CEK FAKTA: Hoaks Kabar Amien Rais Serangan Jantung

Jumat, 28 Mei 2021 12:38 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Kabar Amien Rais Serangan Jantung Amien Rais Rilis Logo Partai Ummat. ©Istimewa

Merdeka.com - Beredar kabar pendiri Partai Ummat Amien Rais terkena serangan jantung. Informasi itu tersebar lewat video berdurasi 10 menit 6 detik dengan judul "terpapar Penyakit Mematikan !! Kondisi Amien Rais Sangat Memperihatinkan" dan tersebar di media sosial.

hoaks amien rais terkena serangan jantung

Video diunggah akun Youtube SUARA ISTANA. Pada video itu tertulis kalimat "Astaghfirullah Halladzim Kena Serangan Jantung Amin Rais Dilarikan ke Rumah Sakit".

Penelusuran

Dari hasil penelusuran merdeka.com, video tersebut adalah hoaks. Tidak ada informasi resmi terkait kabar Amien Rais yang mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit.

Kemudian dalam artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Amien Rais Terkena Serangan Jantung Dilarikan ke Rumah Sakit? Ini Faktanya" pada 27 Mei 2021, dijelaskan bahwa foto dari sampul video adalah seorang calon jemaah haji asal Tasikmalaya yang gagal berangkat karena terkena serangan jantung.

hoaks amien rais terkena serangan jantung

Foto itu dimuat di situs republika.co.id pada 8 Juli 2019 berjudul "Calhaj Tasikmalaya Gagal Berangkat Karena Serangan Jantung".

Kesimpulan

Video Pendiri Partai Ummat Amien Rais mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit adalah hoaks. Tidak ada informasi resmi terkait kabar tersebut. Kemudian, foto sampul dalam video yang beredar, bukan foto Amien Rais, melainkan jamaah haji yang gagal berangkat karena serangan jantung.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini