CEK FAKTA: Waspada Penipuan Catut Nama BI Tawarkan Investasi Online

Rabu, 17 November 2021 19:34 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Waspada Penipuan Catut Nama BI Tawarkan Investasi Online Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Beredar sebuah tangkapan layar pada akun Telegram yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Akun tersebut menawarkan investasi secara online dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penelusuran

Bank Indonesia melalui website resminya, memastikan informasi adanya tawaran investasi online dari BI adalah hoaks. Faktanya, BI tidak pernah menawarkan hal investasi tersebut.

Masyarakat bisa menghubungi 131 untuk mendapat informasi resmi seputar Bank Indonesia. Seluruh informasi BI bisa didapatkan melalui website dan media sosial milik BI.

waspada penipuan catut nama bi tawarkan investasi online
bi.go.id

"#BIWaspadaHoaks kali ini, ingin mengingatkan kembali bahwa Bank Indonesia tidak pernah menawarkan kegiatan investasi online. Jika percaya, bukannya untung malah buntung.
Jadi, konfirmasi informasi sebelum meyakini yuk. Salah satunya, hubungi #Bicara131 untuk mendapat informasi resmi seputar Bank Indonesia."

Kesimpulan

Akun Telegram yang mengatasnamakan Bank Indonesia menawarkan investasi secara online adalah hoaks. BI tidak pernah menawarkan kegiatan investasi online tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.bi.go.id/id/informasi-publik/isu-hoaks/Pages/Bank-Indonesia-tidak-pernah-menawarkan-kegiatan-investasi-online.aspx

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Bank Indonesia
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini