CEK FAKTA: Hoaks Istora Senayan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Selasa, 29 Desember 2020 11:18 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Istora Senayan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Gedung Tambahan RS Siloam Khusus Pasien Covid-19. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi Istora Senayan Jakarta jadi tempat isolasi pasien Covid-19 beredar di media sosial. Informasi itu juga menyertakan foto sejumlah orang yang tidur di atas alas kain.

hoaks istora senayan jadi tempat isolasi pasien covid 19
istimewa

"Beredar Video tentang peningkatan jumlah pasien Covid-19 di Jakarta, sehingga pasien Covid-19 juga ditampung dan diisolasi di Istora Senayan, Jakarta."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi Istora Senayan jadi tempat isolasi pasien Covid-19 adalah hoaks. Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Sekretariat Negara, @kemensetneg.ri, dijelaskan bahwa gambar tersebut bukan di Istora Senayan.

hoaks istora senayan jadi tempat isolasi pasien covid 19
Instagram/@kemensetneg.ri

"Hai #SobatSetneg seiring dengan beredarnya informasi berantai melalui aplikasi pesan dan media sosial yang menyatakan Istora Gelora Bung Karno (GBK) digunakan untuk menampung dan merawat pasien Covid-19, Manajemen GBK menyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar atau HOAX.

Selama pandemi Covid-19, venue Istora GBK tidak dimanfaatkan atau digunakan untuk kegiatan apapun. Namun demikian venue lain di GBK dapat digunakan masyarakat untuk beraktivitas seperti berolahraga."

Kemudian dari artikel kompas.com berjudul "[HOAKS] Istora Senayan Jadi Tempat Isolasi Covid-19" pada 28 Desember 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut diambil di Malaysia.

Dari penelusuran digital di Google Image dan YouTube didapati bahwa video yang sama diunggah channel YouTube Sri Makmur Youtuber pada 16 Desember 2020. Channel itu menyebut bahwa video merekam kejadian di Stadium Sukpa di Kuantan, Malaysia.

Video tersebut juga diklaim menayangkan stadion di Shah Alam, Malaysia, yang dijadikan lokasi bagi pasiden Covid-19.

Dilansir dari New Straits Times, Sabtu (26/12/2020), stadion dipakai karena Rumah Sakit Sungai Buloh tidak mampu lagi menampung pasien Covid-19 yang jumlahnya terus meningkat.

Pejabat Kepala Polisi Selangor membantah bahwa Stadion Shah Alam dipakai sebagai ruang untuk pasien Covid-19.

Kesimpulan

Informasi Istora Senayan jadi tempat isolasi pasien Covid-19 adalah hoaks. Selama pandemi Covid-19, venue Istora GBK tidak dimanfaatkan atau digunakan untuk kegiatan apapun.

Kemudian foto sejumlah orang yang tidur beralas kain, yang disebut-sebut berada di Istora Senayan adalah hoaks. Foto tersebut diambil di Stadium Sukpa, Kuantan, Malaysia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini