Roti basi dan hewan liar jadi makanan harian eks sandera Somalia

Senin, 31 Oktober 2016 17:25 Reporter : Ira Astiana
Roti basi dan hewan liar jadi makanan harian eks sandera Somalia ABK korban sandera Somalia dipulangkan. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Kondisi para sandera anak buah kapal Naham 3 yang dibajak oleh perompak Somalia dinyatakan baik. Mereka pun sudah kembali ke Tanah Air dan bertemu keluarga tercinta.

Tidak ada penyakit serius yang diderita para sandera. Namun mereka mengaku beberapa kali terkena diare lantaran tidak adanya pasokan makanan layak yang diberikan oleh para perompak.

"Kami hanya dikasih roti yang hampir basi. Siang tidak beri makan dan malam hanya makan nasi kacang merah dan itu juga jarang sekali," kata Sudirman, salah satu sandera asal Batam, di gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Senin (31/10).

Sudirman menyebutkan, mereka terkadang meminta teh dan gula pada para perompak untuk mengganjal perut lapar. Itu saja harus diminta dengan susah payah. Karena itulah penyakit yang paling sering diderita adalah gangguan pencernaan.

Beberapa teman Sudirman sesama sandera juga terkadang berburu binatang liar seperti tikus, kucing, ataupun burung untuk dimakan. Namun, hal itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Jika tidak terlihat oleh para perompak tidak masalah, namun lain halnya jika sampai ketahuan.

"Kalau ketahuan (berburu hewan liar) harus siap terima hukumannya. Diikat tangan dan kaki dalam posisi membungkuk, lalu digulingkan ke tanah berkali-kali. Itu sakit sekali," kata Sudirman sambil tersenyum pahit.

Sudirman bersama empat rekannya disandera perompak Somalia 26 Maret 2012. Sayang, seorang dari mereka meninggal dunia akibat penyakit malaria yang diderita selama dalam sekapan para perompak. [che]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini