Parade Militer China Jadi Pertanda Berakhirnya Dominasi Amerika

Jumat, 4 Oktober 2019 07:35 Reporter : Pandasurya Wijaya
Parade Militer China Jadi Pertanda Berakhirnya Dominasi Amerika Prajurit militer wanita China. ©2019 REUTERS/Thomas Peter

Merdeka.com - Selasa lalu seluruh dunia menyaksikan bagaimana perayaan hari Nasional China ke-70 digelar dengan megah di Bejing. Namun para pengamat militer lebih khusus menyoroti peralatan tempur Negeri Tirai Bambu yang dinilai mampu menandingi kekuatan militer Amerika Serikat untuk beberapa dekade mendatang.

Hari Nasional itu menandai tujuh dekade kekuasaan Partai Komunis China dan menjadi ajang pamer rudal-rudal anyar hipersonik, pesawat nirawak canggih, tank, pesawat pengebom, dan wahana bawah laut serta helikopter yang menyaingi Black Hawk milik AS. Tak hanya itu, sejumlah perlengkapan militer lainnya juga menunjukkan pesatnya anggaran militer China dalam rencana jangka panjang mereka mengakhiri dominasi Amerika di Asia dan belahan dunia lainnya.

Dikutip dari laman the Washington Times, Selasa (1/10), pengamat menyebut parade militer China itu menjadi peringatan bagi negara Barat dan indikasi majunya perkembangan militer China hingga mereka kini berada pada titik mampu bersaing berhadap-hadapan dengan kekuatan Amerika di Pasifik. Pejabat Pentagon mengatakan strategi mereka untuk menghadapi China bertumpu pada paradigma baru: kekuatan AS yang adikuasa sudah menjadi cerita masa lalu.

"Kita sudah tidak lagi berada di masa kekuatan Amerika yang mendominasi tapi kini pasukan kita harus berhadapan dengan pesaing yang hampir setara dan punya kemampuan canggih," kata Randall G Schriver, asisten menteri pertahanan untuk kawasan Indo-Pasifik kepada hadirin di Brookings Institution di Washington beberapa jam setelah parade militer China digelar.

Baca Selanjutnya: Angkatan Bersenjata Terbesar di Dunia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini