5 Manfaat Lari Pagi untuk Kecantikan, Bantu Cegah Jerawat hingga Penuaan Dini

Senin, 14 Desember 2020 05:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Manfaat Lari Pagi untuk Kecantikan, Bantu Cegah Jerawat hingga Penuaan Dini Ilustrasi olahraga lari. ©VideoBlocks

Merdeka.com - Lari merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat. Selain mudah dilakukan, lari juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, ternyata lari juga bermanfaat untuk memelihara kecantikan. Sebenarnya lari dapat dilakukan kapan pun entah pagi hari, sore hari maupun malam hari.

Namun, udara di pagi hari yang masih segar dan ringan dari polusi di rasa lebih tepat menjadi waktu untuk lari. Tujuan utama lari untuk mempertahankan tempo gerakan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada tubuh. Lari pagi dapat memengaruhi kualitas tidur, mood, hingga mencegah risiko penyakit kronis. Tak hanya itu, lari pagi juga dipercaya dapat membuat kulit jauh lebih sehat dan glowing.

Lebih jauh, berikut 5 manfaat lari pagi untuk kecantikan yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Senin, (14/12/2020).

2 dari 6 halaman

Bantu Cegah Jerawat

Manfaat lari pagi yang pertama dapat bantu cegah jerawat. Kita semua tahu persis bahwa munculnya jerawat pada kulit tidak hanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk saja, tetapi juga stres. Stres ini yang akan membuat produksi hormon dan minyak tubuh menjadi tidak stabil.

Nah, dalam hal ini lari pagi dapat membantu menghilangkan kondisi stres. Jika stres sudah bisa diatasi, maka efek rileks pada otak dan tubuh akan didapatkan. Sehingga akan ada produksi hormon endorfin pada tubuh, yang akan membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia.

3 dari 6 halaman

Kulit Jadi Lebih Cerah

Manfaat lari pagi berikutnya dapat membuat kulit jadi lebih cerah. Hal ini tak lain dengan lari pagi akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membawa banyak dampak positif untuk kulit.

Hal ini disebabkan karena peredaran darah yang lancar, akan membuat suplai oksigen dan nutrisi kulit tercukupi dengan baik. Jadi, tidak heran jika kulit akan menjadi lembap dan tampak lebih cerah secara alami.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Stres

Manfaat lari pagi memang sangat bisa mengurangi tekanan atau stres. Saat dalam kondisi stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Bahayanya dari hormon kortisol ini justru akan menghambat produksi kolagen. Dan hal ini akan mengakibatkan penipisan lapisan kulit dan menimbulkan kerusakan kulit lain yang berbahaya.

Supaya produksi hormon kortisol bisa dihambat, maka biasakan diri untuk berolahraga seperti lari pagi secara rutin. Rutin berolahraga seperti lari pagi ini akan membantu menyembuhkan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

5 dari 6 halaman

Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal bisa didapatkan dari manfaat lari pagi. Hal ini disebabkan karena berolahraga seperti lari pagi dapat membantu membakar banyak kalori. Selain itu, kalori tidak akan langsung berhenti terbakar setelah berolahraga. Lari pagi ini harus tetap rutin dilakukan, agar kalori bisa terbakar lebih maksimal hingga menghasilkan berat badan yang ideal.

Bukan hanya lari pagi, tetapi bisa juga dengan diimbangi olahraga penguat otot lain agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, lari pagi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Hal ini disebabkan karena otot-otot yang bergerak saat lari pagi mampu menggerakkan otot-otot pada bagian perut dan memacu pergerakan usus. Sehingga masalah buang air besar seperti sembelit akan lebih mudah diatasi dan dicegah lebih dini.

6 dari 6 halaman

Cegah Penuaan Dini

Manfaat lari pagi selanjutnya bisa membantu mencegah penuaan. Penuaan ini ditandai dengan pengeriputan pada kulit. Pengeriputan juga bisa ditandai dengan bertambahnya usia dan dampak radikal bebas bagi yang selalu beraktivitas di luar rumah. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena penuaan ini bisa dicegah dengan olahraga seperti lari pagi secara rutin.

Kulit yang keriput ini pada umumnya disebabkan oleh produksi kolagen yang menurun. Bahaya dari produksi kolagen yang menurun ini harus dihindari, tentu saja agar elastisitas dan kekuatan kulit tetap terjaga.

Dengan berolahraga seperti lari pagi secara rutin ternyata bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga tidak heran jika proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah dengan lebih baik.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini