5 Manfaat Telur untuk Kesehatan Rambut, Bantu Pertumbuhan hingga Cegah Kerusakan

Jumat, 31 Juli 2020 19:30 Reporter : Andre Kurniawan
5 Manfaat Telur untuk Kesehatan Rambut, Bantu Pertumbuhan hingga Cegah Kerusakan Ilustrasi rambut indah. ©Shutterstock

Merdeka.com - Setiap orang tentu ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Rambut yang sehat akan menunjang penampilan dan juga meningkatkan kepercayaan diri. Itulah kenapa, sebagian orang rela mengeluarkan uang demi melakukan perawatan rambut.

Perawatan rambut memang penting. Namun, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukannya. Ada beberapa cara alami yang bisa menjadi bahan perawatan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Salah satunya adalah dengan menggunakan telur.

Makanan favorit hampir semua orang ini ternyata juga menyimpan banyak manfaat yang disukai oleh rambut. Kandungan nutrisinya bisa menjaga kesehatan rambut dan bahkan membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

Berikut ini beberapa manfaat telur untuk kesehatan rambut yang bisa menjadi solusi perawatan rambut:

1 dari 5 halaman

Membantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat telur untuk kesehatan rambut yang pertama yaitu untuk membantu pertumbuhan rambut. Kulit kepala merupakan dasar bagi folikel rambut, jadi bagaimana cara memeliharanya akan memiliki dampak langsung pada kesehatan folikel rambut.

Memijat kulit kepala dan rambut dengan menggunakan kuning telur dan sedikit bagian putihnya, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, meningkatkan ketebalan, dan menjaga agar rambut tidak rontok. Gunakan telur sebagai bahan masker rambut, atau sebagai topikal buatan sendiri.

2 dari 5 halaman

Sebagai Sumber Protein

ilustrasi kuning telur

©2014 Merdeka.com/shutterstock/iva

Manfaat telur untuk kesehatan rambut yang kedua adalah sebagai protein yang mendukung rambut. Telur sangat baik untuk mengisi kembali kandungan protein pada rambut. Pertumbuhan rambut terjadi di bawah kulit kepala, tepatnya di folikel rambut. Ketika sel-sel rambut baru terbentuk, sel-sel mati yang lebih tua didorong ke atas, dan itulah sebabnya rambut tumbuh.

Rambut sebenarnya terbuat dari protein yang disebut keratin. Jadi protein sangat penting untuk menyatukan setiap helai rambut. Dengan menggunakan masker telur dua atau tiga kali seminggu, serta mengonsumsi makanan dengan telur, akan memastikan tubuh mendapatkan asupan protein yang memadai untuk menjaga kadar keratin tetap utuh dan menjaga kesehatan rambut.

3 dari 5 halaman

Menyeimbangkan Sebum

Manfaat telur untuk kesehatan rambut yang ketiga adalah untuk menyeimbangkan sebum. Kulit kepala yang berminyak, bersisik, dan ketombe adalah masalah umum yang mengganggu sebagian besar dari kita. Kondisi ini akibat pola makan dan gaya hidup sehingga berdampak pada keseimbangan sebum.

Ketika kulit kepala tidak dirawat dengan baik, kulit kepala kering dan munculnya jamur akan menyebabkan kulit kepala bersisik dan muncul ketombe.

Memijat kulit kepala dengan kuning telur dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan mendorong pertumbuhan rambut dari dalam, sekaligus menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit kepala secara bersamaan.

Jika kulit kepala terlalu berminyak, gunakan putih telur untuk mendetoksifikasi rambut dari semua bakteri dan infeksi sehingga dapat mempertahankan kebersihan dan nutrisi kulit kepala.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kilau Rambut

berkilau

©2018 Merdeka.com

Manfaat telur untuk kesehatan rambut yang keempat yaitu untuk menjaga kilau rambut. Masker telur merupakan salah satu solusi paling efektif untuk merawat rambut secara alami. Ini karena telur adalah sumber terbaik dari Vitamin B, yang penting untuk menjaga tekstur dan kekuatan rambut.

Kuning telur juga bisa berfungsi sebagai pelembab dan juga menjadi sumber nutrisi bagi rambut. Terlebih lagi, telur akan membantu mempertahankan kemilau alami rambut berkat manfaat pelembabnya.

Pecahkan dua telur, lalu kocok isinya di dalam mangkuk. Oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala dan biarkan selama sepuluh menit. Bilas bersih dan lanjutkan dengan keramas dengan sampo dan kondisioner biasa.

5 dari 5 halaman

Mencegah Kerusakan Rambut

ilustrasi rambut rusak

©Shutterstock

Manfaat telur untuk kesehatan rambut yang kelima yaitu dapat mencegah kerusakan rambut. Dikutip dari Healthline, kuning telur kaya akan vitamin yang dapat membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan.

Kuning telur bisa menjadi makanan super untuk rambut karena kombinasi unik vitamin yang ditemukan di dalamnya. Vitamin A dan E, biotin, dan folat hanyalah beberapa nutrisi yang dikaitkan para peneliti dengan pertumbuhan rambut dan rambut yang sehat.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini