CEK FAKTA: Tidak Benar Anak-anak di Rusia Nyanyi Indonesia Raya untuk Sambut Jokowi

Jumat, 1 Juli 2022 09:05 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Anak-anak di Rusia Nyanyi Indonesia Raya untuk Sambut Jokowi Jokowi tiba di Moskow. ©2022 Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Video anak-anak sekolah asal Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diklaim sebagai penyambutan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia.

"dari WAG
catatannya : anak sekolah Rusia menyambut kedatangan pakde
@jokowi
.
aye terharu
dulu ada menteri yang gak hapal lagu Indonesia Raya
ada juga yang mentabukan lagu ini
padahal salah satu lagu kebangsaan yang paling enak irama & intensitas semangatnya adalah Indonesia Raya," narasi dalam unggahan tersebut.

tidak benar anak anak di rusia nyanyi indonesia raya untuk sambut jokowi
istimewa

Penelusuran

Setelah ditelusuri, klaim anak-anak sekolah di Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya saat Presiden Jokowi datang ke Rusia adalah keliru. Video tersebut diambil pada tahun 2018 lalu.

Video tersebut diunggah akun YouTube aditovich berjudul "Anak-anak sekolah di Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya".

Sementara itu, dilansir merdeka.com, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6). Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tak memiliki kepentingan apa pun selain menginginkan perang segera selesai.

"Saya sampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai," kata Jokowi seusai pertemuan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6).

Jokowi menekankan bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Untuk itulah, Jokowi bertemu dengan Presiden Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

"Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia," ucapnya.

Kendati situasi saat ini masih sangat sulit, Jokowi menekankan pentingnya penyelesaian konflik secara damai serta mengedepankan ruang-ruang dialog terbuka. Dia pun siap menjembatani komunikasi antara Presiden Putin dan Zelensky

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," jelas Jokowi.

Kesimpulan

Klaim anak-anak sekolah di Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya saat Presiden Jokowi datang ke Rusia adalah keliru. Video tersebut diambil pada tahun 2018 lalu. Sedangkan Jokowi datang ke Rusia pada 30 Juni 2022.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=BRb0KJk9UaU
https://www.merdeka.com/peristiwa/bertemu-putin-jokowi-tegaskan-indonesia-hanya-ingin-perang-segera-selesai.html

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini