Pejalan Kaki Main Ponsel Akan Didenda di Australia

Kamis, 4 Juli 2019 22:32 Reporter : Merdeka
Pejalan Kaki Main Ponsel Akan Didenda di Australia main ponsel sambil jalan. ©getty

Merdeka.com - Dewan Pejalan Kaki Australia (PDA) saat ini tengah merancang RUU tentang pengenaan denda kepada siapa saja yang bermain ponsel saat menyeberang jalan.

Bila proposal tersebut mendapat lampu hijau dari parlemen, maka pelanggar akan dikenai denda sebesar 200 dolar Australia atau sekitar Rp1,9 juta.

Harold Scruby dari PDA mengatakan kepada 9 News bahwa sanksi itu akan memberikan efek jera kepada mereka yang tak bisa lepas dari ponsel, ketika barang elektronik ini justru membuat mereka berada dalam risiko.

"Kami ingin memberikan denda sebesar 200 dolar Australia, dan itu akan bernama 'cross road while distracted'," kata Scruby seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (4/7/2019).

RUU tersebut pun mendapatkan banyak reaksi dari warga Australia, ada yang mendukung, namun ada pula yang menyebut bahwa langkah tersebut terlalu jauh.

Sementara itu, seorang pakar keselamatan jalan yang tak disebutkan namanya mengatakan, menatap ponsel saat berjalan adalah bentuk kebutaan yang lalai.

Namun, polisi Australia menyatakan bahwa pihaknya saat ini tidak mempertimbangkan hukuman lebih lanjut untuk pedestrian yang tertangkap bermain ponsel sembari berjalan kaki.

Reporter: Afra Augesti

Sumber: Liputan6.com [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini