7 Cara Alami Menghilangkan Komedo yang Ampuh dan Aman

Sabtu, 15 Februari 2020 15:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Cara Alami Menghilangkan Komedo yang Ampuh dan Aman Ilustrasi cara menghilangkan komedo. ©Shutterstock

Merdeka.com - Komedo merupakan benjolan kecil berwarna putih atau hitam yang muncul di pori-pori kulit wajah. Munculnya komedo biasanya jadi cikal bakal timbulnya jerawat. Sebenarnya komedo tidak menyebabkan rasa sakit kecuali jika komedo mengalami infeksi. Kalau komedo tidak mengalami infeksi maka jerawat pun juga tidak akan muncul.

Meski kelihatan sepele,komedo bisa menjadi sumber turunnya kepercayaan diri seseorang. Adanya komedo di wajah membuat hasil akhir make up jadi tidak flawless. Alhasil kita jadi panik dan sembrono memilih skincare untuk mengobati komedo membandel pada wajah. Tidak jarang produk yang kita pilih justru memperparah kondisi komedo, bukan malah menyembuhkan.

Daripada pusing harus memikirkan mau pakai skincare apa lagi supaya komedo tak akan balik lagi, kenapa tak mencoba bahan-bahan alami yang ampuh dan aman untuk mengatasi segala keluhan kamu soal komedo. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo yang ampuh dan aman sudah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber:

1 dari 7 halaman

1. Air Perasan Jeruk Nipis

Shutterstock/Susan Fox

Kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, karenanya perasan air jeruk nipis juga sangat cocok kamu jadikan pilihan untuk mengobati komedo.

Caranya mudah sekali, cukup dengan peras buah jeruk nipis lalu oleskan air perasaan tersebut pada area wajah yang berkomedo, diamkan selam 10-15 menit, boleh sambil menggunakan kipas karena rasanya cenderung perih. Setelah itu baru cuci dengan air bersih.

2 dari 7 halaman

2. Tomat

2018 Merdeka.com/Pixabay

Tomat ternyata juga memiliki salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah komedo. Antioksidan yang terkandung di dalam tomat dapat mengangkat bakteri penyebab munculnya komedo. Selain bisa menghilangkan komedo tomat juga bisa membuat wajah terasa jauh lebih halus.

Kamu bisa jadikan tomat sebagai masker wajah, caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menghaluskan tomat dan oleskan pada seluruh wajah atau hanya area yang berkomedo saja, lalu diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3 dari 7 halaman

3. Garam

Shutterstock

Garam merupakan salah satu bumbu yang wajib selalu ada di dapur setiap rumah. Selain harganya yang murah ternyata garam juga memiliki manfaat untuk merawat kecantikan karena garam bisa kamu gunakan untuk mengobati komedo.

Larutkan garam secukupnya dalam air panas di dalam mangkuk besar, usahakan meletakannya pada posisi yang lebih tinggi dari tempat dudukmu. Posisikan wajahmu di atas baskom biarkan uap panasnya membuka pori-pori di wajahmu agar kamu lebih mudah mengeluarkan komedo.

4 dari 7 halaman

4. Putih Telur

2020 Merdeka.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau putih telur memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Selain dapat mengencangkan kulit wajah putih telur juga dipercaya mampu menyeselesaikan masalah komedo yang membandel.

Gunakan tisu yang sudah disesuaikan dengan bentuk wajahmu. Tisu ini akan digunakan sebagai aplikator untuk mengangkat komedo. Ambil putih telur letakkan di mangkuk sambil terus dikocok perlahan. Usapkan putih telur pada seluruh wajah sebagai masker, kemudian letakkan tisu yang sudah dipotong sembari mengolesnya lagi dengan telur. Diamkan selama 15 menit, usahakan jangan berbicara supaya maskernya tidak retak, kemudian bilas dengan air hangat.

5 dari 7 halaman

5. Madu Murni

2019 Merdeka.com/Pixabay

Ternyata madu murni bukan saja berkhasiat untuk kesehatan tubuh tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Madu sudah digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia sejak 2500 tahun yang lalu. Salah satunya di daratan Eropa dan Asia madu menjadi salah satu asupan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memelihara kecantikan.

Maka dari itu tak heran lagi kalau madu murni juga bermanfaat untuk mengatasi masalah komedo. Cukup oleskan madu secara merata pada kulit wajah, diamkan kira-kira selama 20 menit barulah bilas dengan air bersih.

6 dari 7 halaman

6. Stawberry

shutterstock.com/Nattika

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) pada strawberry bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Sedangkan asam salisilat dalam strawberry dipercaya berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

Caranya adalah sediakan dua buah strawberry atau lebih, usahakan pilih yang sudah matang. Tambahkan madu atau sari lemon, oleskan pada wajah sembari dipijat selama beberapa menit. Terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih.

7 dari 7 halaman

7. Mentimun

Boldsky

Kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi dalam mentimun tergolong cukup tinggi yang bisa dijadikan solusi atas masalah komedo. Cara ini juga tidak memiliki efek samping sama sekali jadi sangat aman untuk siapapun.

Ambil timun secukupnya, cuci hingga bersih. Kemudian potong bulat tipis-tipis atau bisa juga dengan ditumbuk. Aplikasikan ke seluruh wajah terutama bagian yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air hangat.

[nof]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini