Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, Bahan Penting dalam Pembuatan Roti

Sabtu, 25 September 2021 13:04 Reporter : Tantri Setyorini
Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, Bahan Penting dalam Pembuatan Roti Ilustrasi baking soda. ©Pixabay

Merdeka.com - Baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang sering dijumpai dalam resep makanan, terutama dalam proses pembuatan kue. Baik itu kue yang dikukus, dipanggang, atau digoreng.

Baking soda maupun baking powder memiliki bentuk dan warna yang sama. Namun serupa bukan berarti sama, lho. Keduanya tersusun dari komponen yang berbeda. Fungsinya dalam makanan pun memiliki perbedaan. Berikut ini akan kita bahas selengkapnya.

Komponen Utama Baking Soda dan Baking Powder

ilustrasi baking soda
Ilustrasi baking soda ©Pixabay

Baking soda secara keseluruhan terbuat dari natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Natrium bikarbonat ini memiliki sifat basa yang bila dikombinasikan dengan sesuatu yang asam akan menghasilkan karbon dioksida. Karbondioksida ini muncul dalam bentuk gelembung yang dapat mengangkat naik sebuah adonan kue.

Sementara baking powder tidak secara keseluruhan terbuat dari natrium bikarbonat, melainkan telah melalui beberapa campuran zat lain. Zat ini biasa disebut dengan zat penstabil lembam yang merupakan istilah untuk bahan yang tidak aktif yang menjaga campuran agar tidak bereaksi. Zat ini biasanya berupa zat asam, pati atau tepung dan krim tartar. Campuran ini akan menghasilkan sifat lebih asam pada baking powder.

Baca Selanjutnya: Penggunaan dalam Makanan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Harga Baking Soda
  3. Tips Memasak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini