CEK FAKTA: Hoaks WN Korsel Meninggal di Sumut Karena Virus Corona

Senin, 10 Februari 2020 17:43 Reporter : Yan Muhardiansyah
CEK FAKTA: Hoaks WN Korsel Meninggal di Sumut Karena Virus Corona Viral foto WN Korea di Sumut dievakuasi diduga terkena Corona. ©2020 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Lini massa dihiasi foto-foto evakuasi seorang pria warga negara Korea yang meninggal di Pangkalan Susu, Langkat, Sumut. Beredar kabar sumir yang menyebutkan bahwa pria tersebut korban virus Corona.

Penelusuran

Pria tersebut adalah Jung Seungwon (20). Dia seorang kru yang sakit keras di kapal kargo Sun Shine dan akhirnya meninggal dunia di Pangkalan Susu, Langkat, Sumut.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut menyatakan Warga Negara (WN) Korea Selatan itu diduga kuat meninggal dunia karena serangan jantung. Informasi ini sekaligus membantah kabar yang menyebut bahwa pria tersebut korban virus Corona.

"Sejak awal opininya memang seperti itu, bahwa yang bersangkutan ini memang terjangkit corona virus. Namun dalam perjalanan, faktanya kita tidak ada ciri-ciri corona virus," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, Senin (10/2).

Petugas kesehatan juga telah memeriksa data perjalanan Jung Seungwon. Dia dan kru lainnya telah melewati pemeriksaan di Batam sebelum Kapal Sun Shine berangkat menuju Qatar.

Berdasarkan fakta-fakta yang didapat, Jung Seungwon tidak terserang virus corona.

"Yang bersangkutan bukan meninggal karena penyakit karantina. Yang paling mungkin adalah sakit jantung. Kami percaya diri, bahwa ini bukan corona virus," jelas Alwi.

Sebelumnya Jung Seungwon dievakuasi dari kapal kargo Sun Shine yang berlayar di Selat Malaka, perairan Sumut Aceh, pada Minggu (9/2) sekitar pukul 22.00 Wib. Pria itu kritis dan dibawa ke Pangkalan Susu, Langkat. "Dia meninggal saat dievakuasi," sebut Alwi.

Sempat dievakuasi ke RS Pertamina Pangkalan Brandan, jenazah Jung Seungwon dibawa ke RSUD Pirngadi Medan. Jasad akan diautopsi untuk mengetahui penyebab pasti kematiannya.

Alwi mengatakan evakuasi Jung Seungwon ke daratan Sumut memang sesuai aturan internasional. "Jadi harus dirawat di negara tempat dia sakit. Itu aturan internasional," jelasnya.


Kesimpulan

Jung Seungwon (20), kru kapal kargo Sun Shine meninggal dunia bukan karena terjangkit Virus Corona. Dia meninggal karena dugaan penyakit jantung. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini