin C juga sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, serta bahan kimia beracun dan polutan seperti asap rokok.

Radikal bebas dapat menumpuk yang bisa menimbulkan risiko penuaan dini, penyakit kanker, dan penyakit jantung.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini