Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

11 Buah Penurun Asam Lambung, Aman dan Mudah Didapatkan

Asam lambung adalah kondisi yang ditandai dengan naiknya asam dari lambung ke kerongkongan, yang dapat menimbulkan rasa terbakar, nyeri, dan mual. Asam lambung dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pola makan, stres, obat-obatan, atau kehamilan. Jika tidak ditangani dengan baik, asam lambung dapat menyebabkan komplikasi, seperti tukak lambung, radang kerongkongan, atau kanker lambung.

11 Buah Penurun Asam Lambung, Aman dan Mudah Didapatkan

Salah satu cara untuk mengatasi asam lambung adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat basa, rendah asam, dan mudah dicerna.

Buah-buahan termasuk dalam kategori makanan yang dapat membantu menurunkan asam lambung, karena mengandung berbagai nutrisi, antioksidan, dan enzim yang baik untuk kesehatan lambung dan kerongkongan.

Namun, tidak semua buah-buahan dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena beberapa buah-buahan memiliki kandungan asam yang tinggi, seperti jeruk, nanas, atau tomat. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui buah-buahan apa saja yang aman dan efektif untuk menurunkan asam lambung.

Buah Penurun Asam Lambung

Untuk mengatasi asam lambung, Anda perlu menghindari makanan dan minuman yang bersifat asam, pedas, berlemak, atau mengandung kafein. Sebaliknya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang bersifat basa, rendah asam, dan mudah dicerna.

Berikut ini adalah beberapa buah-buahan yang dapat menurunkan asam lambung, beserta penjelasannya:

Pisang

Pisang adalah buah yang rendah asam, memiliki pH sekitar 5, dan kaya akan potasium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Serat dalam pisang dapat membantu menetralkan asam lambung dan melapisi lapisan kerongkongan yang teriritasi. Pektin dalam pisang juga dapat membantu makanan mengalir dengan baik di saluran pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Melon

Melon adalah buah yang berair, segar, dan memiliki pH sekitar 6,1. Melon mengandung magnesium, yaitu mineral yang dapat menurunkan kadar asam lambung. Magnesium juga merupakan komponen dari obat-obatan untuk asam lambung.

<b>Melon</b><br>

Apel

Apel adalah buah yang manis, renyah, dan memiliki pH sekitar 3,3. Meskipun tergolong asam, apel dapat menetralkan asam lambung karena mengandung magnesium, kalsium, dan kalium. Apel juga mengandung pektin yang dapat membantu pencernaan dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Kelapa

Kelapa adalah buah yang tropis, lezat, dan memiliki pH sekitar 6,1. Kelapa dapat menurunkan asam lambung karena mengandung lemak sehat, elektrolit, dan air kelapa. Lemak sehat dapat membantu melindungi lapisan lambung dan kerongkongan dari asam. Elektrolit dan air kelapa dapat membantu menghidrasi tubuh dan menjaga keseimbangan pH.

<b>Kurma</b>

Kurma

Kurma adalah buah yang kering, manis, dan memiliki pH sekitar 6,4. Kurma dapat menurunkan asam lambung karena mengandung serat, antioksidan, dan flavonoid.

Serat dapat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit, yang bisa memicu asam lambung. Antioksidan dan flavonoid dapat membantu melawan peradangan dan melindungi sel-sel lambung dan kerongkongan dari kerusakan.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang berwarna oranye, lembut, dan memiliki pH sekitar 5,2. Pepaya dapat menurunkan asam lambung karena mengandung enzim papain, yang dapat membantu mencerna protein dan mengurangi asam di lambung. Pepaya juga mengandung vitamin A, C, E, dan K, yang dapat membantu kesehatan lambung dan kerongkongan.

<b>Buah Beri</b>

Buah Beri

Beri adalah buah-buah yang kecil, berwarna-warni, dan memiliki pH sekitar 3,2-4,5. Beri dapat menurunkan asam lambung karena mengandung antioksidan, vitamin C, dan antosianin.

Antioksidan dan vitamin C dapat membantu melawan radikal bebas dan peradangan yang disebabkan oleh asam lambung. Antosianin adalah pigmen yang memberi warna pada beri dan dapat membantu melindungi lapisan lambung dan kerongkongan dari iritasi.

Persik

Persik adalah buah yang berbulu, berdaging, dan memiliki pH sekitar 3,6. Persik dapat menurunkan asam lambung karena mengandung serat, vitamin C, dan beta-karoten. Serat dapat membantu pencernaan dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Vitamin C dan beta-karoten dapat membantu kesehatan kulit dan mukosa lambung dan kerongkongan.

<b>Semangka</b><br>

Semangka

Semangka adalah buah yang berair, merah, dan memiliki pH sekitar 5,6. Semangka dapat menurunkan asam lambung karena mengandung air, serat, vitamin A, C, dan B6, dan likopen. Air dan serat dapat membantu menghidrasi tubuh dan mengatur gerakan usus.

Vitamin A, C, dan B6 dapat membantu kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi yang bisa memperburuk asam lambung. Likopen adalah antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dan kanker lambung dan kerongkongan.

Ara

Ara adalah buah yang lunak, berbiji, dan memiliki pH sekitar 4,6. Ara dapat menurunkan asam lambung karena mengandung serat, kalsium, kalium, dan antioksidan. Serat dapat membantu pencernaan dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Kalsium dan kalium dapat membantu menetralkan asam lambung dan menjaga keseimbangan pH. Antioksidan dapat membantu melawan peradangan dan kerusakan sel-sel lambung dan kerongkongan.

<b>Lemon</b>

Lemon

Lemon adalah buah yang asam, beraroma, dan memiliki pH sekitar 2,3. Meskipun tergolong sangat asam, lemon dapat menurunkan asam lambung karena bersifat basa saat dicerna di dalam tubuh. Lemon mengandung vitamin C, asam sitrat, dan bioflavonoid.

Vitamin C dapat membantu kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi yang bisa memperburuk asam lambung. Asam sitrat dan bioflavonoid dapat membantu menstimulasi produksi lendir di lambung, yang dapat melindungi lapisan lambung dan kerongkongan dari asam.

Itulah beberapa buah-buahan yang dapat menurunkan asam lambung. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut secara langsung, membuat jus, atau campuran buah. Namun, ingatlah untuk mengonsumsi buah-buahan dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan, karena terlalu banyak mengonsumsi buah-buahan juga bisa menyebabkan asam lambung naik.

merdeka.com

5 Buah-buahan Segar yang Aman untuk Cegah Naiknya Asam Lambung, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah
5 Buah-buahan Segar yang Aman untuk Cegah Naiknya Asam Lambung, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Gaya hidup yang sehat bagi individu yang menderita masalah asam lambung bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan. Mari lihat apa saja!

Baca Selengkapnya
8 Buah Bernutrisi yang Aman Dikonsumsi saat Diare, Murah dan Lezat
8 Buah Bernutrisi yang Aman Dikonsumsi saat Diare, Murah dan Lezat

Buah-buahan memiliki manfaat yang tepat untuk dikonsumsi pada saat sedang mengalami diare.

Baca Selengkapnya
Deretan Buah yang Bagus dan Perlu Dibatasi untuk Penderita Asam Lambung
Deretan Buah yang Bagus dan Perlu Dibatasi untuk Penderita Asam Lambung

Asam lambung, yang diperlukan oleh tubuh untuk mencerna makanan & melawan infeksi bakteri, terkadang dapat diproduksi secara berlebihan, menyebabkan gejala maag

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jus yang Cocok untuk Penderita Asam Lambung, Pilihan Aman dan Alami
Jus yang Cocok untuk Penderita Asam Lambung, Pilihan Aman dan Alami

Bagi penderita asam lambung, konsumsi jus tertentu dapat membantu meredakan gejala dan memberikan nutrisi tanpa memicu iritasi.

Baca Selengkapnya
Sayuran yang Aman untuk Asam Lambung, Buncis hingga Wortel
Sayuran yang Aman untuk Asam Lambung, Buncis hingga Wortel

Tidak semua jenis sayuran aman dikonsumsi penderita asam lambung.

Baca Selengkapnya
8 Buah untuk Penderita Darah Rendah, Lezat dan Penuh Nutrisi
8 Buah untuk Penderita Darah Rendah, Lezat dan Penuh Nutrisi

Selain untuk mengatur tekanan darah, buah-buahan ini juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
7 Penyebab Asam Lambung Naik Setelah Makan dan Cara Mengatasinya
7 Penyebab Asam Lambung Naik Setelah Makan dan Cara Mengatasinya

Lambung yang dibiarkan kosong dalam waktu yang lama akan terisi oleh cairan asam lambung, hal ini memicu peradangan dan iritasi pada lambung dan usus.

Baca Selengkapnya
Asam Lambung Naik Bikin Jadi Tak Nyaman, Redakan dengan 5 Minuman Ini
Asam Lambung Naik Bikin Jadi Tak Nyaman, Redakan dengan 5 Minuman Ini

Tak perlu gegabah dan tergesa-gesa menuju fasilitas kesehatan, beberapa minuman tertentu dapat dijadikan langkah awal dalam mengatasi naiknya asam lambung.

Baca Selengkapnya
6 Penyebab Asam Urat di Lutut, Begini Cara Mengatasinya
6 Penyebab Asam Urat di Lutut, Begini Cara Mengatasinya

Ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak mampu mengeluarkannya dengan cukup cepat, kadar asam urat dalam darah bisa meningkat.

Baca Selengkapnya