Iran Tunjuk Mohammad Keshavarz Zadeh Jadi Duta Besar untuk China

Minggu, 9 Desember 2018 18:19 Reporter : Jayanti
Iran Tunjuk Mohammad Keshavarz Zadeh Jadi Duta Besar untuk China Iran dan China. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Juru Bicara Departemen Luar Negeri Iran Bahram Qasssemi mengatakan atas usul menteri luar negeri dan persetujuan presiden Iran, Mohammad Keshavarz Zadeh akhirnya diangkat menjadi duta besar baru Republik Islam untuk China. Menurut Qassemi, Keshavarz Zadeh akan pergi ke Beijing dalam beberapa hari mendatang.

Dilansir dari Iran Front Page pada Minngu (9/12), Keshavarz Zadeh saat ini masih aktif menjadi asisten menteri luar negeri Iran dan juga Direktur Jenderal untuk Amerika di kementerian luar negeri.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai duta besar Iran untuk Venezuela dan Uzbekistan.
Pada Juni lalu, kementerian luar negeri memperkenalkan Abdolnasser Hemmati sebagai duta besar baru Iran untuk Beijing. Tetapi Presiden Iran malah memutuskan untuk memilih Hemmati sebagai gubernur baru Bank Sentral Iran (CBI) di tengah krisis ekonomi serius di negara itu.

Setelah Hemmati, kementerian luar negeri menunda pengiriman duta besar baru ke China hal itu berubah menjadi kontroversi di Iran, di mana beberapa anggota parlemen mengkritik kementerian karena gagal memperkenalkan utusan baru ke China. Mengingat peran signifikan yang dimainkan China dalam kebijakan luar negeri Iran sangat penting bagi Iran sendiri.

Mereka berpendapat bahwa kementerian luar negeri harus berpikir untuk memperkenalkan duta besar berikutnya sebelum masa jabatan utusan berakhir, terutama di negara-negara yang memiliki kepentingan ekonomi besar bagi Iran. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Iran
  2. Kedubes
  3. China
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini