Simpati dengan Palestina, Natalie Portman tolak hadiri acara Israel

Sabtu, 21 April 2018 12:39 Reporter : Ira Astiana
Simpati dengan Palestina, Natalie Portman tolak hadiri acara Israel Natalie Portman. ©2016 REUTERS/Alessandro Bianchi

Merdeka.com - Aktris Hollywood peraih piala Oscar, Natalie Portman, menolak hadir di acara yang digelar di Israel. Acara bertajuk 'Genesis Prize' ini rencananya akan menyerahkan hadiah uang sebesar USD 2 juta (Rp 27,7 miliar) kepada Portman.

Genesis Prize merupakan acara penghargaan yang diluncurkan sejak 2013 lalu. Penghargaan ini diberikan kepada individu luar biasa yang menjadi inspirasi bagi generasi Yahudi berikutnya.

Portman sendiri merupakan aktris yang memegang dua kewarganegaraan, yakni Amerika Serikat dan Israel. Namun meski keturunan Israel, Portman tidak simpati dengan tindakan dilakukan pasukan militer Israel terhadap rakyat Palestina.

"Peristiwa baru-baru ini terjadi di Israel menyebabkan kesedihan mendalam baginya dan dia tidak merasa nyaman berpartisipasi dalam setiap acara publik di Israel," kata juru bicara Portman kepada panitia penyelenggara acara, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (21/4).

"Hati nuraninya tidak tergerak untuk datang ke acara ini," tambah perwakilan tersebut.

Meski demikian, yayasan itu tidak menyebutkan dengan jelas peristiwa mana yang membuat Portman membatalkan kehadirannya.

Sejak diberitahu bahwa Portman tidak bisa berpartisipasi dalam acara ini, Genesis Prize pun membatalkan acara yang seharusnya dihelat pada akhir Juni mendatang.

Sebagaimana diketahui, Israel telah menjadi sorotan pihak internasional lantaran mengerahkan serangan selama tiga pekan terhadap warga sipil Palestina di Gaza. Para tentara menembakkan senjata terhadap warga sipil hingga menyebabkan 35 warga Palestina tewas. [rzk]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini