Palestina Minta Mahkamah Internasional Selidiki Pembunuhan Jurnalis Aljazeera

Selasa, 24 Mei 2022 19:10 Reporter : Pandasurya Wijaya
Palestina Minta Mahkamah Internasional Selidiki Pembunuhan Jurnalis Aljazeera Lautan warga Palestina iringi pemakaman jurnalis Al Jazeera. ©REUTERS/Ammar Awad

Merdeka.com - Kementerian Luar Negeri Palestina mengumumkan mereka secara resmi sudah meminta Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) untuk menyelidiki pembunuhan jurnalis Aljazeera Shireen Abu Aqla.

"Kami sudah mendokumentasikan kejahatan ini dan mengajukan dokumen kepada jaksa ICC tentgang pelanggaran Israel," ujar Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki kepada kantor berita Anadolu kemarin, seperti dilansir Aljazeera, Senin (23/5).

Al-Maliki menyerukan ICC memasukkan kematian Abu Aqla dalam daftar kejahatan Israel terhadap Palestina untuk menjadikan materi itu sebagai bahan penyelidikan dan meminta pertanggungjawaban Israel.

"Palestina mengatakan pembunuhan Abu Aqla adalah kejahatan perang. Mereka sudah mengajukan hal ini kepada ICC sebagai tambahan dari sejumlah kasus yang sudah diajukan dalam setahun terakhir," kata reporter Aljazeera Nida Ibrahim yang melaporkan dari Ramallah, Tepi Barat.

Aljazeera menyebut Abu Aqla dibunuh dengan darah dingin oleh pasukan Israel. Palestina dan Aljazeera menyerukan penyelidikan independen atas kejadian yang memicu kemarahan global.

Mustafa Barghouti, sekretaris jenderal Prakarsa Nasional Palestina menuding ICC standar ganda dalam menangani kasus yang diajukan Palestina.

"Kami sudah memberikan informasi selama 13 tahun terakhir tapi penyelidikan belum juga dimulai. Dan dalam waktu kurang dari dua bulan ICC sudah mengirimkan 42 penyelidik ke Ukraina," ujar Barghouti, mantan menteri penerangan Palestina.

Barghouti menuturkan diperlukan desakan kuat dari dunia internasional untuk menekan ICC agar memulai penyelidikan kejahatan Israel, termasuk pembunuhan Shireen Abu Aqla.

Baca juga:
Video Baru Buktikan Tak Ada Baku Tembak di TKP Pembunuhan Jurnalis Shireen Abu Aqla
Militer Israel Identifikasi Senjata Tentara yang Tewaskan Jurnalis Shireen Abu Aqla
Polisi Militer Israel Tak Akan Selidiki Pembunuhan Jurnalis Shireen Abu Aqla
Israel Tangkap Warga Palestina Pengusung Peti Jenazah Jurnalis Shireen Abu Aqla
Brutalnya Israel Serang Pelayat Jurnalis yang Dibunuhnya, Jenazah Hampir Jatuh
Komisaris HAM PBB: 33 Terluka Saat Israel Serang Prosesi Pemakaman Shireen Abu Aqla
Israel Selidiki Serangan Polisi Saat Pemakaman Jurnalis Shireen Abu Aqla
Israel Akui Kemungkinan Tentaranya yang Tembak Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Aqla
Dewan Keamanan PBB Kecam Pembunuhan Jurnalis Aljazeera Shireen Abu Aqla

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini