5 Tempat paling dingin di dunia

Minggu, 10 November 2013 06:24 Reporter : Destriyana
5 Tempat paling dingin di dunia Ulaanbaatar. ©2013 Merdeka.com/www.mongoliatravelguide.mn

Merdeka.com - Percaya atau tidak, manusia selalu bisa beradaptasi dengan cuaca seekstrem apa pun. Bahkan meski suhu di tempat tersebut bisa mencapai minus belasan derajat, masih saja ada manusia yang bisa hidup di daerah tersebut. Nah, berikut adalah lima tempat paling dingin di dunia. Yuk simak bersama!

2 dari 6 halaman

Verkhoyansk, Rusia

rev2Verkhoyansk. ©2013 Merdeka.com/arcticphoto.co.uk

Menurut sensus 2002, Verkhoyansk di Rusia memiliki sekitar 1.434 penduduk. Wilayah ini didirikan sebagai benteng pada tahun 1638 dan berfungsi sebagai pusat regional untuk peternakan, timah dan emas. Terletak 404 km dari Yakutsk, Verkhoyansk berada 1.500 km di sebelah selatan Kutub Utara.? Verkhoyansk digunakan untuk rumah pengasingan politik antara tahun 1860-an dan awal abad 20. Pada bulan Januari suhu rata-rata di Verkhoyansk mencapai minus 10,2 derajat C dan rata-rata suhu bulanan tetap di bawah titik beku dari Oktober hingga April.

3 dari 6 halaman

Stasiun Vostok, Antartika

antartika rev2Stasiun Vostok. ©2013 Merdeka.com/www.newzeal.com

Terletak dekat Geomagnetik Kutub Selatan dan pada ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut, stasiun penelitian Rusia di Vostok pernah mencatat suhu terdingin hingga -89,2 derajat C. Salah satu daya tarik dari Vostok adalah Danau Vostok. Ini adalah salah satu danau terbesar di dunia yang terkubur 4 km di bawah es.

4 dari 6 halaman

Eureka, Kanada

rev2Eureka. ©2013 Merdeka.com/telegraph.co.uk

Basis penelitian Eureka di Kanada sering disebut sebagai tempat terdingin di dunia yang dihuni manusia. Rata-rata suhu udara tahunan di tempat ini mencapai sekitar -20 derajat C. Di musim dingin turun menjadi sekitar -40 derajat C.

5 dari 6 halaman

Oymyakon, Rusia

rev2Oymyakon. ©2013 Merdeka.com/www.kuviajes.com

Di Republik Yakutia, sekitar 350 km di selatan Lingkaran Arktik, Desa Oymyakon memiliki suhu mencapai -71,2 derajat C pada tahun 1926, suhu udara terdingin yang pernah tercatat di belahan bumi utara. Untuk memperingati itu, sebuah papan peringatan pun didirikan di Oymyakon, Rusia.

6 dari 6 halaman

Ulan Bator, Mongolia

mongolia rev2Ulaanbaatar. ©2013 Merdeka.com/www.mongoliatravelguide.mn

Disebut juga Ulaanbaatar, kota terbesar di Mongolia ini dihuni lebih dari 1,3 juta penduduk, menurut survei tahun 2014. Kota yang berada pada ketinggian sekitar 1.310 meter ini terletak di sebuah lembah di Sungai Tuul.

Kota ini memiliki musim panas yang singkat, dan musim dingin yang panjang. Suhu terdingin terjadi sekitar bulan Januari. Sebelum matahari terbit, suhu Ulaanbaatar akan berada antara -36 sampai -40 Celcius. [des]

Baca juga:
Menengok sekolah hijau di jantung kota Paris
Lucunya tingkah bayi panda sambut salju pertama
Bonbin ini jadikan pengunjung 'umpan' binatang buas
Bar ini justru bikin pecandu ogah mabuk lagi
Mesin derek butut disulap jadi hotel mewah kelas dunia

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Lokasi Wisata
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini