5 Fakta Kehidupan Naniel Yakin, Pencipta Lagu Bento yang Tak Banyak Dikenal

Sabtu, 22 Februari 2020 13:23 Reporter : Denny Marhendri
5 Fakta Kehidupan Naniel Yakin, Pencipta Lagu Bento yang Tak Banyak Dikenal Naniel Yakin. Foto: Facebook Mahamuni Paksi / Butet Kartaredjasa

Merdeka.com - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Pencipta lagu 'Bento',Naniel Yakin meninggal dunia pada Jumat (21/2) kemarin. 'Bento' yang kerap dinyanyikan Iwan Fals ternyata bukan lagu ciptaan Iwan Fals sendiri.

Pencipta lagu Bento kini telah tiada. Stroke adalah kemungkinan yang menyebabkan Naniel Yakin meninggal.Sebelum tutup usia, pencipta lagu Bento tersebut diketahui telah terbaring sakit.

Naniel Yakin tinggal di sebuah rumah kecil di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.Sosoknya tak begitu dikenal masyrakat umum. Hanya orang-orang pencinta musiklah yang mengetahui karyanya.

naniel yakin

Foto: Facebook Butet Kartaredjasa

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 fakta kehidupanNaniel Yakin yang tak banyak orang tahu.

1 dari 5 halaman

1. Menciptakan Lagu Bento

Naniel Yakinberhasil menciptakan lagu 'Bento' yang berada di album grup SWAMI. SWAMI sendiri adalah grup band yang beranggotakan Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, Inisisri, Jockie Suryoprayogo, Toto Tewel, dan Setiawan Djodi. Album yang bertajuk 'Bento' sendiri dirilis pada tahun 1989.

Pada saat itu masa Order Baru banyak mengalami kritik sosial dari masyarakat. Pada lagu 'Bento' ini juga menjadi salah satu kritik sosial yang ditujukan kepada orang-orang yang berkuasa pada masa Orde Baru.

2 dari 5 halaman

2. Lahir di Surabaya

Naniel Yakin lahir di Rumah Sakit Mardi Santosa Surabaya pada tanggal 18 Juli 1952. Naniel mempunyai istri seorang seniman, Nini Widowati.

Namun, pada Desember tahun lalu Nini pergi untuk selamanya mendahului Naniel. Naniel dan Nini memiliki tiga putra dan dua cucu.

3 dari 5 halaman

3. Mejadi Wartawan

Awal tahun delapan puluhan setelah pindah dari Surabaya, Naniel memutuskan untuk tinggal di Jakarta. Naniel bekerja menjadi wartawan untuk harian Sinar Harapan. Menjadi wartawan yang bertanggung jawab di desk hiburan sekitar lima tahun.

4 dari 5 halaman

4. Royalti Lagu Bento

Kerendahan hati sosok Naniel terbukti bahwa dirinya tidak ingin merepotkan banyak orang. Melihat dari bagaimana royalti lagu 'Bento', sampai sekarang lagu 'Bento' masih dinyanyikan oleh Iwan Fals. Karena memang Iwan dan Naniel adalah teman semasa berjuang keduanya enggan membicarakan bagaimana royalti lagu tersebut.

Naniel juga menyampaikan bahwa ada perasaan yang tidak mengenakkan jika berbicara soal uang kepada teman dekat.

5 dari 5 halaman

5. Karya yang Diciptakan

Album SWAMI 'Bento' dan 'Bongkar' seolah menjadi tombak yang dimiliki oleh SWAMI. Bisa menusuk ke semua kalangan masyarakat, gang-gang sempit hingga daerah perumahan.

Lagu lagu SWAMI pada saat itu identik dengan tokoh-tokoh buatan seperti 'Guru Oemar Bakrie', 'Joni Kesiangan' atau 'Tince Sukarti Binti Mahmud'.

Tidak hanya lagu 'Bento' yang meledak saat itu hingga sampai sekarang banyak orang yang menyanyikan. Ketika Naniel berada di SWAMI, bersama Iwan Fals dan Sawung Jabo mereka menciptakan lagu 'Badut', 'Esek-esek Uduk-uduk', 'Bunga Trotoar', 'Condet', 'Potret' yang ada di dalam album SWAMI I.

Namun, Naniel tidak berkontribusi untuk lagu 'Bongkar' yang sampai sekarang dikenal banyak orang.

[dem]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Musisi Indonesia
  3. Iwan Fals
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini