7 Sinetron Indonesia Terpanjang, Tayang Ribuan Episode dalam Beberapa Tahun Saja

Senin, 25 November 2019 00:05 Reporter : Tantri Setyorini
7 Sinetron Indonesia Terpanjang, Tayang Ribuan Episode dalam Beberapa Tahun Saja Sinetron Indonesia terpanjang. ©SCTV/RCTI

Merdeka.com - Ngobrol soal sinetron terpanjang, mungkin judul pertama yang mampir di kelapa sebagian besar pemirsa televisi adalah Tersanjung. Sinetron itu memang tayang selama tujuh tahun berturut-turut dengan tujuh season. Namun ternyata jumlah episodenya 'hanya' 370. Maklum, tren sinetron stripping saat itu memang tayang seminggu sekali, tak seperti sekarang yang bisa disaksikan setiap hari.

Putri yang Ditukar yang dulu rasanya tak bakal tamat ternyata baru 676 episode. Raden Kian Santang yang kisah petualangannya tak habis-habis itu? Baru 835 episode, kok.

Beda dengan judul-judul sinetron berikut, yang bisa tayang seribu sampai dua ribuan episode dalam waktu beberapa tahun saja.

Berdasar data per 21 November 2019, berikut ini judul-judul sinetron Indonesia terpanjang yang tayang hingga ribuan episode.

1 dari 7 halaman

7. Cinta Fitri - 1002 Episode

SCTV

Tayang dengan 1002 episode di dua stasiun televisi yang berbeda, Cinta Fitri akan menjadi sinetron terpanjang pertama yang dibahas di dalam daftar ini.

Cinta Fitri adalah sinetron bergenre drama romantis yang awalnya tayang di SCTV. Judul tersebut telah mengangkat nama Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu yang tergolong artis pendatang baru.

2 dari 7 halaman

6. Jodoh Wasiat Bapak - 1042 Episode

ANTV

Sinetron Jodoh Wasiat Bapak yang diproduksi Tobali Putra Production dan tayang di ANTV hingga saat ini sudah mencapai total 1042 episode. Sinetron bertema horor, religi, dan mistis ini awalnya tayang dengan judul Jodoh Pengantar Jenazah, lalu diubah menjadi Jodoh Wasiat Bapak untuk merambah jangkauan audiens yang lebih luas.

3 dari 7 halaman

5. Bajaj Bajuri - 1291 Episode

Trans TV

Bajaj Bajuri adalah sinetron berformat komedi situasi yang sempat tayang selama 5 tahun di Trans TV. Sinetron ini mengisahkan kehidupan sederhana keluarga Bajuri (Mat Solar) dan Oneng (Rieke Diah Pitaloka) yang kocak dan dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Sinetron ini tayang sampai 1291 episode dengan spin-off Bajaj Baru Bajuri dan Bajaj Bajuri Edisi Salon Oneng.

4 dari 7 halaman

4. Anak Langit - 1412 Episode

SCTV

Sinetron Anak Langit yang diproduksi SinemArt dan tayang di SCTV rampung di bulan Februari 2019 lalu dengan jumlah episode 1412. Sebenarnya sinetron ini merupakan sekuel dari Anak Jalanan yang tayang di RCTI. Stefan William menjadi bintang utama di kedua judul tersebut. Kemudian peran utama bergeser ke Ammar Zoni dan Ranty Maria.

5 dari 7 halaman

3. Dunia Terbalik - 1832 Episode

RCTI

Sinetron produksi MNC Pictures ini sudah mencapai 1832 episode meskipun baru tayang di tahun 2017. Dunia Terbalik menyoroti kehidupan sehari-hari empat bapak rumah tangga di Desa Ciraos yang ditinggal istri untuk mengadu nasib sebagai TKI, yaitu Akum, Aceng, Idoy, dan Dadang.

Cerita Dunia Terbalik yang mengandung kritik sosial tampaknya cukup melekat di hati pemirsa, sehingga sinetron ini masih terus diproduksi sampai sekarang.

6 dari 7 halaman

2. Tukang Ojek Pengkolan - 2122 Episode

RCTI

Tukang Ojek Pengkolan menjadi judul sinetron terpanjang kedua dengan jumlah episode mencapai 2122. Sama-sama diproduksi MNC Pictures, sinetron ini mengisahkan kehidupan sehari-hari sejumlah tukang ojek pengkolan dan persaingan mereka dengan ojek online yang mulai menjamur.

7 dari 7 halaman

1. Tukang Bubur Naik Haji The Series - 2185 Episode

RCTI

Inilah judul yang memegang rekor sebagai sinetron terpanjang sepanjang sejarah pertelevisian nasional saat ini. Sejak tayang perdana di tahun 2012, sinetron ini sudah menghasilkan 2185 episode hingga penayangan terakhir di tahun 2017.

Tukang Bubur Naik Haji The Series berawal dari FTV religi berjudul Maha Kasih. Episode berjudul Tukang Bubur Naik Haji yang dibintangi Mat Solar sebagai Haji Sulam itu rupanya sangat diminati pemirsa, sehingga diputuskan untuk dikembangkan menjadi sinetron tersendiri.

Mat Solar sendiri hanya membintangi 200 episode pertama, karena kondisi kesehatan mengharuskannya rehat dari aktivitas keartisan. Selanjutnya peran utama bergeser ke Latief Sitepu, Nany Wijaya, Citra Kirana, dan Andi Arsyil.

Itulah deretan sinetron terpanjang dalam sejarah pertelevisian Indonesia yang tayang sampai ribuan episode. [tsr]

Baca juga:
Sering Berperan Pembantu, 5 Artis Indonesia Ini Aslinya Cantik Banget
Sinetron 'PENAKLUK HATI' tayang hari ini, simak serunya romansa kasih dan abadi
Kabar bahagia, Furry Setya pemeran Mas Pur 'TUKANG OJEK PENGKOLAN' lamar kekasih

Topik berita Terkait:
  1. Top List
  2. Sinetron Stripping
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini