Gaya Hidup Seperti Ini Bakal Bikin Orang Lebih Bahagia

Senin, 29 April 2019 16:00 Reporter : Tantri Setyorini
Gaya Hidup Seperti Ini Bakal Bikin Orang Lebih Bahagia Ilustrasi bahagia. ©2019 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Manusia hidup di dunia pasti ingin bahagia. Tetapi semudah itukah untuk mencapai kebahagiaan? Nyatanya tak sedikit manusia modern yang berkutat dengan depresi. Gaya hidup yang tidak seimbang membuat kebahagiaan semakin sulit diraih.

Kalau ingin bahagia, mungkin kita harus mencoba gaya hidup yang berbeda. Peneliti di bidang psikologi telah menciptakan istilah untuk gaya hidup yang disebut self-role integration.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychology menemukan bahwa orang-orang dengan self-role integration yang tinggi cenderung menjalani kehidupan lebih bahagia dan lebih mudah berbagi dengan sesamanya.

Menyadari Peran Masing-Masing

2019 Merdeka.com/Pexels

Secara umum, self-role integration mungkin dapat diartikan sebagai kehidupan di mana seseorang menyadari pentingnya memandang diri sendiri secara konsisten. Orang seperti ini akan sangat menyadari perannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka menjalani kehidupan sesuai kata hati, mengerti bahwa setiap orang punya perannya masing-masing dan tak perlu ada yang dipaksakan untuk bisa mengisi setiap bagian dari masyarakat. Seperti misalnya, orang kreatif yang dipaksa bekerja dalam lingkungan yang serba membatasi, maka ia dalam keadaan tertekan dan bisa dikategorikan memiliki integrasi peran-diri yang rendah.

Imbang dalam Segala Aspek Kehidupan

Selain itu, orang yang mencoba hidup dengan keselarasan dan keseimbangan dalam segala aspek dalam hidup juga cenderung lebih bahagia. Semuanya dijalankan dengan takaran yang pas, tidak ada yang berlebih maupun kekurangan. Jadi hidup pun senantiasa berimbang.

Intinya, menyadari peran kita sebagai manusia dan apa saja yang menjadi keinginan terbesar di dalam hidup akan lebih memudahkan kita untuk mencapai kebahagiaan.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini