CEK FAKTA: Waspada Penipuan Panggilan Kerja Calon Karyawan BNI

Selasa, 9 Agustus 2022 11:31 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Waspada Penipuan Panggilan Kerja Calon Karyawan BNI Ilustrasi lowongan pekerjaan. ©Shutterstock/Brian A Jackson

Merdeka.com - Beredar surat lowongan kerja yang mengatasnamakan Bank Negara Indonesia (BNI). Informasi lowongan kerja tersebut beredar dalam bentuk surat pemanggilan seleksi pegawai dengan pungutan biaya.

Dalam surat tersebut, peserta yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi tahap berikutnya diarahkan untuk melakukan reservasi tiket transportasi dan registrasi tes interview dengan mengisi data pribadi dan mengirimkannya ke nomor yang sudah dicantumkan melalui WhatsApp.

cek fakta waspada penipuan panggilan kerja calon karyawan bni
Istimewa

Corporate Secretary BNI, Mucharom menyatakan informasi adanya pemanggilan seleksi calon karyawan BNI yang beredar di media sosial adalah hoaks.

"BNI tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi pegawai. Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi karyawan BNI dan lolos ke tahap berikutnya akan dihubungi serta diundang secara resmi melalui email talentsearch@bni.co.id," ujar Mucharom dilansir dari Liputan6.com.

"Kami meminta masyarakat agar waspada dan tidak tertipu dengan sistem rekrutmen dengan modus serupa," ujarnya menambahkan.

Dalam akun Instagram resminya, @bni46, terdapat postingan terkait surat pemanggilan seleksi calin kartawan BNI tersebut.

"Mohon waspada dengan segala penipuan rekrutmen yang mengatasnamakan BNI. Seluruh proses rekrutmen di BNI tidak dipungut biaya kepada pihak pelamar.

Informasi rekrutmen BNI dapat diakses melalui ww.recruitment.bni.co.id. Selain itu bisa juga dilihat melalui Instagram @bni46, Facebook: BNI, Twitter: @BNI, dan BNI Call 1500046.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5034111/cek-fakta-hoaks-surat-pemanggilan-seleksi-pegawai-bni-minta-biaya-akomodasi

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini