6 Manfaat Jeruk Bali bagi Kesehatan, Efektif Sehatkan Organ Tubuh

Rabu, 6 Mei 2020 06:33 Reporter : Andre Kurniawan
6 Manfaat Jeruk Bali bagi Kesehatan, Efektif Sehatkan Organ Tubuh Ilustrasi jeruk bali. Shutterstock/Valentyn Volkov

Merdeka.com - Jeruk Bali adalah salah satu dari sekian banyak jenis jeruk yang ada di Indonesia. Jeruk ini cukup unik karena ukurannya yang lebih besar dari ukuran jeruk biasa pada umumnya. Kulitnya pun tebal dan daging buahnya yang berwarna merah muda atau oranye.

Selain rasanya yang manis asam, jeruk ini juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Dikutip dari alodokter.com, jeruk Bali memiliki banyak kandungan penting untuk tubuh. kandungan tersebut antara lain adalah vitamin C, serat, vitamin B, karbohidrat kompleks, gula, protein, kalium, fosfor, zat besi, kalsium, magnesium, dan antioksidan.

Dengan nutrisi tersebut, wajar bila jeruk Bali memiliki efek kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat jeruk bali bagi tubuh anda.

1 dari 6 halaman

Kesehatan Jantung

jantung

©2012 Merdeka.com/Shutterstock/S_L

Manfaat jeruk Bali yang pertama adalah mampu menyehatkan organ jantung. Jeruk Bali kaya akan kalium, yaitu nutrisi penting untuk mendukung kesehatan jantung.

Kandungan vitamin C pada jeruk ini juga menjaga elastisitas arteri pada jantung. Selain itu, jeruk Bali juga mengandung pektin, senyawa yang dapat membersihkan simpanan arteri yang terakumulasi dalam tubuh

Manfaat lainnya adalah air jeruk Bali dapat mengatur tekanan darah. Kalium yang ada di dalamnya dapat membantu melepaskan ketegangan pada pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah.

2 dari 6 halaman

Menyehatkan Pencernaan

002 hikmah wilda amalia

©2015 Merdeka.com

Manfaat jeruk Bali yang kedua yaitu dapat bermanfaat untuk pencernaan. Jeruk Bali mengandung vitamin C yang berguna untuk mempertahankan elastisitas arteri dan meningkatkan sistem pencernaan.

Selain itu jeruk Bali juga kaya akan serat makanan yang bermanfaat untuk menjaga pergerakan usus normal dan mencegah ambeien.

Serat pada jeruk Bali ini juga memerlukan waktu yang lama untuk dicerna. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, hal tersebut akan membantu anda karena dapat mengurangi rasa lapar anda. Dan juga, jeruk Bali memiliki manfaat untuk membakar lemak dan mengurangi kadar gula dalam tubuh.

3 dari 6 halaman

Kesehatan Tulang

tulang

©www.indusladies.com

Manfaat jeruk Bali yang ketiga adalah berguna untuk kesehatan tulang anda. Jeruk Bali mengandung kalsium sehingga dapat membantu memelihara kepadatan tulang. Ditambah kandungan kaliumnya yang tinggi, berguna dalam penyerapan mineral oleh sel dan jaringan dalam tubuh.

Selain itu, kalsium dalam jeruk Bali juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko kerapuhan tulang. Mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium juga bisa mendorong perkembangan tulang baru.

4 dari 6 halaman

Menyehatkan Kulit

ilustrasi kesehatan kulit

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Evgeny Atamanenko

Manfaat jeruk Bali yang keempat adalah untuk kesehatan kulit. Jeruk Bali memiliki kandungan spermidine, yaitu nutrisi yang berguna untuk melindungi sel dari proses yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan sel.

Jeruk Bali juga berguna membantu tubuh untuk memproduksi kolagen dan memerangi tanda-tanda penuaan.

Kemudian, jeruk bali juga mengandung beberapa asam amino esensial, yang dapat membantu membangun sel-sel kulit sehat. Sedangkan kandungan flavonoidnya yang tinggi memberikan sifat antioksidan.

Hal itu akan membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, menghilangkan jerawat, bekas luka dan bintik hitam dan mengurangi iritasi kulit.

5 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Otak

001 magang

©2018 Liputan6.com

Manfaat jeruk Bali yang kelima yaitu dapat menjaga kesehatan otak anda. Jeruk Bali mengandung flavonoid yang berguna untuk menangkal penyakit degeneratif pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Dalam sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi buah, termasuk jeruk bali, memiliki daya ingat yang lebih baik dan juga memiliki risiko kecil untuk terkena penyakit pikun.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat jeruk Bali yang terakhir adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam jeruk Bali berguna untuk meningkatkan kekebalan oleh sel-sel darah putih dalam sistem tubuh.

Vitamin C sendiri memang terkenal karena efeknya pada sistem kekebalan tubuh. selain itu, nutrisi ini juga dinilai mampu untuk membantu penyembuhan luka dan membantu dalam penyerapan zat besi tubuh.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini