CEK FAKTA: Tidak Benar Informasi Cara Menghilangkan Formalin dalam Makanan

Selasa, 10 November 2020 15:03 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Informasi Cara Menghilangkan Formalin dalam Makanan Ilustrasi Ikan. ©shutterstock.com/Alexander Raths

Merdeka.com - Informasi cara menghilangkan formalin dalam makanan kembali beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan cara menghilangkan formalin dari ikan asin, tahu, mie basah, dan ikan segar.

tidak benar informasi cara menghilangkan formalin dalam makanan
istimewa

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel detik.com berjudul "Beredar Broadcast Cara Hilangkan Formalin pada Makanan, Benarkah Efektif?" pada 4 Juni 2018, dijelaskan bahwa makanan berformalin sebaiknya tidak dikonsumsi.

Menurut Kepala Bidang Serlik BBPOM di Jakarta, Ibu Yayan Cahyani, SSi, Apt, ketika menemukan bahan makanan yang sudah tercampur dengan bahan makanan berbahaya misalnya formalin, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

"Kalau sudah tercemar bahan berbahaya, ikan asin formalin, tahu formalin, mie formalin, ikan segar formalin, seharusnya dibuang saja," jawabnya singkat.

Hal senada juga diutarakan oleh ahli pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS, bahwa cara seperti yang disebutkan di atas hanya bisa untuk mengurangi kadar formalinnya.

"Dapat mengurangi bukan menghilangkan," kata Prof Hardin.

Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat tetap harus memperhatikan keamanan pangan yang dikonsumsi. Meskipun kadar formalin yang ada di makanan hanya sedikit, dampaknya bisa menjadi buruk ketika kebiasaan ini berlangsung dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Informasi cara menghilangkan formalin dari beberapa makanan, seperti tahu, ikan asin, ikan basah dan mie basah adalah tidak benar. Bahan makanan yang berformalin sebaiknya tidak dikonsumsi. Kemudian, sejumlah cara yang disebutkan hanya untuk mengurangi kadar formalin, tidak menghilangkan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini