Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Makanan Tinggi Protein untuk Buka Puasa, Bantu Kembalikan Energi

8 Makanan Tinggi Protein untuk Buka Puasa, Bantu Kembalikan Energi<br>

8 Makanan Tinggi Protein untuk Buka Puasa, Bantu Kembalikan Energi

Makanan tinggi protein untuk buka puasa tak hanya memuaskan rasa lapar, tapi juga memberi pengaruh positif terhadap kesehatan Anda.

Memasuki bulan suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia bersiap untuk berpuasa dari fajar hingga senja. Kunci untuk menjaga stamina dan kesehatan selama bulan ini adalah pemilihan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka.

Makanan tinggi protein menjadi pilihan yang ideal karena protein memainkan peran penting dalam memelihara otot dan menjaga rasa kenyang lebih lama.

Makanan tinggi protein tidak hanya memberikan energi yang diperlukan untuk beraktivitas sepanjang hari, tetapi juga membantu dalam proses pemulihan dan pembangunan sel-sel tubuh setelah seharian berpuasa. Dari telur dan daging, hingga kacang-kacangan dan produk susu, pilihan makanan berprotein tinggi sangat beragam dan dapat diolah menjadi hidangan yang lezat dan bergizi.

Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang berbagai jenis makanan tinggi protein yang cocok untuk menu berbuka puasa. Tak hanya itu, artikel ini juga akan memberi alasan kenapa kita harus mengonsumsi makanan tinggi protein saat berbuka puasa.

Makanan Tinggi Protein untuk Buka Puasa

Makanan tinggi protein sangat cocok untuk berbuka puasa karena dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa dan memelihara fungsi tubuh. Protein juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang dapat mencegah makan berlebihan setelah berbuka. Berikut adalah beberapa pilihan makanan tinggi protein yang baik untuk berbuka puasa:

<b>Alpukat</b>

Alpukat

Makanan tinggi protein untuk buka puasa yang pertama adalah alpukat. Alpukat adalah sumber lemak sehat yang juga mengandung protein. Buah ini kaya akan asam oleat, jenis lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung. Alpukat juga mengandung serat yang membantu pencernaan dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang sangat berguna saat berpuasa.

Kaldu Tulang

Makanan tinggi protein untuk buka puasa kedua yaitu kaldu tulang. Kaldu tulang dibuat dengan merebus tulang hewan, yang melepaskan mineral dan kolagen ke dalam air. Ini adalah sumber protein yang baik dan dapat membantu memperkuat tulang dan sendi. Kaldu tulang juga mengandung asam amino yang mendukung sistem imun dan memperbaiki jaringan tubuh.

<b>Telur </b>

Telur 

Makanan tinggi protein untuk buka puasa yang ketiga yakni telur. Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur juga kaya akan vitamin D, B6, B12, dan mineral seperti seng, besi, dan tembaga. Mereka mudah disiapkan dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

Ikan

Makanan tinggi protein untuk buka puasa keempat adalah ikan. Ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung. Ikan seperti salmon, tuna, dan makarel kaya akan vitamin D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor, besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

<b>Tahu dan Tempe </b>

Tahu dan Tempe 

Makanan tinggi protein untuk buka puasa kelima ada tahu dan tempe. Kedua produk kedelai ini adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Tahu dan tempe juga mengandung isoflavon, senyawa yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Tempe, yang difermentasi, juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus.

Kacang Merah

Kacang merah kaya akan protein, serat, dan berbagai nutrisi penting lainnya seperti potasium, magnesium, dan zat besi. Kacang merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Ayam

Daging ayam adalah sumber protein yang sangat baik dan rendah lemak, terutama jika Anda memilih bagian dada. Ayam juga mengandung vitamin B6 dan B12, serta mineral seperti seng dan tembaga.

Susu dan Olahan Susu

Makanan tinggi protein untuk buka puasa yang terakhir adalah susu dan olahannya. Susu dan produk olahan susu seperti yoghurt adalah sumber protein yang kaya kalsium, yang penting untuk tulang yang kuat. Yoghurt juga mengandung probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan.

Pentingnya Asupan Protein saat Berbuka

Protein adalah salah satu makronutrien penting yang diperlukan oleh tubuh untuk berbagai fungsi vital. Saat berbuka puasa, asupan protein menjadi sangat penting karena beberapa alasan berikut:

- Mengembalikan Energi
Protein merupakan sumber energi yang penting. Selama berpuasa, tubuh menggunakan cadangan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur. Karena tidak ada asupan makanan selama berpuasa, energi tubuh terkuras. Protein membantu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

- Mengontrol Asupan Makanan
Konsumsi protein dapat membantu mengontrol rasa lapar dan mencegah makan berlebihan saat berbuka. Protein meningkatkan hormon peptida YY yang memunculkan rasa kenyang dan menurunkan hormon ghrelin yang membuat Anda merasa lapar.

- Memulihkan Jaringan yang Rusak
Beraktivitas tanpa asupan makanan dapat meningkatkan risiko kerusakan jaringan tubuh. Protein penting untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan mendukung pertumbuhan serta pemeliharaan jaringan tubuh.

- Mendukung Metabolisme Tubuh
Protein terdiri dari asam amino yang membantu membentuk ribuan protein berbeda di dalam tubuh. Protein ini melakukan sebagian besar metabolisme di dalam sel dan mendukung keberlangsungan hidup.

- Mengurangi Kelebihan Lemak Tubuh
Asupan protein yang cukup dapat membantu mengurangi kelebihan lemak tubuh, meningkatkan komposisi tubuh, dan menekan nafsu makan agar tetap terkendali. Ini penting untuk mencegah makan berlebihan yang dapat menyebabkan perasaan begah setelah berbuka.

- Menyebabkan Reaksi Biokimia
Enzim, yang merupakan protein, membantu ribuan reaksi biokimia yang terjadi di dalam dan di luar sel. Reaksi ini penting untuk metabolisme tubuh.

11 Makanan Tinggi Protein Tanpa Lemak yang Paling Sehat Dikonsumsi
11 Makanan Tinggi Protein Tanpa Lemak yang Paling Sehat Dikonsumsi

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi memiliki peranan dalam menjaga kesehatan dan mendukung pembentukan otot.

Baca Selengkapnya
8 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa, Jangan Asal Makan
8 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa, Jangan Asal Makan

Makanan yang baik dikonsumsi saat buka puasa adalah makanan yang dapat memberikan energi cepat, mudah dicerna, dan kaya akan nutrisi penting.

Baca Selengkapnya
Demi Kesehatan saat Berpuasa, Pahami Pola Nutrisi Sehat saat Sahur dan Buka
Demi Kesehatan saat Berpuasa, Pahami Pola Nutrisi Sehat saat Sahur dan Buka

Konsumsi makanan yang tepat saat sahur dan buka menjadi kunci penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran selama bulan puasa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur, Wajib Diperhatikan
Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur, Wajib Diperhatikan

Memilih makanan dan minuman yang tepat untuk sahur sangat penting karena ini akan mempengaruhi energi dan kesejahteraan Anda selama berpuasa.

Baca Selengkapnya
Bikin Kuat Puasa Sampai Maghrib, Ini 9 Makanan yang Cocok untuk Sahur
Bikin Kuat Puasa Sampai Maghrib, Ini 9 Makanan yang Cocok untuk Sahur

Saat menjalankan ibadah puasa, penting untuk memilih makanan yang tepat saat sahur agar energi terjaga & rasa lapar tidak terlalu dirasakan hingga waktu berbuka

Baca Selengkapnya
Berpuasa Ramadan Sambil Turunkan Berat Badan, Ini Cara yang Bisa Dilakukan
Berpuasa Ramadan Sambil Turunkan Berat Badan, Ini Cara yang Bisa Dilakukan

Pada saat menjalankan puasa Ramadan, kita bisa melakukannya sambil menurunkan berat badan dengan berbagai cara berikut.

Baca Selengkapnya
Deretan Sayuran dengan Kandungan Protein Tertinggi yang Bisa Ditanam Sendiri
Deretan Sayuran dengan Kandungan Protein Tertinggi yang Bisa Ditanam Sendiri

Berikut ini adalah sayuran dengan kandungan protein tinggi yang bisa kalian tanam di sendiri.

Baca Selengkapnya
8 Makanan untuk Memperkuat Ingatan, Cocok bagi si Pelupa
8 Makanan untuk Memperkuat Ingatan, Cocok bagi si Pelupa

Dengan bertambahnya usia atau karena tekanan dan gaya hidup, banyak dari kita yang merasakan penurunan daya ingat. Namun, makanan yang tepat bisa mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Dari Dada, Paha, hingga Sayap Ternyata Ini yang Paling Tinggi Proteinnya
Dari Dada, Paha, hingga Sayap Ternyata Ini yang Paling Tinggi Proteinnya

Ayam, sebagai salah satu bahan makanan yang sangat umum digunakan, memang memiliki beragam bagian dengan kandungan protein dan lemak yang berbeda-beda.

Baca Selengkapnya