Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Cepat

Selasa, 10 September 2019 15:41 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Cepat ilustrasi rambut rontok. ©2019 Shutterstock

Merdeka.com - Bagi sebagian orang, rambut rontok adalah momok yang susah-susah gampang diatasi. Banyak produk yang merekomendasikan cara paling ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Namun nyatanya, tidak semua orang berhasil dengan satu produk yang sama. Pasalnya kulit kepala manusia dan penyebab dari kerontokan rambut berbeda. Untuk itulah penanganan pada rambut rontok juga berbeda.

Cara yang dapat dilakukan dengan tingkat keberhasilan tinggi adalah dengan mengetahui penyebabnya. Setelah itu kamu dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok.

Berikut ini adalah penyebab rambut rontok:

  • Stres. Segala macam trauma fisik dari mulai stres berat, kecelakaan, setelah melahirkan, penurunan berat badan secara drastis, dan penyakit serius, bisa menjadi penyebab rambut rontok dalam jumlah yang banyak meskipun sementara.
  • Keturunan. Rambut rontok akibat genetik merupakan penyebab rambut rontok yang paling umum. Gen bisa diturunkan dari salah satu pihak orang tua, tapi Anda memiliki risiko kerontokan rambut yang lebih besar jika kedua orang tua mengalami kerontokan rambut.
  • Kelebihan Vit A. Dilansir dari health.com merujuk pada American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan rambut. Untuk itu, Anda harus memperhatikan konsumsi Vit A agar tidak terlalu berlebihan.
  • Kekurangan Protein. Penyebab rambut rontok lainnya bisa jadi karena Anda menjalani diet rendah protein. Protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.
  • Anemia. Anemia akibat kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan yang amat sangat, lemah tubuh, dan kulit memucat. Anda juga mungkin akan mengalami sakit kepala berulang, sulit konsentrasi, telapak tangan dan kaki dingin, serta rambut rontok.
  • Gangguan Kelenjar Tiroid. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid tidak bekerja dengan optimal untuk memproduksi hormon yang terkait dengan metabolisme, serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Hypotiroidisme mungkin menyebabkan beberapa gejala, termasuk kenaikan berat badan tanpa sebab, kelelahan, sembelit, depresi, dan sulit berkonsentrasi. Rambut, kulit, dan kuku mudah rapuh dan patah. Gangguan tiroid lebih umum ditemukan pada wanita, khususnya di umur 50-an. Kedua jenis gangguan tiroid ini bisa menyebabkan Anda mengalami kerontokan rambut.
  • Kulit Kepala Tidak Sehat. Kulit kepala yang tidak sehat bisa menyebabkan peradangan, sehingga menyulitkan rambut untuk tumbuh dengan baik. Kondisi kulit yang bisa jadi penyebab rambut rontok termasuk dermatitis seboroik, psoriasis, dan infeksi jamur (ketombe).
  • Pemakaian Hair Dryer yang Terlalu Sering.Terlalu sering menata rambut menggunakan hairdryer dan catokan ternyata bisa merusak sifat alami rambut. Apalagi jika suhu yang digunakan terlalu panas. Pasalnya, alat ini menghilangkan kelembapan alami rambut dengan mengurangi kandungan airnya. Akhirnya, rambut rusak, kering, dan bercabang. Tak jarang penggunaan hairdryer atau catokan rambut yang terlalu sering dan panas juga dapat membuat rambut sulit untuk kembali tumbuh.

Itu adalah beberapa penyebab rambut rontok yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang. Setelah kita mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah penanganan cara mengatasi rambut rontok.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Setelah mengetahui penyebab umum dari kerontokan rambut, kini Anda bisa langsung tahu cara mengatasinya. Usahakan, dengan bahan sealami mungkin. Dengan begitu, tingkat keberhasilan tinggi serta tidak menimbulkan efek samping.

Menggunakan bahan sealami mungkin adalah cara mengatasi rambut rontok paling ampuh. Berikut ini adalah sejumlah cara yang bisa Anda terapkan.

Lidah Buaya


Cara Mengatasi Rambut Rontok secara alami bisa menggunakan lidah buaya. Pasalnya, lidahbuaya mengandung banyak nutrisi yang mampu membuat rambut jadi lebih sehat, kuat dan merangsang pertumbuhan pada kulit kepala. Kandungan lidah buaya ini akan dapat Anda rasakan dengan melakukan treatment sebagai berikut:

  • basahi rambut
  • tunggu sampai setengah kering
  • usapkan lendir yang terdapat bada daging lidah buaya di rambut hingga kulit kepala
  • biarkan 15 hingga 20 menit
  • lakukan 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal

Kemiri


Kandungan minyak kemiri sangat cocok untuk mengatasi kerontokan, menguatkan akar rambut, dan menyehatkan dengan nutrisinya. Kemiri banyak digunakan sebagai treatment karena sangat mudah didapatkan, serta murah. Ketimbang harus menggunakan produk shampoo yang cenderung mahal. Dengan kemiri, Anda bisa menghemat biaya namun memiliki tingkat keberhasilan tinggi jika dilakukan dengan tepat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri adalah:

  • sangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar
  • tumbuk sampai halus sampi mengeluarkan minyak
  • usapkan minyak kemiri pada rambut
  • bilas dengan cara keramas menggunakan shampoo untuk menghilangkan minyak kemiri
  • Lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal

Avokad


Avokad atau buah alpukat dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi rambut rontok. Pasalnya, kandungan protein yang terdapat pada buah ini sangat efektif untuk menguatkan rambut dan memberikan nutrisi yang tepat. Selain mampu menguatkan, avokad juga mampu merangsang pertumbuhan rambut Anda.

Cara merawat rambut rontok dengan avokad adalah sebagai berikut:

  • haluskan buah avokad
  • oleskan pada rambut serta kulit kepala
  • diamkan selama 20 menit
  • bilas dengan shampoo agar bersih
  • lakukan rutin dua dua kali dalam seminggu untuk hasil optimal

Jeruk Nipis


Selain avokad, ternyata jeruk nipis juga merupakan solusi ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda bisa merawat rambut yang rontok secara berlebihan.

Untuk melakukan treatment perawatan rambut rontok dengan jeruk nipis pun ternyata cukup mudah. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • iris jeruk nipis menjadi beberapa irisan
  • usapkan pada kulit kepala
  • diamkan selama 15 menit
  • bilas dengan cara keramas hingga bersih
  • cara ini ternyata juga ampuh melawan ketombe membandel.
2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Jika cara mengatasi rambut rontok di atas tidak membuahkan hasil, ada cara lain. Ini akan bekerja apabila rambut rontok Anda parah. Cara-cara ini diyakin dapat mengatasi masalah kerontokan yang parah. Bahan-bahan yang digunakan pun tergolong cukup mudah dicari. Namun tetap membutuhkan sedikit perjuangan.

Ingin tahu seperti apa? Berikut ini adalah cara mengatasi rambut rontok berlebihan:

Teh Hijau


Teh hijau dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang multifungsi. Bukan cuma untuk diolah menjadi minuman dan makanan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan teh hijau yaitu rebus tiga kantong teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut, ini bisa membantu mengendalikan rambut rontok. Lakukanlah dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Teh hijau juga akan melindungi kulit kepala dan rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, mencegah rambut pecah-pecah, dan membuat rambut Anda lebih bersinar.

Kentang


Kentang ternyata bisa menjadi penyelamat saat menghadapi rambut rontok. Makanan ini membantu dalam mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan rambut rontok. Caranya, kupas kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan. Agar cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan kentang membuahkan hasil, lakukan perawatan ini seminggu sekali dan lihat perubahannya.

Yoghurt


Salah satu penyebab rambut rontok adalah rambut yang kurang nutrisi dan kering. Jadi nggak ada salahnya untuk melakukan perawatan yang memberikan nutrisi lebih untuk rambut.

Yoghurt dari zaman dahulu sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut. Anda bisa melakukan cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan mencampur yoghurt, minyak kelapa, dan madu. Ketiga bahan ini bisa menutrisi rambut Anda dan menjaganya tetap sehat.

Jambu Biji


Selain enak buat dikonsumsi, jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan lho. Buah yang mengandung vitamin B3, B5 dan B6 ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Anda bisa membuat masker rambut dari buah jambu dengan cara yang mudah. Caranya hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit lalu pijat kulit kepala pelan-pelan lalu bilas bersih menggunakan sampo.

Minyak Esensial Kelapa


Minyak esensial kelapa juga diklaim dapat membantu Anda mengatasi kerontokan rambut. Caranya, adalah pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak esensial kelapa selama beberapa menit. Pijatan yang lembut disebutkan dapat membantu folikel rambut Anda tetap aktif. Ingat, jangan memijat terlalu keras karena hal ini bisa bikin rambut malah rusak.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Cepat

Untuk mengatasi kerontokan rambut memang membutuhkan proses. Ada kalanya, sejumlah orang justru tidak ingin berlama-lama dengan proses tersebut. Banyak di antara kita yang menginginkan proses cepat dalam mengatasi kerontokan rambut. Faktanya, hal itu tentu tidak mudah.

Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok dengan cepat. Namun tetap memerlukan proses pengolahan di dalamnya. Banyak orang menginginkan hal ini. Nah, jika Anda termasuk dalam orang yang menginginkan proses cepat, berikut kamu sajikan caranya.

Bawang dan Madu


Bawang ternyata punya kandungan sulfur tinggi yang efektif digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Caranya, campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama dua jam lalu dibilas. Lakukan perawatan ini secara rutin agar rambut Anda menjadi kuat dan nggak gampang rontok.

Jus Ketumbar


Jus ketumbar membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Buatlah pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jusnya. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama satu jam dan kemudian gunakan sampo ringan untuk mencucinya. Melakukan perawatan ini dua kali seminggu membantu menjaga kerontokan rambut tetap terkendali, dan juga membuat rambut Anda halus.

Jus Jahe


Cara mengatasi rambut rontok dengan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan jus jahe. Jangan salah, jus jahe berikut ini tentu saja tidak untuk diminum, melainkan untuk menutrisi rambut Anda secara penuh.

Anda hanya perlu kulit kepala dengan saripati alami jahe. Caranya, blender jahe hingga lembut tanpa menggunakan air. Setelah benar-benar lembut oleskan ke daerah rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit atau semalaman dan pagi harinya silakan dibilas menggunakan shampoo hingga bersih.

Santan Kelapa


Ada alasan mengapa banyak sampo dan kondisioner berbahan baku kelapa. Pasalnya kelapa dikenal mampu menjadi pelembap yang bagus. Salah satu alasan utama rambut rontok adalah kulit kepala yang rusak karena kekeringan. Anda bisa mengoleskan santan ke akar rambutmu dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Masker Telur


Meskipun metode ini mungkin terdengar tidak menarik, masker telur adalah salah satu solusi alami bagi rambut rontok. Telur mengandung protein yang membuat rambut Anda mengalami pertumbuhan. Komponen rambut terdiri dari 70 persen protein keratin, jadi tidak heran telur dapat membantu menyembuhkan kerusakan.

Caranya, campurkan satu telur dan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk. Setelah mencuci rambutmu dengan shampoo, oleskan masker telur ini di rambut basahmu tutup dengan topi mandi setidaknya selama sepuluh menit. Setelah benar-benar terserap, bilas dan bersihkan dengan kondisioner pelembap.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe sebenarnya bisa dilakukan sekaligus. Beberapa bahan yang diperlukan terkadang serupa. Nutrisinya pun bisa dibagi untuk saling mengobati antara ketombe dan kerontokan.

Biasanya, ketombe justru yang menjadi akar atau penyebab kerontokan. Jika Anda memiliki masalah dengan keduanya, maka Anda membutuhkan cara merawat rambut khusus yang bisa mengatasinya.

Berikut ini kami akan memberikan cara mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Masker Pepaya dan Madu


Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya juga menyehatkan kulit kepala, sehingga mampu menopang akar rambut dan menangkal bakteri penyebab ketombe. Kombinasikan pepaya dengan khasiat antiseptik madu. Tak sampai di situ, madu pun memiliki khasiat menyuburkan rambut.

Pijatan dengan Lemon Oil


Kunci dari rambut yang kuat dan bebas ketombe adalah kulit kepala yang sehat. Jika Anda menderita kerontokan dan ketombe parah karena kulit kepala yang mengelupas, coba gunakan minyak lemon untuk memijat kulit kepala secara teratur. Minyak yang diekstrak dari buah sitrus ini juga mampu menutrisi kulit kepala sembari mengontrol kelebihan minyak.

Bilas Rambut dengan Cuka Apel


Sifat asam cuka apel akan membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala. Kulit kepala pun lebih sehat, mampu menopang akar rambut dengan lebih baik. Selain itu pH yang seimbang mencegah jamur dan bakteri penyebab ketombe berkembang biak di kulit kepala.

Tidak Memakai Terlalu Banyak Shampoo


Jumlah ideal sampo yang digunakan untuk mencuci rambut adalah tiga sendok teh, baik untuk rambut pendek maupun panjang. Menggunakan sampo terlalu banyak akan membuat rambut rapuh. Selain itu kulit kepala jadi kehilangan kelembapan alaminya. Karena itulah dia akan memproduksi lebih banyak minyak. Minyak berlebih ini yang nantinya menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri penyebab ketombe. [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini