7 Manfaat Yoghurt bagi Tubuh, Hasil Fermentasi yang Kaya Nutrisi

Kamis, 26 Maret 2020 15:00 Reporter : Andre Kurniawan
7 Manfaat Yoghurt bagi Tubuh, Hasil Fermentasi yang Kaya Nutrisi cara membuat yoghurt. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Yoghurt adalah produk dari susu yang dibuat dengan fermentasi bakteri yang ada di dalam susu. Bakteri ini nantinya akan memfermentasi laktosa, gula alami yang terdapat di dalam susu.

Proses tersebut akan menghasilkan asam laktat, yang mana asam laktat ini akan menyebabkan protein yang terdapat di dalam susu mengental, sehingga memberikan yoghurt rasa dan tekstur yang unik.

Yoghurt yang sehat adalah yogurt yang dibuat tanpa adanya bahan-bahan tambahan. Bentuknya seperti cairan putih dan kental dengan rasa yang tajam. Yoghurt seperti inilah yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya, banyak merek yoghurt yang diiklankan mengandung bahan-bahan tambahan seperti gula atau perasa buatan. Sehingga, yoghurt ini menjadi kurang baik untuk kesehatan.

Namun, beberapa orang juga perlu berhati-hati jika ingin mengonsumsi yoghurt. Karena yoghurt juga dapat memberikan efek samping kepada mereka yang memiliki alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa.

Selain memiliki rasa yang unik, yoghurt alami ini juga dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan. Dilansir dari healthline.com, inilah beberapa manfaat yoghurt alami bagi kesehatan.

1 dari 7 halaman

Kaya Nutrisi

001 tantri setyorini

Shutterstock

Manfaat yoghurt yang pertama yaitu kandungan nutrisinya yang tinggi. Yoghurt mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Yoghurt dikenal mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang Anda. Satu gelas yoghurt dapat memenuhi 49 persen kebutuhan kalsium harian Anda.

Yoghurt juga mengandung banyak vitamin B, khususnya vitamin B12 dan vitamin B2. Kedua vitamin ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Satu gelas yoghurt juga menawarkan 38 persen kebutuhan fosfor, 12 persen magnesium, dan 18 persen potassium.

Kandungan-kandungan ini dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, antara lain untuk mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan pada tulang.

2 dari 7 halaman

Tinggi Protein

ilustrasi yogurt

Shutterstock

Manfaat yoghurt yang kedua adalah kaya akan protein. Yoghurt mengandung protein dalam jumlah yang besar. Protein sendiri terbukti dapat mendukung metabolisme dalam tubuh dengan meningkatkan jumlah kalori yang keluar.

Mengonsumsi yoghurt juga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Bila Anda mendapatkan protein yang cukup, Anda dapat mengatur pola makan dan menurunkan jumlah kalori yang Anda konsumsi.

3 dari 7 halaman

Merawat Pencernaan

003 hikmah wilda amalia

2015 Merdeka.com

Manfaat yoghurt yang ketiga yaitu yoghurt dapat merawat sistem pencernaan Anda. Beberapa tipe yoghurt mengandung bakteri hidup atau probiotik. Probiotik yang terkandung dalam yoghurt dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan Anda. Sayangnya, saat ini, proses pemanasan pada pembuatan yoghurt malah membunuh bakteri yang menguntungkan tersebut.

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus telah terbukti dapat mengurangi gejala-gejala gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan yang dapat memengaruhi kesehatan pada usus besar.

4 dari 7 halaman

Memperkuat Sistem Imun

10 penyakit autoimun yang sering menyerang tubuh

medicalnewstoday.com 2020 Merdeka.com

Manfaat yoghurt yang keempat adalah kandungannya yang dapat memperkuat sistem imun. Dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur, dapat membantu Anda untuk memperkuat sistem imun dan mengurangi kemungkinan untuk tertular penyakit.

Probiotik yang terkandung dalam yoghurt juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan, mulai dari infeksi virus sampai gangguan usus.

Selain itu, kandungan dalam yoghurt yang berupa magnesium, selenium, dan zinc, berperan untuk memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh.


5 dari 7 halaman

Melawan Osteoporosis

005 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock/Monika Wisniewska

Manfaat yoghurt lainnya yaitu dapat melawan osteoporosis. Seperti yang kita ketahui, yoghurt mengandung nutrisi-nutrisi penting bagi kesehatan tulang, seperti kalsium, protein, kalium, dan fosfor.

Semua kandungan ini dapat membantu Anda untuk mencegah osteoporosis. Osteoporosis sendiri adalah kondisi tulang yang lemah dan kepadatan tulangnya yang rendah. Dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur, dapat menjaga kesehatan dan kekuatan pada tulang Anda.


6 dari 7 halaman

Kesehatan Jantung

jantung

www.gyanherbal.in

Manfaat yoghurt yang selanjutnya adalah manfaatnya untuk kesehatan jantung. Kandungan lemak yang terdapat dalam yoghurt masih menjadi hal yang dipertanyakan. Meskipun lemak jenuh diyakini dapat menyebabkan penyakit jantung, masih belum ada bukti yang jelas terkait lemak yang terkandung di dalam yoghurt akan berbahaya bagi tubuh. Yoghurt malah dipercaya bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan lemak jenuh dari produk susu murni dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, yang mana hal tersebut dapat memberikan kesehatan terhadap jantung. Selain itu, yoghurt juga terbukti dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.


7 dari 7 halaman

Mengatur Berat Badan

magang

2018 Liputan6.com

Manfaat yoghurt yang terakhir adalah perannya yang dapat mengatur berat badan. Yoghurt memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu Anda untuk mengatur berat badan. Protein yang tinggi ditambah dengan kalsium, akan meningkatkan kadar hormon yang berguna untuk mengurangi nafsu makan Anda.

Beberapa penelitian menemukan bahwa adanya keterkaitan antara konsumsi yoghurt dengan penurunan berat badan. Salah satu ulasan juga menyatakan bahwa asupan lemak jenuh dari produk susu seperti yoghurt, dapat mengurangi risiko obesitas.


[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini