CEK FAKTA-Kabar Tukang Bakmi di Muara Karang Tewas Dirampok Hoaks

Selasa, 7 April 2020 10:18 Reporter : Nur Habibie
CEK FAKTA-Kabar Tukang Bakmi di Muara Karang Tewas Dirampok Hoaks Hoaks pembunuhan di Muara Karang. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Kabar adanya perampokan terjadi di Muara Karang, Jakarta Utara tidak benar. Dalam informasi yang beredar terdapat korban meninggal dunia.

"Kita telah melakukan penyelidikan terhadap informasi perampokan di Muara Karang dengan korban meninggal dunia. Hasilnya informasi itu bohong atau hoaks," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Selasa (7/4).

Yusri mengungkapkan, informasi yang beredar di masyarakat itu berisi soal perampokan disertai dengan pembunuhan di Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Info yang beredar isinya di Muara Karang belakang Superindo ada kejadian pembunuhan yang dilakukan perampok tapi sekarang pelakunya sudah ditangkap," ungkapnya.

Dalam informasi tersebut, korbannya merupakan tukang bakmi di Muara Karang. Informasi hoaks tersebut juga disertai dengan foto dan video.

Oleh karena itu, polisi langsung menyelidiki keaslian foto dan video tersebut. Hasilnya, foto yang disertai dengan informasi tersebut merupakan foto atas kasus yang lain.

"Foto terlampir itu mayat perempuan atas nama Tan Aloey (63) ibu rumah tangga yang tinggal di Jl Muara Karang. Korban meninggal karena sakit pada 4 April 2020. Hasil Olah TKP dan Identifikasi tidak ditemukan tanda kekerasan apalagi pencurian," jelasnya.

Ia menegaskan, video yang beredar tersebut merupakan video lama dengan kasus yang berbeda. Video itu sendiri sebenarnya berisi rekaman penangkapan kasus pencurian yang sudah dilaporkan ke polisi pada 3 April 2020 lalu.

"Video yang beredar berisi rekaman penangkapan terhadap kasus pencurian. pada Jumat 3, April 2020 sekitar jam 16.30 Wib," tutupnya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hoaks
  3. Perampokan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini