10 Destinasi Mamuju yang Buat Libur Lebaran Makin Menyenangkan

Senin, 3 Juni 2019 15:13 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
10 Destinasi Mamuju yang Buat Libur Lebaran Makin Menyenangkan Pesona Mudik 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah perayaan hari lebaran dan bersilaturahmi ke sanak saudara, banyak pemudik memilih memanfaatkan hari liburnya berkunjung ke tempat wisata. Tak terkecuali pemudik yang pulang ke Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Deretan destinasi yang ciamik membuat #PesonaMudik2019 begitu menyenangkan di Mamuju.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mamuju adalah destinasi yang pas jika ingin merasakan nuansa liburan yang berbeda. Keindahan alam yang dapat Anda saksikan di sana tidak kalah indah jika dibandingkan dengan Destinasi lainnya di Indonesia.

"Mamuju itu keren. Apalagi dengan deretan pantai-pantainya yang eksotis. Banyak spot-spot yang luar biasa indahnya di sana. Sangat pas dinikmati bersama keluarga di libur Lebaran ini. Biar #PesonaMudik2019 makin berwarna," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Nah buat yang penasaran, berikut top 10 destinasi lebaran Mamuju yang dirangkum oleh Kementerian Pariwisata.

1. Pulo Karampuang

Pulau Karampuang adalah obyek wisata tengah laut yang terletak di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan dengan menggunakan perahu motor yang memerlukan biaya sekitar Rp 20.000,00. Obyek wisata ini memiliki beberapa tempat popular seperti Sumur Tiga Rasa atau sumur jodoh dan Goa Lidah. Bagi pecinta scuba diving maupun snorkeling, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu hingga matahari terbenam, mengingat keindahan alam bawah laut yang dimiliki.

2. Taman Wisata Gentungan

Inilah salah satu tempat wisata alam yang paling diminati di Mamuju dan sekitarnya. Lanskap berbukit dengan pemandangan hijau terhampar akan menjadi pemandangan yang mengantar Anda ke lokasi. Jajaran pohon jati yang tumbuh di sepanjang jalan akan menyambut Anda saat menuju Jati Gentungan yang berada di Desa Gentungan, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dan berjaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Mamuju dan dua kilometer dari Bandara Tampa Padang.

Jati Gentungan adalah taman wisata pemandian yang terletak di area pegunungan. Di sini Anda akan merasa sangat rileks dan terlepas dari beban kerja yang menghimpit selama seminggu. Obyek wisata ini adalah obyek wisata alam yang selalu ramai dan tidak sepi dari wisatawan terutama saat waktu libur tiba. Obyek wisata Bukit Jati Gentungan ini sangat tepat sekali untuk dinikmati pada saat berlibur bersama keluarga. Bukit Jati Gentungan mempunyai wilayah sekitar empat hektar yang dikelola oleh UPTD Wisata Gentungan dan mulai beroperasi di tahun 2008. Bukit Jati Gentungan merupakan wisata alam dengan pemandangan yang indah. Udaranya pun masih segar sehingga sangat cocok untuk liburan rekreatif, edukatif dan olahraga.

3. Air Terjun Tamasapi

Jika Anda sangat suka dengan air terjun, Anda bisa datang berkunjung ke air terjun Tamasapi. Air terjun yang satu ini terletak di Dusun Tamasapi, Desa Mamunyu, Mamuju. Air terjun setinggi 75m ini memiliki aliran yang sangat deras, sehingga jika Anda ingin menikmati keindahan air terjun dari jarak dekat, akan lebih baik jika Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin. Umumnya saat musim durian tiba, akan ada banyak warga sekitar yang menjajakan durian dengan harga sangat murah. Anda bisa menikmatinya, sambil bersantai di pinggiran air terjun.

4. Pantai Tanjung Ngalo

Pantai Tanjung Ngalo terletak di Desa Dungkait, Kec. Tappalang Barat, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai dengan pasir putih yang lembut ini jauh dari keramaian, membuatnya jarang tersentuh sehingga terkesan sangat natural.

Tidak seperti pantai lain pada umumnya, pantai yang masih menyatu dengan daratan utama Pulau Sulawesi ini tidak dilatar belakangi tebing-tebing karang maupun rimbunan pohon kelapa, melainkan disembunyikan oleh hutan dengan vegetasi tumbuhan tropis yang begitu asri dan damai.

Menikmati pantai ini serasa menikmati pantai pribadi yg eksotis. Nikmati sensasi berjemur dengan tenang di lembutnya pasir putih, berenang di jernihnya air laut, snorkeling dibeberapa spot di lepas pantai, berburu sunset yang fenomenal khas Selat Makassar, dan berkemah di tengah asrinya hutan tropis.

5. Anjungan Pantai Manakarra

Pantai Manakarra adalah obyek wisata yang sangat popular di daerah Mamuju. Pantai yang berlokasi di jalan Yos Sudarso ini tidak membebankan biaya masuk pada pengunjung dan umumnya pantai ini sangat ramai menjelang matahari terbenam. Hal tersebut karena di Sulawesi Barat, Pantai Manakarra tergolong obyek wisata pantai yang menyajikan sunset terbaik jika dibandingkan dengan wisata pantai lain di Sulawesi Barat. Jika Anda merasa lapar dan ingin membeli camilan, di sekitar pantai juga tersedia penjual makanan yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

2019 Merdeka.com

6. Pantai Beringin Cinta

Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi warga Mamuju saat ini adalah tempat wisata baru yang lokasinya terletak di Desa Bonda Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju. Destinasi baru ini bernama Pantai Beringin Cinta.

Selain sebagai sarana mengisi liburan, pantai ini juga cocok buat melepas penat akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan.

Pantai yang oleh masyarakat setempat disebut Pantai Benci itu bisa jadi salah satu pilihan menarik. Karena banyak pohon beringin yang bisa menjadi spot instagramable buat berfoto bareng keluarga, seperti landscape photograph yang sangat sayang jika dilewatkan.

7. Pantai Lombang-Lombang

Pantai Lombang-Lombang terletak di kawasan Sinyonyoi, Kalukku, Mamuju. Untuk bisa mencapai tempat ini diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan darat. Di pantai ini, Anda bisa melakukan beragam kegiatan seperti snorkeling atau berenang. Jika Anda hanya ingin beristirahat sambil memakan bekal, Anda bisa menyewa gazebo yang dibangun di sekitar pantai. Hamparan pasir hitam yang sangat halus dan deburan ombak yang tidak terlalu besar membuat Anda tentu ingin berlama-lama di tempat ini sambil menunggu matahari terbenam.

8. Pantai Belang-Belang

Pantai BelangBelang terletak di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini memiliki keindahan panorama alam yang sangat eksotis, pengunjung biasanya memanfaatkan pantai tersebut sebagai lokasi pengambilan gambar yang tepat. Pemandangan asri nan indah menjadi jaminan foto yang diabadikan sebagai kenangan yang dapat dibawa pulang setelah dari pantai tersebut.

Selain keindahan pantai dan pemandangan laut lepas, Pantai Belang Belang juga memiliki daya tarik tersendiri yaitu adanya 2 buah gusung di sekitar pantai yang membuat keindahan pantai Belang Belang semakin mempesona.

Jika air laut sedang surut, pengunjung dapat menghampiri gusung tersebut sebab jarak pinggiran pantai dengan kedua gusung cukup dekat dan pengunjung dapat menyaksikan sunset yang seakan tenggelam hanyut di ujung lautan.

9. Pantai Tapandullu

Pantai Tapandullu, Kabupaten Mamuju, Sulbar, dapat menjadi pilihan berlibur Anda saat libur lebaran. Pesona pantai dan pasir putih akan memanjakan keluarga Anda selama berada di objek wisata tersebut.

Wisata pantai itu terletak di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, sekitar 25 kilometer dari Ibu kota Sulbar dan dapat ditempuh sekitar 30 menit melalui perjalanan darat.

Wisata pantai yang dikelola oleh pemilik hotel berkah itu selalu ramai dikunjungi para wisatawan setiap akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di tempat itu, tersedia puluhan gazebo yang disediakan untuk para pengujung sebagai tempat berteduh.

Tak hanya itu, terdapat penginapan yang berhadapan dengan bibir pantai dengan tarif terjangkau, hanya Rp 200 per 24 jam. Tarif masuk wisata pantai itu terbilang sangat murah, hanya Rp 2.000.
Di lokasi tersebut, pengunjung dapat menikmati wahana speedboat dan babana boot.

10. Land Mark Mamuju City

Mamuju juga punya landmark layaknya Hollywood, yakni landmark yang bertuliskan 'MAMUJU CITY'. Landmark ini terpampang di puncak gunung Anjoro Pitu di sisi timur Mamuju. Landmark ini terlihat jelas dari kota Mamuju dan Anjungan Pantai Manakarra serta menjadi daya tarik tersendiri.

Sebaliknya, kita bisa menikmati keindahan Mamuju dari puncak Anjoro Pitu ini. Tak heran, jika puncak Anjoro Pitu (yang dalam bahasa Indonesia berarti Kelapa Tujuh) juga menjadi salah satu tempat hits yang layak dikunjungi saat ke Mamuju.

Dari tempat ini, kita bisa menikmati keindahan Kota Mamuju dari ketinggian, melihat Pulau Karampuang yang berada di seberang Mamuju, dan melihat lebih dekat landmark 'Mamuju City' yang mencatatkan rekor sebagai tulisan terpanjang dalam buku rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang ditetapkan pada 17 Agustus 2014 lalu. Di lokasi Anjoro Pitu, juga terdapat rumah jabatan Bupati Mamuju yang dikenal dengan nama Sapota. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini