Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Manfaat Diet Plant Based bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Risiko Penyakit Kronis

7 Manfaat Diet Plant Based bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Risiko Penyakit Kronis Ilustrasi vegetarian. ©Shutterstock.com/Africa Studio

Merdeka.com - Pola makan nabati atau diet plant based adalah pola makan yang berfokus pada makanan yang berasal dari tumbuhan. Pola makan plant based ini terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak, whole grain, dan legume.

Diet plant based tidak membuat Anda menjadi vegetarian atau vegan atau tidak pernah makan daging atau susu. Sebaliknya, secara proporsional Anda perlu memilih lebih banyak makanan dari sumber nabati.

Meski begitu, beberapa orang berpikir dan menafsirkan diet plant based sebagai pola makan vegan, yang menghindari semua produk hewani. Dan bagi yang lain, pola makan ini berarti mereka mengonsumsi makanan nabati, tetapi terkadang juga mengonsumsi daging, ikan, atau produk susu.

Bagaimana pun penafsiran orang, mengonsumsi makanan yang lebih tinggi pada produk nabati dan lebih rendah produk hewani, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan atau pemeliharaan berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dilansir dari everydayhealth.com, berikut adalah manfaat diet plant based bagi kesehatan.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat diet plant based yang pertama adalah untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Untungnya, makanan yang Anda makan bisa membuat perbedaan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet plant based dapat mengurangi tekanan darah, sehingga mengurangi risiko seseorang untuk mengalami kondisi tersebut.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada April 2014 di JAMA Internal Medicine mengeksplorasi data dari 39 penelitian dan menyimpulkan bahwa orang yang mengikuti diet vegetarian memiliki tekanan darah rata-rata lebih rendah daripada mereka yang mengikuti diet omnivora, yang berarti termasuk tanaman dan daging.

Menjaga Kesehatan Jantung

ilustrasi jantung

cardiomyopathy.org

Manfaat diet plant based yang kedua yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Daging mengandung lemak jenuh, yang dapat menyebabkan masalah jantung jika dimakan secara berlebihan. Jadi, dengan mengurangi daging dan mengonsumsi makanan nabati, bisa menjadi upaya untuk lebih baik dan sehat.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Agustus 2019 di Journal of American Heart Association menemukan bahwa makan makanan nabati dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 16 persen dan kematian akibat kondisi kesehatan ini sekitar 31 persen. Tapi ini bukan hanya tentang membatasi daging — Anda harus memastikan makanan nabati yang Anda konsumsi sehat.

Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2.

Manfaat diet plant based yang ketiga yakni untuk membantu mencegah diabetes tipe 2. Sudah diketahui bahwa ada hubungan antara diet dan diabetes tipe 2. Berat badan merupakan faktor risiko utama karena lebih banyak jaringan lemak membuat sel lebih resisten terhadap insulin, menurut Mayo Clinic. Studi menunjukkan bahwa diet nabati memiliki manfaat. Sebuah studi yang diterbitkan pada Juni 2016 di PLoS Medicine menemukan bahwa makan makanan nabati yang diisi dengan makanan nabati berkualitas tinggi mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 34 persen.

Ini kemungkinan karena tanaman lebih rendah lemak jenuh daripada makanan hewani, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan risiko diabetes tipe 2, catat American Diabetes Association. Studi lain yang diterbitkan dalam Diabetes Care menemukan prevalensi diabetes tipe 2 adalah 7,6 persen di antara nonvegetarian dan hanya 2,9 persen untuk vegan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat diet plant based yang keempat adalah untuk menurunkan berat badan. Risiko obesitas berkurang saat Anda menukar pola makan daging dengan diet plant based. Singkatnya, orang yang makan makanan nabati cenderung berbobot lebih ringan, meskipun itu tidak selalu menjadi tujuan nomor satu.

Studi Diabetes Care menemukan perbedaan besar indeks massa tubuh (BMI) antara pemakan non-daging dan pemakan daging. Rata-rata BMI untuk vegan adalah 23,6, sedangkan untuk nonvegetarian adalah 28,8, yang menunjukkan kelebihan berat badan, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute.

Makan lebih banyak makanan nabati dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada Maret 2017 di Nutrition & Diabetes, 65 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan mengikuti diet nabati selama satu tahun kehilangan rata-rata 9,25 pon.

Salah satu alasan penurunan berat badan adalah bahwa biji-bijian dan sayuran relatif rendah pada indeks glikemik, yang membuatnya dicerna lebih lambat, dan buah mengandung antioksidan dan serat, yang membantu memperpanjang rasa kenyang, menurut data yang dikutip dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Januari 2016 dalam Journal of General Internal Medicine.

Mengurangi Risiko Kanker

ilustrasi vegetarian

Shutterstock/Pressmaster

Manfaat diet plant based yang kelima yaitu untuk mengurangi risiko kanker. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan nabati dapat membantu mencegah kanker. American Institute for Cancer Research mengatakan cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi pelindung kanker, seperti serat, vitamin, mineral, dan fitokimia, adalah dengan makan makanan yang kaya akan sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan beberapa makanan hewani. Dan hal yang sama berlaku untuk penderita kanker.

Meminimalkan Risiko Stroke

Risiko stroke meningkat jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, diabetes atau penyakit jantung, kolesterol tinggi, atau merokok dan menggunakan obat-obatan. Salah satu cara sederhana untuk mengurangi risiko stroke adalah dengan meningkatkan asupan buah dan sayuran. Konsumen buah dan sayuran tinggi memiliki risiko stroke 21 persen lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi paling sedikit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2014 di Stroke.

Menjaga Otak menjadi Kuat

Manfaat diet plant based yang terakhir adalah untuk membantu menjaga otak. Sebuah tinjauan dari sembilan penelitian, yang diterbitkan pada tahun 2017 di Frontiers in Aging Neuroscience, menemukan bahwa makan 100 gram ekstra buah dan sayuran per hari (sekitar satu setengah cangkir) menyebabkan pengurangan 13 persen risiko gangguan kognitif dan demensia.

Ini mungkin karena buah-buahan dan sayuran kaya akan polifenol. Polifenol dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan dapat membantu membalikkan penurunan kognitif, menurut ulasan yang diterbitkan pada tahun 2014 di Current Pharmaceutical Biotechnology. (mdk/ank)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Manfaat Menjaga Pola Makan Sehat, Berikut Cara Memulainya
5 Manfaat Menjaga Pola Makan Sehat, Berikut Cara Memulainya

Pola makan yang baik dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga berat badan, meningkatkan energi, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca Selengkapnya
8 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa, Jangan Asal Makan
8 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa, Jangan Asal Makan

Makanan yang baik dikonsumsi saat buka puasa adalah makanan yang dapat memberikan energi cepat, mudah dicerna, dan kaya akan nutrisi penting.

Baca Selengkapnya
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, terdapat sejumlah makanan yang terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Makanan yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker, Sudah Tahu?
9 Makanan yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker, Sudah Tahu?

Mengonsumsi beberapa makanan berikut dapat menjadi pilihan untuk menurunkan risiko kanker.

Baca Selengkapnya
Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Tidak Enak Badan, Bantu Redakan Kondisi Tubuh
Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Tidak Enak Badan, Bantu Redakan Kondisi Tubuh

Makanan tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi, tetapi juga dapat memberikan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh saat kondisinya sedang menurun.

Baca Selengkapnya
7 Tanda yang Perlu Diwaspadai saat Diet Berujung Bahaya
7 Tanda yang Perlu Diwaspadai saat Diet Berujung Bahaya

Diet yang dilakukan seseorang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan menimbulkan efek yang perlu diwaspadai.

Baca Selengkapnya
8 Makanan Pembakar Lemak Perut, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
8 Makanan Pembakar Lemak Perut, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Makanan pembakar lemak perut di bawah ini bisa bantu menurunkan berat badan jika Anda sedang dalam masa diet.

Baca Selengkapnya
Bahaya Makan Junk Food yang Bisa Memicu Penyakit Kronis
Bahaya Makan Junk Food yang Bisa Memicu Penyakit Kronis

Dengan menggantikan junk food dengan makanan yang lebih sehat, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca Selengkapnya
Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya
Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya

Pisang adalah buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak apa aja manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya